Ciri 4 Modus Penipuan Telepon Yang Mengatasnamakan Kredit Pintar

15 Oct 2021 by Rindang Maulidia

Hingga hari ini, Kredit Pintar telah mencatat ada banyak penipuan dengan berbagai modus penipuan telepon yang mengatasnamakan Kredit Pintar dan mengaku bisa menyediakan dana pinjaman tanpa jaminan. Layanan pinjaman yang mereka tawarkan, sangat mirip dengan apa yang disediakan Kredit Pintar. 

Akan tetapi, ada satu hal yang membuat penipu dan Kredit Pintar berbeda, yaitu pemanfaatan teknologi kecerdasan artifisial, atau artificial intelligence. Dengan adanya fitur tersebut, Kredit Pintar bisa melakukan pengecekan riwayat pinjaman dari Sobat Pintar secara akurat dalam waktu yang cepat, sehingga Sobat Pintar bisa mengajukan pinjaman hanya dalam waktu 3 menit dengan menggunakan selfie KTP.

Baca juga: Tahun ke-4 Berkontribusi, Aplikasi Kredit Pintar Bagi-bagi Hadiah Untuk Semua

Berbeda dengan oknum penipu yang tidak memiliki akses pada kecerdasan artifisial, mereka bisa saja menawarkan layanan pinjaman tanpa jaminan melalui telepon yang mengatasnamakan Kredit Pintar. Padahal, Kredit Pintar hanya menyediakan satu cara agar Sobat Pintar bisa mengajukan dana pinjaman cepat cair hanya melalui aplikasi Kredit Pintar karena telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. 

nomor penipuan

Agar Sobat Pintar tidak menjadi korban penipuan telepon yang mengatasnamakan Kredit Pintar, harap perhatikan ciri-ciri penipuannya berikut ini. 

Modus penipuan telepon 1: Bersikeras agar telepon tidak ditutup

modus penipuan

Umumnya, sebuah institusi resmi memiliki prosedur untuk menghubungi pelanggannya, yaitu dengan memperkenalkan diri secara sopan dan menanyakan kesediaannya untuk dihubungi di jam kerja.

Dengan begitu, pelanggan memiliki hak untuk memilih apakah mereka bersedia dihubungi di jam tersebut atau tidak.

Namun, hal tersebut tidak akan dilakukan oknum penipu yang melancarkan modusnya melalui telepon dengan mengatasnamakan Kredit Pintar.

Mereka akan memaksa dan meminta calon korbannya untuk mendengarkan penawaran layanan pinjaman cepat cair tanpa jaminan.

Apabila penelepon terkesan memaksa dan menggunakan bahasa yang kurang sopan, Sobat Pintar harus waspada, karena itulah cara yang mereka lakukan untuk mendesak kalian agar panik dan lengah, sehingga mereka bisa menjalankankan modusnya dengan lancar. 

Saran kami, segera tutup telepon tersebut dan lakukan pemblokiran kontak tersebut agar pelaku tidak bisa menghubungi Sobat Pintar lagi di kemudian hari.

Modus penipuan telepon 2: Minta memberikan OTP

penipuan telepon

Kode OTP seringkali menjadi incaran utama dari penipu untuk membajak akun Kredit Pintar.

OTP adalah one time password  yang menjadi tahapan verifikasi bagi pengguna Kredit Pintar untuk mengakses aplikasi Kredit Pintar serta layanan di dalamnya.

OTP bersifat rahasia dan hanya berlaku dalam jangka waktu kurang dari 30 menit.

Dengan begitu, celah ini dimanfaatkan penipu dengan menelepon calon korban dan mengaku sebagai staff CS Kredit Pintar untuk mendapatkan Kode OTP yang dikirimkan oleh sistem aplikasi Kredit Pintar ke nomor, Sobat Pintar.

Apabila penelepon mendesak Sobat Pintar untuk memberikan OTP dengan menggunakan ancaman penyebaran data dan sebagainya, maka kami sarankan agar Sobat Pintar menutup telepon tersebut.

Kode OTP bersifat rahasia dan tidak boleh diberikan ke siapapun, bahkan pada pihak yang mengaku sebagai staff Kredit Pintar.

Penggunaan kode OTP Kredit Pintar, hanya berlaku di aplikasi Kredit Pintar agar pengguna aplikasi bisa mengakses langsung berbagai layanan yang disediakan oleh Kredit Pintar.

Selain itu, apabila penelepon tidak berhasil mendapatkan Kode OTP Kredit Pintar, akan ada kemungkinan mereka akan meminta data diri Sobat Pintar berupa; nomor identitas dan bahkan nama Ibu Kandung.

Baca juga: 3 Cara Dapat Uang 500rb Sehari: Direkomendasikan Oleh Kredit Pintar

Sobat Pintar, jangan juga berikan data tersebut melalui nomor telepon perusahaan perbankan sebagai bagian dari customer service resmi.

Apabila ada nomor pribadi yang mengatasnamakan Kredit Pintar meminta data tersebut, kami menganjurkan Sobat Pintar menutup telepon tersebut dan melaporkannya ke customer service Kredit Pintar.

Modus penipuan telepon 3: Pengembalian dana

Penipu melakukan panggilan telepon ke calon korban dan menawarkan layanan pinjaman cepat cair tanpa jaminan.

Jika calon korban setuju, penipu akan mengirimkan form nasabah untuk dilengkapi, sehingga mereka bisa menjalankan skenarionya dengan berpura-pura memproses data yang diberikan.

Setelah itu, penipu akan mengirimkan email menggunakan alamat email bodong yang mengatasnamakan Kredit Pintar dan memberitahukan pinjaman telah masuk ke rekening Sobat Pintar dengan nominal lebih banyak.

Dengan begitu, Sobat Pintar akan diminta untuk melakukan pengembalian kelebihan nominal tersebut dengan metode transfer yang ditujukan untuk pemilik atas nama pribadi.

Berikut adalah kronologi selengkapnya.

  1. Calon korban mendapatkan notifikasi bahwa pinjaman dana telah dicairkan ke rekening mereka.
  2. Calon korban mendapatkan email yang berisi pesan agar nasabah tidak menggunakan dana pinjaman yang sudah cair karena pihak yang mengatasnamakan Kredit Pintar hendak melakukan pengecekan. Setelahnya, mereka akan diminta untuk mengirimkan kembali dana tersebut karena telah terjadi kesalahan sistem sehingga dana ditransfer dari Kredit Pintar ke korban sebanyak dua kali.
  3. Apabila nasabah tidak segera mengembalikan uang tersebut, maka mereka akan mendapatkan teror melalui telepon agar merasa terdesak dan segera melakukan pengembalian dana.

Perlu diingat, Kredit Pintar tidak pernah mengirimkan dana berlebihan ke rekening nasabah karena pengajuan pinjaman sudah dijalankan secara otomatis secara akurat oleh sistem, dengan menggunakan kecerdasan artifisial.

Penelpon meminta korban untuk mengirimkan uang muka guna proses pengajuan pinjaman

Beberapa Sobat Pintar melaporkan bahwa mereka pernah mendapatkan tawaran pinjaman uang cepat cair melalui akun instagram bodong yang mengaku sebagai Kredit Pintar.

Mereka diminta mengisi data diri melalui DM agar bisa mengakses pinjaman tersebut.

Setelahnya, penipu akan melakukan follow up melalui telepon dan mendesak calon korban untuk mengirimkan sejumlah uang muka agar pinjaman segera bisa diproses.

Padahal, sebagai aplikasi pinjaman yang menyediakan dana cepat cair, Sobat Pintar bisa mengakses pinjaman secara gratis melalui aplikasi Kredit Pintar yang bisa didownload melalui Play Store.

Sobat Pintar, itulah berbagai ciri modus penipuan telepon yang mengatasnamakan Kredit Pintar. 

Tetap berhati-hati terhadap segala modus akun palsu yang mengatasnamakan Kredit Pintar.

Baca juga: Tips Bayar Hutang sampai Lunas dengan Cepat, Tanpa Ribet!

Apabila Sobat Pintar mengalami kesulitan pinjam dana menggunakan Kredit Pintar, melaporkan nomor penipuan yang mengatasnamakan Kredit Pintar, dan memberikan kritik dan saran seputar produk dan layanan Kredit Pintar, Sobat Pintar bisa menghubungi berbagai kanal layanan pelanggan berikut ini.

Sosial Media

Kirimkan kritik dan saran melalui sosial media Kredit Pintar berikut ini: 

  • Facebook : Kredit Pintar
  • Twitter : @KreditPintar
  • Instagram : KreditPintar
  • Email Kredit Pintar: cs@kreditpintar.com
  • Facebook Chatbot

Kunjungi halaman Kredit Pintar yang memiliki tanda centang biru di facebook dan manfaatkan fitur chatbot yang otomatis akan terbuka dari halaman Kredit Pintar.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

19 Oct 2021
mobile-closeKredit PintarDownload