Investasi Cryptocurrency? Baca Dulu Biar Tidak Rugi!

12 Aug 2021 by Laruan

Investasi cryptocurrency saat ini sedang banyak diperbincangkan oleh orang-orang sebagai salah satu instrumen pencari uang yang menguntungkan.  Hal ini semakin diperkuat dengan fenomena pembelian Bitcoin oleh pemilik Tesla, Elon Musk.

Investasi Cryptocurrency

Melihat bagaimana salah satu orang terkaya dunia berani menginvestasikan uang dalam bentuk cryptocurrency, hal tersebut menjadi tanda tanya besar, apakah benar investasi ini menguntungkan?  Sebab, pembelian dalam jumlah besar tentu sangat beresiko sekali dan seharusnya sebanding dengan peluang pengembalian. 

High risk high gain, istilah ini sering digunakan dalam berinvestasi yang berarti jika ingin untung besar maka harus siap pula dengan resiko rugi besar.

Karena merupakan alat investasi yang masih baru dan menjadi kontroversi, sebaiknya Sobat Pintar pelajari lebih dulu mengenai cryptocurrency, sehingga Sobat Pintar tahu bagaimana keuntungan serta resiko yang mungkin akan terjadi bila memilih instrumen tersebut.

Apa Itu Investasi Cryptocurrency?

Investasi mata uang kripto merupakan salah satu instrumen investasi berbentuk mata uang digital mata uang  yang dijamin dengan kriptografi dan transaksinya dilakukan secara virtual. Cara kerja investasi ini menggunakan penyimpanan jaringan blockchain, yaitu sebuah teknologi penyimpanan database dalam blok yang kemudian dirantai bersama.

Dengan teknologi blockchain, setiap orang yang melakukan transaksi cryptocurrency memiliki salinan catatan transaksi tersendiri. Setiap transaksi baru yang terjadi akan diperbarui secara bersamaan sehingga semua catatan tetap identik dan akurat. 

Untuk mencegah penipuan, setiap transaksi diperiksa menggunakan salah satu dari dua teknik validasi utama: bukti kerja (proof of work) atau bukti kepemilikan (proof of stake).

Itu artinya setiap investor dapat mengelola data keuangan serta melakukan transaksi digital tersebut secara pribadi.  Disini segala prosesnya tidak melibatkan pihak ketiga seperti bank. Salah satu bentuk mata uang digital yang digunakan untuk instrumen investasi pertama kali merupakan Bitcoin. 

Kini disusul dengan kemunculan Ethereum, Dogecoin, Ripple, Cardano, dan masih banyak lagi. Semuanya dikenal dengan nilai valuasi yang berubah cepat, jadi setiap investor harus bisa mengelola kepemilikannya dengan bijak. Melihat hal tersebut, ini membuat proses transaksi jual beli cryptocurrency menjadi cukup tinggi sehingga mampu mempengaruhi nilainya.

Sebagai investor, Sobat Pintar harus bisa menentukan waktu paling tepat untuk membeli atau menjualnya. Sobat Pintar bisa melakukannya secara mandiri menggunakan bantuan platform digital.

Tips Melakukan Investasi Cryptocurrency

Bagi yang masih awam dengan karakteristik cryptocurrency, sebaiknya pelajari dulu dengan benar serba-serbinya. n Pemahaman ini akan mempengaruhi tingkat kesuksesan setiap investor.  Berikut merupakan beberapa tips yang bisa Sobat Pintar terapkan ketika ingin memulai investasi mata uang kripto, antara lain:

Investasi Cryptocurrency

1. Pilihlah media exchange yang legal

Demi menjamin keamanan investasi, pilih media exchange yang resmi dan terdaftar di Bappebti.  Sampai sejauh ini, terdapat 13 perusahaan yang telah terdaftar di Bappebti menjadi pedagang aset kripto.  Jadi pilih salah satunya supaya Sobat Pintar merasa lebih aman dan nyaman ketika melakukan investasi jangka panjang menggunakan mata uang digital seperti ini.

Baca artikel lain: 3 Cara Dapat Uang 500rb Sehari: Direkomendasikan Oleh Kredit Pintar

2. Evaluasi variabel terhadap aset cryptocurrency

Sebelum menentukan mata uang kripto apa yang ingin Sobat Pintar beli, sebaiknya kenali dulu jenis mata uang kripto dan cara kerjanya.  Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi nilai mata uang kripto.  Salah satu cara paling mudah melakukan evaluasi aset cryptocurrency merupakan mengunjungi web resminya. 

Setelah itu baca lite paper atau whitepaper supaya mengetahui informasi selengkapnya. Bila perlu, cari tahu juga pendiri dan komunitasnya di media sosial supaya lebih yakin dengan perusahaan tersebut. Dengan memiliki pemahaman lebih dalam tentang mata uang kripto tersebut, Sobat Pintar bisa tahu seberapa besar potensi nilai aset di masa akan datang. 

3. Perhatikan grafik candlestick saat melakukan analisis teknikal

Mirip seperti saham, Sobat Pintar juga bisa melakukan analisis teknikal untuk mengetahui aksi harga aset. Karena mata uang kripto tidak punya otoritas dari lembaga lain, maka harganya tergantung dari penggunanya. Itulah kenapa analisis teknis dibutuhkan supaya mendapat keuntungan saat melakukan trading cryptocurrency.

4. Cari tahu besaran biaya layanannya

Saat melakukan transaksi investasi mata uang kripto, terdapat skema biaya pembelian dan penarikan layanan pada trader. Jadi selain memperhatikan besaran biayanya, perhatikan juga spread. Spread merupakan perbedaan harga order beli paling tinggi dengan harga jual paling rendah.

Biasanya penjual memberi harga tinggi untuk mendapatkan keuntungan, sedangkan pembeli meminta harga paling rendah sehingga terjadi spread. Selisih spread ini menentukan volatilitas harga dan likuiditas di pasar.

Apa Saja Kelebihan Investasi Cryptocurrency?

Investasi mata uang kripto patut dipilih sebagai salah satu jenis investasi jangka panjang yang menguntungkan. Ini terbukti dari jumlah transaksi jual beli orang yang menggunakannya di Indonesia. Berikut adalah beberapa kelebihan dari investasi mata uang kripto:

1. Peluang kenaikan nilai jangka panjang

Pada awal kemunculannya tahun 2008 1 bitcoin hanya dihargai sebesar 13 Dollar AS. Harga tertinggi Bitcoin mencapai lebih dari 63,000 Dollar AS. Jika dihitung dalam rupiah sudah lebih dari Rp 900 juta! Kenaikannya diprediksi akan terus meningkat.

2. Bebas dan cepat

Kelebihan lain dari cryptocurrency adalah instrumen ini tidak terikat dengan regulasi perbankan, tidak ada beban biaya dan sebagainya. Sobat Pintar bebas mengelola sendiri investasi yang dimiliki. 

Selain itu, setiap transaksi bisa langsung dilakukan dengan proses lebih singkat.

3. Terhindar dari pemalsuan uang

Penggunaan uang kertas, contoh ketika Sobat Pintar menarik tabungan untuk bertransaksi akan cenderung lebih berisiko terhadap pemalsuan. Pada akhirnya, uang Sobat Pintar tidak berlaku jika terjadi pemalsuan.  Sedangkan cryptocurrency tidak mengalami resiko pemalsuan karena semua transaksi tidak melibatkan fisik uang.

4. Partisipasi dalam ICO

Menggunakan investasi mata uang kripto artinya Sobat Pintar telah berpartisipasi dalam ICO.  Initial Coin Offering memberikan Sobat Pintar merupakan nilai tambah pada investasi. Jadi, sangat menguntungkan jika memiliki cryptocurrency sebab berkesempatan mendapatkan penawaran tersebut.

5. Identitas Investor terjamin aman

Investasi ini memungkinkan Sobat Pintar menyembunyikan identitas, sehingga tidak dapat diakses oleh perusahaan perbankan manapun.  Jadi resiko penyalahgunaan data pribadi untuk tindak kejahatan cyber yang merugikan bisa diminimalisir sejak dini.

Keabsahan Investasi Cryptocurrency

Cryptocurrency telah mendapat pengesahan untuk diperjual belikan di Indonesia. Jadi keberadaannya sudah resmi, sehingga tidak perlu lagi diragukan keabsahannya.  Uang crypto dapat diperdagangkan dalam bursa berjangka komoditas namun saat ini belum menjadi alat transaksi finansial di Indonesia.

Tidak ada lagi sanksi dari pihak manapun ketika Sobat Pintar melakukan jual beli sehingga lebih tenang dalam berinvestasi. Uang digital ini masuk sebagai kripto utilitas atau kripto beragunan aset.  Transaksi dilakukan secara digital melalui blockchain, tidak dipengaruhi oleh peraturan pemerintah, namun lebih dikendalikan oleh supply dan demand.

Cryptocurrency tidak diawasi oleh OJK, tetapi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan.  Setiap investasi pasti memiliki risiko, sama saja ketika Sobat Pintar menginvestasikan uang untuk pembelian saham atau aset tetap lainnya.

Mata uang kripto memiliki fluktuasi yang cukup tinggi. Hal ini juga menjadi salah satu alasan kenapa tren melakukan investasi mata uang kripto ini mulai merambah hingga di kalangan anak muda. 

Jangan kaget jika mengetahui anak-anak muda jaman sekarang kaya secara tiba-tiba tanpa pekerjaan nyata.  Salah satunya mungkin saja mereka melakukan penambangan Bitcoin atau investasi mata uang kripto yang lainnya.

Itulah penjelasan singkat tentang apa itu cryptocurrency, kelebihan, serta tips bagi Sobat Pintar yang ingin memulai. 

Baca artikel lain: 6+ Cara Mendapatkan Dana Bantuan Pemerintah 2021 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload