Panduan Lengkap Mata Uang Kripto

07 Mar 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 28 Apr 2022

Sejak 3 tahun belakangan, ada banyak masyarakat Indonesia yang memilih mata uang kripto sebagai instrumen investasi. Pun saat pandemi, investasi dan trading kripto juga dianggap sebagai investasi dengan keuntungan yang menggiurkan hingga banyak orang yang mencobanya.

mata uang kripto

Padahal, sama seperti instrumen investasi lainnya, kripto juga memiliki sejumlah risiko yang harus dihadapi jika pelakunya salah strategi. Namun, risiko tersebut bisa diminimalisir dengan mengenal kripto secara umum dalam panduan lengkap mata uang kripto berikut ini.

Apa itu Kripto

Kripto dikenal juga dengan mata uang kripto atau cryptocurrency. Berbeda dengan mata uang pada umumnya yang tersedia dalam bentuk fisik, mata uang kripto tersedia dalam bentuk digital untuk transaksi virtual. 

Karena berbentuk sebagai aset digital, pemilik kripto wajib mempunyai dompet kripto untuk menyimpannya. Nantinya, melalui dompet tersebut, pemilik bisa mengelola aset kripto yang mereka miliki.

Sekilas, mungkin beberapa orang meragukan validitas kripto tidak berwujud dalam mata uang sebagai bentuk fisik dan bisa digunakan sebagai alat tukar dalam transaksi pada umumnya. Namun kenyataannya, transaksi dan diversifikasi kripto memiliki pencatatan dalam sebuah buku besar yang disebut blockchain, sehingga validitas mata uang tersebut diakui oleh dunia. 

Sebagai mata uang yang terdesentralisasi, nilai mata uang kripto tidak terpengaruh oleh inflasi yang terjadi setiap tahun. Hal tersebut adalah salah satu faktor yang membuat masyarakat Indonesia memilih kripto sebagai instrumen investasi.

Belajar Crypto Untuk Pemula dan Risikonya

Crypto: Cara Kerja dan Cara Melakukan Mining

Perkembangan Harga Bitcoin dari Tahun ke Tahun (2009 – 2021)

Mata Uang Kripto Utama

Ada ribuan mata uang kripto yang tercatat dalam blockchain. Namun, tidak semua mata uang tersebut dikenal oleh pelaku investasi dan trading kripto.

Setidaknya, ada 6 mata uang kripto yang cukup populer diperbincangkan di dunia, antara lain:

1. Ethereum (ETH)

2. Bitcoin (BTC)

3. Polkadot (DOT)

Masing-masing koin tersebut memiliki keunggulan dan tersedia dalam jumlah yang terbatas sehingga pelaku investasi menaruh minat yang tinggi terhadap 6 mata uang tersebut.

Jadi, jangan kaget ya, kalau harga koinnya terdiri dari jumlah digit yang fantastis. 

Apa itu Bitcoin: Mining, Cara Kerja dan Tips Berinvestasi

Apa Itu Ethereum?

Cryptocurrency Polkadot: Lain dari yang Lain

Yang Perlu Anda Ketahui tentang Ethereum dan ETH

Aplikasi Crypto Terbaik

Jika investasi crypto diibaratkan sebagai perang, aplikasi crypto adalah salah satu senjata utamanya. Investasi dan trading kripto berlangsung dengan adanya kegiatan jual beli mata uang kripto yang dikonversikan ke mata uang negara tertentu, begitupun sebaliknya.

Sebagai mata uang yang terdesentralisasi, tentu pelaku investasi memerlukan aplikasi khusus yang bisa menyertakan update harga konversi mata uang terbaik. Salah satu media pendukung konversi nilai mata uang kripto adalah aplikasi crypto.

Inilah rekomendasi aplikasi crypto terbaik.

Apa itu Aplikasi Tokocrypto?

Apa Itu Crypto Wallet? Kenali 5 Jenis Beserta Contohnya

Apakah Aplikasi Pintu Terdaftar di OJK?

Apa Itu MetaMask: Dompet Kripto dan Browser Ethereum

Bursa Binance: Terbesar di Dunia tapi Ilegal di Indonesia?

Cara Menggunakan Trust Wallet, Dompet Multi Kripto

Cryptocurrency Bursa List dan Platform Terbaik

Mengenal Hummingbird Finance, Alternatif Kripto

Panduan Pemula: Cara Daftar Indodax dan Lainnya

Pernah Dengar Coinbase? Platform Untuk Jual Beli Mata Uang Kripto

3 Aplikasi Crypto Terbaik Di Indonesia

4 Rekomendasi Aplikasi Untuk Menambang Bitcoin di Android 2021

Tips Investasi dan Trading Kripto

Investasi dan trading bisa mendatangkan cuan yang fantastis, sehingga banyak orang berbondong-bondong mencobanya, bahkan tanpa memahami kripto dan menetapkan strategi tertentu. Nyatanya, butuh waktu bertahun-tahun bagi pendiri mata uang kripto untuk membuat masyarakat di seluruh dunia agar bisa menaruh kepercayaan pada mata uang kripto.

Jika dibutuhkan waktu yang lama untuk mengenalkan mata uang kripto, mustahil jika kesuksesan investasi dan trading kripto bisa dilakukan dalam semalam. Maka dari itu, untuk menentukan strategi sebelum terjun ke dunia kripto, simak tipsnya berikut ini.

1. Pastikan keamanan crypto wallet terjaga, dengan mengganti PIN secara berkala

2. Rencanakan pembelian koin kripto yang memiliki nilai kapitalisasi tinggi

3. Memahami fundamental kripto

4. Gunakan platform resmi untuk melakukan trading

Cara Bermain Crypto Hingga Menjadi Miliarder

Cara Main Crypto Aman, Legal dan Cuan Banyak di 2022

Investasi Cryptocurrency? Baca Dulu Biar Tidak Rugi!

7 Aset Kripto yang Prospektif Dibeli pada 2022

Koin Kripto Asal Indonesia

Minat investasi dan trading kripto cukup tinggi dari masyarakat di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Dengan besarnya komunitas kripto di Indonesia, muncullah berbagai koin kripto asal Indonesia.

Berikut ini adalah contoh koin kripto Indonesia.

Sayangnya, hingga saat ini ini pelaku trading dan investasi kripto masih banyak yang merasa ragu terhadap koin kripto Indonesia. Keraguan tersebut disebabkan salah satunya oleh koin kripto asal luar negeri yang use case dan kemitraannya terlihat lebih transparan. Namun, selama didukung oleh komunitas dan sistem yang kuat, kemungkinan besar koin kripto asal Indonesia memiliki kemungkinan tinggi untuk bertahan di masa depan. 

Intip, Ini 5 Koin Kripto Buatan Indonesia!

Alternatif Koin Kripto

Di balik berita yang menguak keuntungan trading dan investasi kripto, ada konsekuensi penambangan mata uang kripto yang membutuhkan konsumsi energi yang setara dengan penggunaan energi di seluruh Malaysia, yaitu sebesar 151.57TWh. Dengan begitu, bisa diartikan bahwa transaksi koin kripto bukanlah kegiatan yang ramah lingkungan.

Jika merasa bahwa transaksi koin kripto kurang sesuai dengan gaya hidup ramah lingkungan, Sobat Pintar bisa mencoba Altcoin yang merupakan alternatif dari koin kripto.

Semoga dengan mengenal apa itu crypto dan berbagai panduan lainnya dalam artikel ini, Sobat Pintar bisa menentukan strategi investasi dan trading kripto dengan cermat, ya!

Apa itu Altcoin? Haruskah Anda Investasi di Mata Uang Kripto Ini?

Mengenal Dogecoin, Mata Uang Crypto yang Menguntungkan

Mengenal Litecoin, Salah Satu Pesaing Bitcoin

Shib Coin, Berawal Dari Meme Menjadi Populer

Shiba Inu: Apa yang Harus Diketahui dari Kripto Meme Ini

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

28 Apr 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download