Mengenal Apa itu Kode OTP dan 3 Karakteristiknya

18 Jun 2021 by kreditpintar
Mengenal Apa itu Kode OTP dan 3 Karakteristiknya

Sebagai generasi milenial yang sering bertransaksi online, pasti sudah tak awam lagi dengan kode OTP, kan? Yup, kode ini merupakan kode unik yang biasanya Sobat Pintar terima sebagai bentuk perlindungan dari suatu aplikasi. Kode ini dapat melindungi data Sobat Pintar agar tidak terjadi penyalahgunaan tindak kriminal. Untuk lebih jelas tentang “apa itu kode OTP?”, yuk simak ulasan lengkapnya di sini. 

Apa Itu Kode OTP?

Kode OTP (One Time Password) merupakan kata sandi sekali pakai yang dapat Sobat Pintar gunakan setiap kali bertransaksi online atau ketika login akun. Biasanya kode ini terdiri dari 4 atau 6 digit nomor unik yang bersifat rahasia dan Sobat Pintar terima melalui sms atau email. 

Kode ini menjadi suatu bentuk perlindungan data yang kuat ketika sistem akan memverifikasi masukan ID atau password dari luar. Belakangan, banyak aplikasi dompet digital dan mobile banking yang menggunakan kode ini untuk mencegah terjadi tindak kejahatan yang merugikan salah satu pihak. 

Karakteristik 

Setelah mengetahui apa itu Kode OTP, inilah cirinya yang perlu Sobat Pintar pahami sebagai berikut :

1. Untuk Satu Kali Penggunaan Saja

Sesuai dengan namanya, maka kode unik yang Sobat Pintar terima hanya untuk sekali waktu penggunaan saja. Sehingga jika Sobat Pintar sudah menggunakan kode yang terkirim sebelumnya, maka Sobat Pintar tidak dapat menggunakan kode tersebut untuk transaksi selanjutnya. 

2. Memiliki Batas Waktu Tertentu

Karakteristik yang kedua adalah terdapat pemberlakukan batas waktu. Artinya, setiap kode yang terkirim melalui SMS atau email memiliki batas waktu tertentu, umumnya satu hingga enam menit saja. 

Pada saat Sobat Pintar mendapatkan kode OTP, maka harus segera menggunakannya sebelum batas waktu habis. Apabila batas waktu telah habis dan  Sobat Pintar belum menggunakannya maka kode tersebut sudah tidak berlaku lagi. Tentu saja, Sobat Pintar harus meminta kode yang baru. 

Sobat Pintar harus memastikan nomor ponsel atau alamat email masih aktif agar proses dapat berjalan lancar. 

3. Konteks Yang Terbatas

Karakteristik yang selanjutnya adalah memiliki konteks yang terbatas. Maksudnya, tidak semua konteks aplikasi akan memberikan kode OTP.  

Lazimnya kode ini dapat Sobat Pintar temui pada transaksi aplikasi perbankan, akun jual beli, pinjaman online, dompet digital dan sebagainya. 

Seberapa Penting Kode One Time Password?

One Time Password mempunyai fungsi utama sebagai bentuk kehati-hatian atau keamanan yang dapat melindungi data-data Sobat Pintar pada sebuah aplikasi. Seberapa penting kode OTP? Penting sekali. 

Karena kode ini sifatnya unik dan rahasia, sehingga tidak sembarang orang dapat mengaksesnya. Oleh sebab itu, Sobat Pintar jangan asal memberikan kode ini kepada orang lain demi keamanan data diri sendiri. 

Bayangkan saja, jika orang lain mengetahui kode OTP yang Sobat Pintar terima. Maka, data -data seperti alamat rumah, nama Ibu kandung, nomor KTP serta informasi akun bank akan bocor dan rawan penyalahgunaan. Orang lain dapat dengan mudah mengambil alih akun Sobat Pintar, dan menyalahgunakan segala info di dalamnya. 

Belakangan ini marak penyalahgunaan kode ini, sehingga keamanan aplikasi kurang terjamin. 

Manfaat Kode OTP

Kode OTP sendiri mempunyai manfaat yang penting selain alasan di atas, yaitu :

1. Mempermudah Proses Transaksi Mobile Banking

Yang paling umum menggunakan kode ini memang aplikasi keuangan seperti mobile banking. Sebelum masuk pada aplikasi tersebut, biasanya Sobat Pintar harus memasukkan kode OTP yang mereka kirim melalui pesan singkat. 

Dengan kode tersebut, mereka dapat dengan mudah memverifikasi keabsahan data yang telah Sobat Pintar kirimkan. Jika Sobat Pintar tidak mengirimkan kode tersebut, maka proses transaksi tidak akan mereka lanjutkan. 

2. Mengubah Password Akun Yang Terlupa

Kode ini juga bermanfaat ketika Sobat Pintar lupa password akun pada platform marketplace atau sosial media. 

Atau ketika Sobat Pintar menggunakan perangkat telepon yang berbeda, maka aplikasi akan mengirimkan kode OTP untuk memverifikasi dan validasi akun Sobat Pintar. 

3. Mengganti Akun Bank Pada Website Toko Online

Kode ini juga berguna untuk mengatur data pembayaran Bank yang terdapat dalam akun toko online. Biasanya pembayaran yang menggunakan rekening bersama akan tersimpan pada dompet digital di toko online tersebut. 

Jika uang hasil penjualan telah terkumpul, maka Sobat Pintar dapat melakukan penarikan dana ke rekening yang Sobat Pintar miliki. Nah, kode ini berfungsi ketika Sobat Pintar mengganti akun Bank. 

Sebagai langkah preventif dari tindak penipuan, maka platform marketplace akan mengirimkan kode OTP untuk melakukan verifikasi dan validasi data. 

Tips Melindungi Kode OTP

Berikut tips agar Sobat Pintar tidak mengalami penipuan berkedok meminta kode OTP, yaitu :

  1. Tetap waspada dan teliti

Apabila ada nomor asing meminta One Time Password yang baru Sobat Pintar terima, sebaiknya abaikan saja. Sobat Pintar berhak curiga pada nomor telepon tersebut, sekalipun mereka mengaku dari pihak aplikasi terkait atau dari Bank. 

Sebab, nomor Bank biasanya akan menggunakan nomor yang  jelas dengan alamat yang mudah terlacak. 

Perlu Sobat Pintar ingat, lembaga perbankan atau non perbankan yang legal pasti mempunyai website, dan dapat Sobat Pintar akses sepanjang waktu. 

  1. Jangan sembarangan memberikan

Tips kedua adalah, jangan sembarang memberikan One Time Password ke orang lain dengan alasan apapun, termasuk kepada oknum pihak dari aplikasi terkait atau orang terdekat Sobat Pintar. 

Pelaku kejahatan biasanya akan menggunakan alasan demi perbaikan data, perbaikan sistem. Jangan mudah percaya dengan segala informasi yang masuk terkait kode OTP sebelum mendapatkan bukti kebenarannya

  1. Ubah password dan PIN pada aplikasi perbankan secara berkala

Tips berikutnya adalah mengubah password / PIN secara berkala. Jangan gunakan PIN dengan angka standar (tanggal ulang tahun) agar tidak mudah tertebak.  

  1. Mengaktifkan Dua Langkah Metode Verifikasi

Tips terakhir adalah mengaktifkan dua langkah verifikasi. Saat ini sudah banyak aplikasi berbasis dompet digital, pinjaman online atau perbankan yang menggunakan dua kali verifikasi. Sehingga data-data akan jauh lebih aman. 

Laporkan Segala Tindak Kejahatan Menggunakan Kode OTP

Apabila Sobat Pintar telah menjadi korban penipuan yang meminta kode OTP mengatasnamakan salah satu aplikasi, maka segera laporkan. Berikut beberapa langkah pengaduan yang dapat Sobat Pintar lakukan, seperti :

  1. Hubungi call center pada setiap aplikasi terkait 
  2. Selanjutnya, pihak customer care akan menindaklanjuti dengan melakukan penelusuran tindak kejahatan yang Sobat Pintar laporkan. 
  3. Pihak aplikasi terkait akan menonaktifkan akun Sobat Pintar sementara dan mengamankan data-data penting.
  4. Setelah itu, Sobat Pintar bisa melaporkan tindak kejahatan tersebut kepada pihak berwajib. 

Salah satu aplikasi yang menggunakan kode OTP adalah aplikasi Kredit Pintar. Aplikasi Kredit Pintar akan mengirimkan One Time Password untuk melakukan verifikasi data. 

Waspadai segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Kredit Pintar dan meminta kode OTP. Jika Sobat Pintar menerapkan tips di atas, sudah dipastikan seluruh data akan terjamin keamanannya. Apalagi Kredit Pintar merupakan aplikasi pinjaman online yang legal dan telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. 

Semoga informasi terkait Apa itu Kode OTP dan cara melindungi data-data Sobat Pintar di atas dapat bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload