Apa Itu Fintech? Pengertian, Jenis, Manfaat dan Legalitasnya

Apa yang pertama Sobat Pintar pikirkan saat mendengar istilah fintech? Kita sering menganggap fintech merupakan perusahaan yang menyediakan dana pinjaman online kepada masyarakat seperti salah satu perusahaan fintech Kredit Pintar. Anggapan tersebut tidak salah, tapi sebenarnya pengertian dan ruang lingkup fintech lebih luas dari itu. Artikel ini akan membahas apa itu fintech, apa saja jenis fintech, manfaat dan bagaimana regulasi terkait legalitas fintech di Indonesia.

READ MOREright-icon
Hadirnya Pinjaman Online Membantu Ekonomi Indonesia

Financial technology atau Fintech menjadi salah satu bidang yang mendorong ekonomi Indonesia. Tak dapat dipungkiri, uang menjadi alat untuk menjalankan perekonomian. Hadirnya fintech dengan berbagai macam kategori, membantu keuangan masyarakat. Kebutuhan apapun bisa terjawab dengan adanya fintech.

READ MOREright-icon
Fintech adalah: Definisi, Jenis, dan Manfaatnya

Di era teknologi ini, banyak perusahaan start up baru yang didirikan, khususnya di bidang financial technology. Fintech adalah singkatan dari financial technology. Pada dasarnya fintech adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan yang digabungkan dengan teknologi. Yuk simak penjelasannya di artikel ini.

READ MOREright-icon
Best Indonesian Fintech for Online Loans (Pinjaman Uang Online)

As one of the most prominent emerging industries in the global frontier, new fintech companies are cropping up across the globe every day. Among those in Indonesia is Kredit Pintar, a leading financial technology company that aims to improve the financial welfare of the local population. Like other businesses in this industry, they are using technology to deliver conventional financial services.

READ MOREright-icon
Get to Know Kreditpintar, Indonesia’s Latest Fintech Star

Fintech, or financial technology, institutions have been all the rave lately. It’s only natural, considering how fast technology is integrating itself into almost every aspect of our lives. This is even more relevant in our financial and economy system. Today, let us talk about online loans (pinjaman online) and how one could participate in Indonesia.

READ MOREright-icon
Butuh Dana Cepat? Simak Rincian Biaya dan Informasi Pinjaman Dari Aplikasi Fintech

Rincian biaya dan informasi pinjaman dana online yang lengkap, dapat membantu Anda untuk memilih aplikasi terbaik dan paling sesuai kebutuhan. Aplikasi financial technology adalah perusahaan penyedia jasa dalam bidang pinjaman dana online sangat membantu masyarakat dalam masalah ekonomi mendadak. Berkembangnya perusahaan fintech membuat potensi bisnis semakin besar, namun juga dibutuhkan keamanan data dan system yang baik di dalamnya. Menjalankan fintech online bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan semua orang. Diperlukan perizinan OJK demi melancarkan jalannya perusahaan.

READ MOREright-icon
Ini Daftar Fintech Berizin OJK yang Kredibel

Penting mengetahui daftar fintech berizin OJK di Indonesia. Sebab, hal ini selaras dengan UU Nomor 21 Tahun 2011. Lembaga OJK bahkan menyiapkan satuan kerja untuk mempelajari dan mengkaji berjalannya fintech serta menyiapkan peraturan sekaligus strategi pengembangan fintech. Mengapa? Fintech sendiri nyatanya menjadi salah satu evolusi ekonomi yang mampu mendukung berkembangnya industri jasa keuangan serta dapat melindungi konsumen. Hadirnya Fintech dalam OJK bisa menjadi peluang agar dapat meningkatkan program inklusi keuangan juga mengembangkan sektor jasa keuangan.

READ MOREright-icon
Fintech Pinjaman Online Cepat Cair Paling Direkomendasi

Pinjaman online cepat cair kini tengah menjadi andalan dan solusi dari segala masalah finansial. Pinjaman online juga bisa 24 jam dan terpercaya. Adanya kredit online adalah penerapan dari inovasi Fintech yang akan memberikan dana tunai pinjaman online cepat cair. Setiap orang pasti pernah mengalami masalah finansial seperti kebutuhan dana darurat. Untuk mengatasi hal-hal mengenai kebutuhan pinjam uang yang mendesak (baik untuk biaya kesehatan atau dana Pendidikan) memang dibutuhkan alternatif pinjaman uang darurat.

READ MOREright-icon
Pinjaman Online Harus Tedaftar di OJK, Kenapa?

Otoritas Jasa Keuangan, atau biasa disingkat OJK, menjadi lembaga yang diberi tanggung jawab untuk mengawasi kegiatan bisnis fintech. OJK tidak hanya mengawasi bisnis dalam bidang fintech, OJK juga mengawasi perbankan, asuransi, pasar modal, dan lainnya. Jika sebuah jasa keuangan sudah diawasi OJK, diyakini lembaga tersebut terpercaya.

READ MOREright-icon
Kredit Pintar, Pilihan Tepat Kredit Mudah dan Terpercaya

Fintech, atau financial technology menjadi sebuah bisnis yang sedang ramai diperbincangkan sejak lima tahun kebelakang. Jika dilihat dari kebutuhan pasar, memang tidak mengherankan bidang Fintech menjadi bisnis yang menjanjikan. Kemudahan mendapat pinjaman online melalui aplikasi fintech, menjadi alasan utama mengapa bisnis ini sangat digandrungi. Kalau kita bandingkan pinjaman online dengan meminjam uang di bank, rasanya terdapat banyak keuntungan apalagi dari sisi kecepatan mendapatkan pinjaman.

READ MOREright-icon