Cara Menagih Hutang Bebas Drama, Wajib Dicoba!

30 Mar 2023 by Kredit Pintar., Last edit: 03 Apr 2023

Bagaimana cara menagih hutang agar cepat dibayar? Pertanyaan ini mungkin sering menghampiri siapa saja yang merasa kesulitan menagih hutang. Memang sih, siapa juga yang tidak bimbang ketika ada orang yang ingin meminjam uang ke kita? Terlebih, jika orang tersebut merupakan teman kita sendiri atau sanak saudara kita.

Namun, tak jarang mereka akan menjadi sangat menjengkelkan saat kita menagih hutang  tersebut. Padahal, sudah ada perjanjian tenggat waktu kapan pelunasan hutang. Dan, mereka memiliki segudang alasan menunda pelunasan yang membuat perasaan kita campur aduk antara jengkel dan kasihan. 

Nah, biar proses penagihan hutang bebas dari drama menyebalkan, yuk intip cara menagih hutang di bawah ini.

Tips Menagih Hutang ke Orang yang Susah Bayar

cara menagih hutang

Seringkali kita jumpai, pemilik hutang yang susah sekali saat ditagih hutangnya. Beragam alasan pun dijadikan sebagai senjata untuk mengulur waktu. Misalnya, alasan klasik belum ada uang dan berbagai alasan lainnya.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Berikut ini adalah cara menagih hutang ke orang yang sulit membayar:

1. Menagih Secara Halus

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah mengajak debitur bertemu untuk membicarakan kewajiban membayar hutangnya. Hindari cara kekerasan karena hanya akan membuat masalah semakin rumit.

Lebih baik, beri sindiran halus yang membuat debitur risih mendengarnya sehingga bersedia melunasi hutangnya.

Baca juga: Cara Membangun Bisnis Mulai dari Nol!

2. Menyimpan Bukti 

Selalu simpan bukti pinjam-meminjam seperti surat pernyataan debitur terkait kewajiban hutangnya. Bukti tersebut sangat berguna jika Anda ingin membawa permasalahan ini ke pengadilan.

Meskipun terkesan berlebihan, cara ini cukup efektif untuk membuat debitur mau membayar hutangnya.

3. Mengirim Surat Somasi 

Jika cara di atas belum berhasil, Anda bisa mengajukan somasi kepada debitur. Somasi adalah dokumen yang menunjukkan bahwa Anda memberikan itikad baik kepada debitur. 

Namun, apabila debitur tetap tidak merespon, surat somasi ini bisa menjadi bukti bahwa peminjam melakukan wanprestasi.

4. Mengajukan Kasus ke Pengadilan 

Opsi terakhir, Anda dapat melakukan gugatan ke pengadilan. Nantinya, hakim akan menentukan pakah gugatan Anda layak diterima atau tidak.

Tips Menagih Hutang yang Baik 

Cara yang bagus untuk menagih hutang dapat dilakukan dengan beberapa cara. Untuk bisa menagih hutang dengan cara yang baik, Anda bisa menagih hutang dengan cara-cara berikut ini:

  1. Cobalah untuk berbicara baik-baik dan ingatkan tentang kewajiban pinjaman mereka
  2. Sebelum menagih hutang, harap perhatikan kondisi dan keadaan orang yang akan kita tagih
  3. Jangan lupa untuk mengatakan bahwa Anda membutuhkan uang yang dipinjamkan tersebut.
  4. Bicarakan lagi tentang perjanjian jangka waktu pembayaran utang untuk mencapai kesepakatan baru 
  5. Cobalah untuk berbicara dengan orang-orang terdekat Anda untuk membantu Anda menagih hutang Anda.

Baca juga: 7 Pinjaman KTA Tanpa Kartu Kredit dan Pengajuannya

Trik Menagih Hutang Lewat Whatsapp 

whatsapp marketing

Whatsapp menjadi salah satu media yang dinilai sangat efektif untuk menyelesaikan masalah pinjam meminjam. Menagih hutang lewat whatsapp memang terlihat unik dan berbeda dari kebiasaan umumnya.

Akan tetapi, menagih hutang melalui whatsapp dianggap lebih aman karena bisa menjaga perasaan baik pemberi maupun penerima pinjaman. Nah, berikut ini merupakan panduan menagih hutang melalui whatsapp:

1. Cek Status 

Langkah pertama menagih hutang melalui whatsapp adalah mengecek status whatsapp orang yang akan ditagih. Apakah orang tersebut sedang offline atau online.

Jika sedang online, Anda bisa mencoba mengomentari story whatsapp orang tersebut. Kemudian, Anda bisa menyinggung hutang yang harus dibayarnya.

2. Menanyakan Kabar 

Setelah memberi komentar di story, Anda bisa menanyakan kabar seperti kondisi kesehatan, pekerjaan, keluarga, atau topik lainnya dengan cara yang sopan. Ada beberapa pertanyaan yang bisa Anda tanyakan.  Misalnya,” gimana kabarnya? Lagi sibuk nggak nih?”.

Ketika bertanya, pastikan nada pesan Anda tetap sopan untuk menjaga tali silaturahmi.

3. Melakukan Basa-Basi 

Metode penagihan hutang yang satu ini tergolong klasik. Lakukan basa-basi supaya suasana percakapan di whatsapp menyenangkan dan tidak kaku. Setelah percakapan berjalan lancar, sekaranglah saatnya bagi Anda untuk mencoba melakukan percakapan tentang topik lain yaitu kebutuhan sehari-hari.

4. Ceritakan Kebutuhan Anda

Ceritakan bahwa tanggungan Anda sangat besar. Semakin banyak kebutuhan sehari-hari untuk membayar kebutuhan rumah tangga dan pengeluaran lainnya menjadi alat Anda memancing untuk melunasi hutang Anda dalam waktu singkat. 

Beritahu juga, bahwa kondisi finansial Anda sedang kritis. Jadi, Anda memerlukan yang cepat. Dengan menceritakan situasi keuangan dan kebutuhan Anda, mereka akan paham bahwa Anda memang butuh uang secepatnya.

Setelah percakapan panjang lebar, kemudian tanyakan uang yang Anda pinjamkan kepada yang bersangkutan. Pastikan Anda bertanya dengan baik-baik untuk meluluhkan hatinya.

Ada beberapa chat yang bisa Anda gunakan, salah satunya, “Besok tanggal terakhir tagihan SPP sekolah anakku. Uang yang ada di kamu bisa aku ambil kapan ya? please, aku lagi butuh uang cepat. Kasihan anakku!!”.

5. Memberikan Perpanjangan Waktu 

Terakhir, saat Anda menanyakan kapan yang bersangkutan bisa membayar utangnya. Tegaskan juga bahwa Anda membutuhkan uang cepat untuk kepentingan yang mendesak. 

Jika orang tersebut belum memiliki uang, Anda bisa memberikannya tenggat waktu kapan terakhir pelunasan hutang tersebut. Jelaskan dengan gamblang kapan yang bersangkutan harus membayar utangnya,

Misalnya, dengan mengirim chat  ini, “Hari Minggu Siang bisa nggak? Soalnya Senin mau aku bayarkan buat SPP anakku”. Dengan begitu, yang bersangkutan bisa segera membayar hutangnya.

Cara Menagih Hutang ke Teman 

cara menagih hutang

Anda tidak perlu merasa bersalah saat ingin menagih hutang ke teman Anda. Sebab, pada hakikatnya kepemilikan uang tersebut tetap berada di tangan Anda.

Jadi, simak cara menagih hutang ke teman Anda:

1. Mengingatkan Deadline Pelunasan 

Tak ada salahnya bagi Anda untuk mengingatkan tenggat waktu pelunasan. Jika teman Anda belum sanggup membayar, berikan kompensasi perpanjangan waktu pelunasan.

Jika teman Anda tetap belum membayar, cobalah berbicara baik-baik dan ingatkan teman Anda dengan sopan.

2. Ceritakan Kebutuhan Anda 

Apabila cara pertama belum berhasil, Anda dapat berbicara lagi dengan teman Anda di lain hari. Hilangkan rasa sungkan Anda. Sebab, uang tersebut adalah milik Anda.

Beritahu apa saja kebutuhan Anda saat ini dan sampaikan bahwa Anda sangat mengharapkan pelunasan secepatnya.

3. Minta Tolong Pihak Ketiga 

Cara menagih hutang selanjutnya yaitu meminta tolong kepada pihak ketiga. Pihak ketiga ini bisa siapa saja yang bisa Anda mintai tolong untuk menagih hutang. Misalnya sahabat atau pacar teman Anda.

Biasanya, orang akan segera sadar dan malu saat sahabat atau pacarnya mengingatkan agar segera melunasi hutang.

Cara ini bisa kamu lakukan apabila teman Anda belum juga mau membayar hutang. Biasanya, orang cenderung cepat sadar dan malu ketika teman dekat atau pacar mengingatkannya untuk segera membayar hutang.

4. Mendatangi Rumahnya 

Pilihan terakhir adalah mendatangi rumah teman Anda. Bawa juga bukti perjanjian hutang piutang.  Jika teman Anda tak mempunyai itikad baik untuk membayar, Anda bisa melanjutkan permasalahan ini ke ranah hukum untuk memberikan efek jera kepada teman Anda.

Baca juga: 5 Tips Terhindar dari Penipuan yang Mengatasnamakan Lelang DJKN

Demikian cara menagih hutang tanpa drama yang bisa Anda terapkan. Memang, ada beberapa cara yang terlihat kejam. Akan tetapi, bagaimanapun juga hutang tetap wajib dibayar.Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
03 Apr 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download