Cara Mengecek Kepesertaan BPJS Kesehatan 2022

18 Feb 2022 by Andro, Last edit: 19 Feb 2022

Mungkin Sobat Pintar beberapa hari terakhir ini telah membaca atau mendengar rencana pemerintah Indonesia untuk menerapkan kelas standar atau tunggal pada program BPJS Kesehatan. 

Sebelum kita lebih jauh membahas mengenai BPJS Kesehatan ada baiknya Sobat Pintar mengetahui tentang BPJS kesehatan secara lebih mendalam. 

Cara Mengecek Kepesertaan BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menurut UU No. 24 Tahun 2011, merupakan sebuah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan. BPJS Kesehatan mulai melaksanakan kegiatannya pada tanggal 1 Januari 2014.

Perbedaan BPJS Kesehatan dan JKN

Sesuai dengan namanya yaitu BPJS Kesehatan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, merupakan sebuah badan hukum yang berfungsi untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan, 

Sementara JKN atau Jaminan Kesehatan Nasional merupakan sebuah program pelayanan kesehatan yang sistemnya menggunakan sistem asuransi. Sehingga dengan begitu maka seluruh warga Indonesia akan ikut asuransi wajib yang dibuat oleh pemerintah dengan menyisihkan sebagian kecil uangnya untuk membayar premi bulanan yang dapat memberikan jaminan perawatan kesehatan di masa depan 

JKN dan BPJS dari penjelasan di atas telah dapat kita simpulkan perbedaannya. JKN merupakan nama program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan, yang dalam proses pelaksanaan kinerjanya berada dalam pengawasan Dewan Jaminan Sosial Nasional atau DJSN. 

Kelas BPJS Kesehatan

Saat ini BPJS kesehatan membagi kelas-kelas dalam program JKN yang diselenggarakannya. Terdapat 3 kelas yaitu kelas 1, kelas 2 dan juga kelas 3. Saat ini kelas perawatan BPJS masih menganut kelas-kelas tersebut, kelas-kelas ini memiliki nominal pembayaran yang berbeda untuk masing-masing kelasnya, yang paling murah adalah kelas 3 dan yang paling mahal adalah kelas 1. 

Dalam hal pelayanan rawat jalan, memang tidak terdapat perbedaan antara kelas-kelas BPJS Kesehatan ini, perbedaan kelas ini baru dirasakan apabila kita harus dirawat inap dirumah sakit untuk perawatan penyakit yang Sobat Pintar derita. Kelas-kelas BPJS ini akan membedakan fasilitas kamar yang diterima, seperti pada umumnya untuk peserta BPJS Kelas 1 akan mendapatkan kamar dengan maksimal 2 pasien di kamar tersebut dengan fasilitas kamar yang jauh lebih baik dari kelas BPJS lainnya, sementara untuk kelas 2 dan 3 bisa lebih dari 2 pasien dalam 1 kamar perawatan.

Namun ternyata pemerintah, mulai mempertimbangkan kelas-kelas yang ada di BPJS kesehatan ini dan mempertimbangkan untuk mengadakan 1 kelas standar yang akan digunakan oleh seluruh peserta BPJS kesehatan tanpa ada perbedaan. Dalam kelas standar ini, BPJS kesehatan juga memiliki aturan tersendiri untuk kelengkapan dalam kamarnya seperti tersedianya selang oksigen, tombol darurat dan beberapa hal penting lainnya.

Penerapan kelas standar atau kelas tunggal BPJS Kesehatan merupakan salah satu upaya untuk memperbaiki ekosistem program iuran Jaminan Kesehatan Nasional. Tujuan utama dari perbaikan ekosistem ini adalah untuk memperbaiki mutu layanan dan juga kualitas layanan yang akan diterima oleh setiap peserta program BPJS kesehatan yang membutuhkan

Manfaat BPJS Kesehatan

Sesuai tujuannya, program BPJS Kesehatan ini memang bertujuan untuk membantu seluruh kalangan masyarakat Indonesia dalam mendapatkan jaminan kesehatan. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang didapatkan bila Sobat Pintar telah terdaftar dalam BPJS Kesehatan, di antaranya adalah.

  1. Mendapatkan jaminan pengobatan untuk semua layanan kesehatan
  2. BPJS Kesehatan memberikan jaminan perawatan untuk beberapa penyakit yang dikecualikan seperti kanker, penyakit hormonal, hemodialisis, penyakit jiwa dan juga penyakit kongenital.
  3. Sistem asuransi merupakan sistem yang bersifat gotong royong yang memiliki arti dengan kita membayar premi, maka kita dapat saling membantu orang-orang lain yang sedang membutuhkan perawatan kesehatan.
  4. Dibandingkan dengan asuransi swasta, BPJS kesehatan menawarkan premi yang murah, namun proteksi yang diberikan sangat baik.
  5. Mendapatkan jaminan proteksi seumur hidup
  6. Cara pembayaran yang mudah dan dapat dilakukan di berbagai platform perbankan bahkan di minimarket 
  7. Mendapatkan manfaat non medis seperti akomodasi dan juga ambulan
  8. Mendapatkan jaminan pelayanan rawat jalan dan juga rawat inap.

Cara Cek Status BPJS Kesehatan

Setelah kita terdaftar sebagai peserta BPJS kesehatan maka sudah kewajiban Sobat Pintar untuk membayar iuran setiap bulannya. Namun terkadang, karena beberapa hal, kepesertaan BPJS Kesehatan kita dapat menjadi non aktif tanpa kita sadari, salah satu penyebabnya adakah keterlambatan membayar iuran bulanan BPJS Kesehatan. Oleh karena itu sebagai peserta program BPJS Kesehatan, Sobat Pintar juga perlu mengetahui cara mengecek status BPJS Kesehatan miliki kita dan keluarga. Berikut ini adalah cara cek BPJS Kesehatan yang dilansir melalui situs resmi Indonesia Baik: 

  1. Aplikasi Mobile JKN

Cara utama untuk mengetahui berbagai informasi tentang BPJS Kesehatan miliki Sobat Pintar dan keluarga dapat melalui Mobile JKN. Aplikasi Mobile JKN ini dapat diunduh melalui playstore dan setelah login kita akan melakukan konfirmasi data diri menggunakan NIK. Setelah proses login selesai, maka berbagai informasi mengenai kepesertaan SObat Pintar di BPJS Kesehatan dapat terlihat. Berbagai informasi mengenai data diri Sobat Pintar, status pembayaran, data fasilitas kesehatan tingkat pertama dan berbagai informasi lainnya dapat Sobat Pintar temukan di aplikasi Mobile JKN ini. Unduh aplikasi Mobile JKN melalui AppStore maupun Google Store. 

  1. Care Center 

 Cara lain yang dapat ditempuh untuk melakukan pengecekan status kepesertaan BPJS Kesehatan adalah melalui Call Center yang disediakan oleh BPJS Kesehatan. Sobat Pintar dapat menelepon ke nomor 165. Call Center ini selain membantu untuk mengecek data-data kita terkait kepesertaan BPJS Kesehatan, kita juga dapat bertanya mengenai berbagai hal yang ingin Sobat Pintar ketahui mengenai program BPJS Kesehatan

  1. WhatsApp 

Cara pengecekan status kepesertaan BPJS Sobat Pintar masih aktif atau tidak, adalah melalui aplikasi pesan yang cukup sering kita gunakan sehari-hari yaitu Whatsapp. Cara pengecekannya cukup mudah, pertama save nomor WA resmi BPJS Kesehatan di nomor 0811-8750-400. Setelah itu mulai percakapan seperti biasa, nanti akan ada petugas yang membantu Sobat Pintar mengenai berbagai informasi mengenai status kepesertaan BPJS yang kita ikuti. 

  1.  Petugas BPJS Kesehatan Di Rumah Sakit  

Cara terakhir yang dapat kita tempuh untuk mengetahui status kepesertaan BPJS Kesehatan Sobat Pintar adalah dengan menemui petugas BPJS Kesehatan yang ada di rumah sakit yang menjadi tempat rujukan resmi BPJS Kesehatan. Para petugas BPJS Kesehatan ini akan membantu memberikan informasi dengan PIPP yang kepanjangannya adalah Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan.Jika pada saat dicek status kepesertaannya muncul notifikasi registrasi ulang, maka peserta harus melakukan pembaruan data NIK.  

Demikianlah sejumlah cara untuk mengetahui status kepesertaan BPJS Kesehatan yang diikuti oleh Sobat PIntar, semoga dapat membantu dan memberikan bantuan dikala kita membutuhkan informasi tersebut 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

19 Feb 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download