Cara Menagih Hutang Agar Cepat Dibayar

19 Apr 2018 by Edwin

Apakah Sobat Pintar memiliki teman yang hobi berhutang? Apakah Sobat Pintar kesulitan menagih hutang pada teman tersebut, sampai harus sering-sering mengingatkan? Bagaimana sih cara menagih hutang agar cepat dibayar? Artikel berikut akan menjadi jawabannya.

Kadangkala menagih hutang menjadi sesuatu yang menyebalkan. Bagaimana tidak, alih-alih mendapatkan uang Sobat Pintar kembali, yang sering terjadi adalah pihak penghutang lebih galak daripada pihak pemberi pinjaman.

Jangan panik, Sobat Pintar dapat menagih dengan beberapa trik berikut ini:

  1. Buatlah Surat Hutang
    Sebelum memberikan pinjaman, ada baiknya Sobat Pintar membuat surat hutang yang isinya menjelaskan beberapa hal seperti:- Nominal hutang
    – Kapan hutang akan dibayar
    – Dan persetujuan konsekuensi jika tidak membayar hutang

    Dengan adanya surat hutang ini, Sobat Pintar dapat lebih mudah mengajukan tuntutan kepada pihak terkait. Selain itu, surat hutang menjadi pengingat bahwa seseorang memiliki hutang pada Sobat Pintar.

    Lantas, bagaimana jika dulu tidak sempat membuat surat hutang?

    Jangan panik! Sobat Pintar dapat mendatanginya baik-baik dan memintanya menandatangani dan menyetujui surat hutang yang sudah dibuat. Katakan saja padanya, dengan adanya surat hutang itu, tempo pembayaran hutangnya akan diperpanjang.

  2. Mintalah Seseorang untuk Menagih
    Sobat Pintar dapat minta seseorang untuk membantu menagih hutang tersebut. Sobat Pintar dapat menjanjikan untuk memberikan sekian persen dari nominal hutang jika dia berhasil melakukan penagihan.Agar lebih efektif, Sobat Pintar bisa meminta beberapa orang untuk melakukan penagihan. Orang yang berhasil meminta uangmu kembali berhak mendapatkan sekian persen dari hutang tersebut.

    Cara ini memiliki tingkat keberhasilan hampir 100% loh!

  3. Manfaatkan Fintech
    Banyak fintech yang memberikan peluang untuk anda berinvestasi di dalamnya. Baik sebagai pemodal, maupun menabung.Dengan memanfaatkan fintech, surat perjanjian hutang yang Sobat Pintar miliki dapat dijadikan jaminan untuk mendapatkan uang. Namun hal ini belum dapat dilakukan oleh semua fintech yang ada di Indonesia.

Demikianlah cara menagih hutang agar cepat dibayar oleh orang yang berhutang pada Sobat Pintar. Namun sebaiknya cara-cara ini dilakukan hanya jika penagihan yang dilakukan sudah seringkali menemui kegagalan.

Namun pada dasarnya, cara terbaik menagih hutang adalah dengan berbicara dengan baik, sopan, dan ramah agar tidak menimbulkan perpecahan hubungan di masa mendatang.

Sobat Pintar butuh pinjaman uang untuk men-support kebutuhan pribadi atau menghindari berhutang pada teman? Ajukan aja pinjaman di Kredit Pintar dan buktikan proses pengajuan pinjaman yang cepat dan nyaman! Download aplikasinya di http://m.onelink.me/bc321b22