Inilah Urutan Pemakaian Skincare dengan Benar

29 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 31 Dec 2021

Dalam pengaplikasiannya, skincare harus dilakukan dengan urutan yang benar. Hal itu berguna untuk memaksimalkan hasil pasca penggunaan. Sayang sekali jika Sobat Pintar menggunakan produk skincare asal-asalan karena nantinya tidak akan berdampak apapun. Bisa saja malah menimbulkan masalah yang merugikan wajah. Sobat Pintar tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Maka dari itu penting memperhatikan urutan pemakaian skincare yang benar. Berikut ini langkah-langkah yang dapat diikuti dalam mengaplikasikan produk skincare.

Inilah Urutan Pemakaian Skincare dengan Benar

Baca juga: Rekomendasi Skin Care Lokal, yang Wajib Dicoba!

Urutan Pemakaian Skincare Pagi

Sebelum memulai aktivitas di pagi hari lebih baik mengawalinya dengan mempersiapkan penampilan. Persiapan ini dapat dilakukan dengan memakai skincare terlebih dahulu. Skincare berfungsi untuk mempersiapkan kulit wajah sebelum penggunaan make up. Skincare akan membantu kulit jadi lebih lembab sehingga memudahkan dalam penggunaan make up. Keuntungan lainnya dapat menampilkan kesan glowing jika digunakan secara rutin. Berikut ini urutan skincare pagi yang benar.

1. Sabun Pembersih Wajah

Langkah pertama adalah membersihkan wajah dengan sabun pembersih. Langkah pertama ini sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar orang. Biasanya dilakukan setelah bangun tidur karena kondisi wajah saat itu sedang berminyak. Fungsi sabun pembersih sebagai penghilang kotoran, minyak, hingga sisa skincare malam Sobat Pintar.

Pemilihan sabun wajah yang tepat tentunya memberikan hasil maksimal. Maka dari itu Sobat Pintar perlu memastikan jenis kulit terlebih dahulu. Jika jenis kulit berminyak, produk yang tepat adalah facial foam. Apabila Sobat Pintar pemilik kulit kering, lebih cocok menggunakan facial wash. Jangan pernah lewati langkah pertama ini karena dengan menggunakan sabun wajah akan membuat kulit siap menerima rangkaian skincare lainnya.

2. Milk Cleanser Atau Micellar Water

Jika merasa penggunaan sabun wajah belum terlalu efektif mengangkat kotoran, maka Sobat Pintar dapat menggunakan teknik double cleansing yakni menggunakan milk cleanser atau micellar water. Penggunaan produk ini untuk memaksimalkan tahap pembersihan sehingga kotoran terangkat sempurna.

3. Toner Wajah

Toner memang bukan menjadi kewajiban pada rangkaian skincare pagi, tapi langkah ini akan sangat efektif jika Sobat Pintar rutin menggunakannya. Beragam produk toner di pasaran memiliki kegunaannya masing-masing, mulai dari anti penuaan dini, mengangkat kulit mati, hingga menghidrasi kulit. Sobat Pintar dapat menggunakan sesuai kebutuhan kulit sehingga memaksimalkan hasil yang akan didapat.

4. Essence

Essence berbahan dasar air yang fungsinya untuk menyeimbangkan kondisi kulit wajah. Selain itu, essence juga dapat membantu menghidrasi kulit sehingga kulit terasa lebih kenyal. Kandungan bahan aktif yang tinggi dalam essence akan membuatnya menyerap lebih cepat ke dalam kulit.

5. Serum

Sobat Pintar tentunya tidak ingin kulit wajah mengalami tanda-tanda penuaan dini lebih cepat bukan? Maka serum akan membantu mengatasi permasalahan tersebut. Serum adalah cairan yang dirancang dengan konsentrasi tertentu untuk mengatasi permasalahan kulit yang biasanya muncul. Seperti tanda penuaan dini, kerutan, dan bekas jerawat. Daya serap dari serum sama cepatnya dengan essence karena konsentrasi khusus yang dimilikinya.

6. Moisturizer Atau Pelembab Wajah

Pelembab atau moisturizer ialah skincare yang harus digunakan oleh segala jenis kulit, mulai dari kering hingga berminyak. Hal tersebut karena pelembab dapat membantu menjaga kelembaban dan kondisi kulit. Apalagi bagi Sobat Pintar yang memiliki tipe kulit kering maka pelembab wajib digunakan, tekstur pelembab yang cocok bagi tipe ini adalah krim. Sementara untuk kulit berminyak cocok menggunakan pelembab bertekstur gel atau cair.

7. Sunscreen

Paparan radiasi sinar UV adalah musuh terbesar bagi kulit terutama wajah karena penyebab masalah serius seperti melanoma atau kanker kulit. Tentunya Sobat Pintar tidak menginginkan hal tersebut terjadi bukan? Untuk menghindarinya, gunakan sunscreen di dalam maupun luar rumah. Sunscreen yang paling disarankan memiliki minimal SPF 30 agar lebih maksimal melindungi kulit.

Inilah Urutan Pemakaian Skincare dengan Benar

Baca juga: Memulai Bisnis Skin Care, Nggak Bisa Sembarangan! Simak Tipsnya

Urutan Pemakaian Skincare Malam

Setelah beraktivitas seharian dengan penampilan full makeup pastikan untuk membersihkannya terlebih dahulu sebelum istirahat agar kulit wajah dapat bernafas kembali dengan normal. Jika tidur dalam keadaan masih menggunakan makeup bisa saja timbul masalah di kemudian hari, seperti jerawat, kulit kusam, dan lainnya. Maka dari itu penting menjaga kebersihan kulit wajah. Setelah membersihkan diri, gunakan rangkaian skincare malam untuk mengembalikan kondisi wajah. Berikut ini urutan pemakaian skincare malam yang benar.

1. Make Up Remover

Rangkaian skincare malam pertama adalah bersihkan dahulu make up Sobat Pintar menggunakan remover seperti micellar water atau milk cleanser. Kandungan dalam make up remover dapat membersihkan make up dan sisa-sisa kotoran di wajah lebih efektif. Selain itu juga dapat memaksimalkan penggunaan produk skincare berikutnya.

2. Sabun Pembersih Wajah

Setelah menggunakan make up remover, langkah pembersihan selanjutnya menggunakan sabun wajah. Hampir sama dengan skincare pagi, sabun wajah berguna untuk membersihkan sisa make up dan kotoran yang belum terangkat saat menggunakan remover. Perhatikan kesesuaian sabun wajah yang digunakan dengan jenis kulit.

3. Scrub Wajah Atau Eksfoliasi

Scrub atau eksfoliasi berguna untuk menyempurnakan rangkaian pembersihan di malam hari. Langkah ini berguna untuk mengangkan sel-sel kulit mati pada wajah. Cukup lakukan 1 – 2 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

4. Toner Wajah

Langkah kelima adalah menggunakan toner yang sama seperti rangkaian skincare pagi. Selain kaya akan manfaat, toner akan membantu wajah terasa lebih segar.

5. Serum dan Essence Wajah

Penggunaan serum dan essence untuk skincare malam berguna untuk menjaga kelembaban wajah. Sobat Pintar tidak perlu khawatir wajah terasa berat karena kandungan yang ada pada kedua produk ini membuatnya cepat meresap di kulit.

6. Krim Mata

Krim mata jadi solusi bagi Sobat Pintar yang memiliki masalah di area mata seperti mata panda, kerutan, dan noda hitam. Penggunaan krim mata dapat membantu Sobat Pintar mengatasi masalah-masalah tersebut.

7. Krim malam

Agar rangkaian skincare malam semakin lengkap, langkah terakhir adalah menggunakan krim malam. Krim malam memiliki fungsi yang sama dengan pelembab yakni membuat kulit terasa lebih lembab dan kenyal.

Itu dia urutan pemakaian skincare pagi dan malam yang benar. Lakukan sesuai langkah-langkah di atas agar hasil yang didapatkan juga maksimal. Tentunya, Sobat Pintar menginginkan kulit wajah yang sehat dan berkilau bukan? 

Baca juga: Jangan Sampai Salah Pilih, Inilah Cara Memilih Skin Care Untuk Tipe Kulit Kombinasi

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
31 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download