Ini Cara Pengembalian Barang di Shopee

29 Jul 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 21 Sep 2022

Zaman sekarang, hampir semua orang sering belanja online karena sangat mudah dan praktis. Sayangnya, kekurangan dari belanja online adalah pembeli tidak dapat melihat secara langsung barang yang diinginkan, sehingga sering mendapatkan barang yang kurang memuaskan. Untungnya, sekarang ada fitur return yang memudahkan pelanggan untuk mengembalikan barang yang tidak sesuai dan cara pengembalian barang di Shopee cukup mudah.

Fitur return ini memang diperuntukkan kepada pembeli yang mendapatkan barang atau pesanan yang tidak sesuai atau dalam kondisi yang sudah rusak. Harapan Shopee memberikan fitur ini supaya seller bisa jauh lebih berhati-hati dalam mengirimkan barang kepada konsumen dan mengurangi kerugian bagi para konsumennya.

Jika Sobat Pintar menjadi telah menjadi korban yang mendapatkan barang yang tidak sesuai, kali ini Kredit Pintar akan menjelaskan beberapa syarat pengajuan pengembalian barang dan juga cara pengembalian barang di Shopee. Yuk simak penjelasannya berikut ini!

Syarat Pengembalian Barang di Shopee

Cara Pengembalian Barang di Shopee

Sebelum Sobat Pintar mengajukan pengembalian barang di marketplace Shopee, Sobat Pintar harus pahami terlebih dahulu kebijakan pengembalian barang dan dana dari Shopee. Berikut adalah persyaratannya.

  1. Pelanggan Shopee dapat mengajukan pengembalian barang apabila status pesanan belum diterima, kondisi barang rusak, dan barang tidak sesuai dengan pesanan.
  2. Pelanggan dapat mengembalikan pesanan apabila sudah mendapatkan persetujuan dari penjual atau seller.
  3. Penjual atau seller berhak menolak pengembalian barang apabila alasan atau bukti yang diberikan oleh pembeli tidak kuat. Seperti adanya indikasi penipuan dan lain-lain.
  4. Kedua belah pihak harus memiliki kesepakatan yang sama apabila pembeli mendapatkan barang yang kurang sesuai, maka pesanan tersebut dapat diajukan pengembalian atau refund.
  5. Jangka waktu pengembalian barang tidak boleh melewati masa garansi dari Shopee.
  6. Pembeli harus bisa memberikan bukti valid kesalahaan pesanan saat menerima barang.
  7. Pembeli belum menekan “Pesanan Selesai” saat menerima pesanan.
  8. Refund akan disetujui apabila penjual atau seller sudah menerima barang yang sudah dikembalikan oleh pembeli.
  9. Refund akan diberikan berupa saldo Shopeepay sesuai dengan metode pembayaran yang dilakukan.

Baca juga: Cara Praktis Bayar Tagihan Shopee Paylater

Cara Pengembalian Barang di Shopee

Cara pengembalian barang di Shopee

Marketplace Shopee memiliki dua jenis toko yang berbeda, yaitu Shopee Mall dan star seller Shopee. Dengan begitu, sistem pengembalian barang di kedua jenis toko tersebut akan sedikit berbeda sesuai dengan ketentuan penjual masing-masing.

Cara Pengembalian Barang di Shopee di Star Seller

Jika Sobat Pintar belanja di toko “Star Seller” maka Sobat Pintar dapat mengikuti cara pengembalian barang di Shopee Star Seller berikut ini:

  1. Pertama, buka aplikasi Shopee di smartphone Sobat Pintar.
  2. Lalu, masuk ke laman profile dan klik menu “Saya” yang terletak di pojok kanan.
  3. Lalu, masuk ke menu “Pesanan Saya” dan pilih menu “Dikirim.”
  4. Kemudian, pilih produk yang bermasalah dan tekan halaman “Rincian Pesanan.”
  5. Pada bagian bawah pesanan, cari tulisan “Ajukan Pengembalian” dan klik tombol tersebut.
  6. Pilih produk atau pesanan yang ingin dikembalikan kepada penjual.
  7. Jelaskan alasan mengapa mengajukan pengembalian barang. Pastikan alasan tersebut sesuai dengan kondisi dari produk yang sudah kalian terima.
  8. Jangan lupa untuk masukkan bukti-bukti seperti produk foto, video, dan tulis alasan kenapa barang tersebut bermasalah pada kolom keterangan.
  9. Setelah itu, pilih jasa kirim. Sobat Pintar dapat memilih opsi pengiriman pengembalian barang, lalu klik “Konfirmasi.”
  10. Setelah itu, masukkan alamat email yang aktif.
  11. Terakhir, tekan tombol “Kirimkan dan Selesai.” Setelah itu, tunggu tanggapan dari seller untuk persetujuan pengembalian barang.

Cara Pengembalian Barang di Shopee Mall

Jika Sobat Pintar berbelanja di Shopee Mall dan ingin mengajukan return, cara pengembalian barang di Shopee Mall tidak jauh berbeda dengan Shopee Star Seller.

Namun, saat mengajukan pengembalian barang di Shopee Mall, Sobat Pintar harus pastikan bahwa pesanan yang bermasalah masih dalam masa garansi dan Sobat Pintar belum menyelesaikan pesanan atau memencet tombol “Pesanan Diterima.”

Berikut adalah panduan mengajukan pengembalian barang di Shopee Mall:

  1. Pertama, buka aplikasi Shopee dan masuk ke profile.
  2. Lalu, pilih menu “Pesanan Saya” dan cari menu “Dikirim.”
  3. Cari pesanan yang ingin Sobat Pintar kembalikan kepada penjual.
  4. Lalu, pilih menu “Ajukan Pengembalian” yang terletak di pojok kiri layar.
  5. Setelah itu, pilih produk yang ingin dikembalikan.
  6. Jangan lupa untuk memberikan alasan mengapa mengajukan pengembalian barang. Perlu diketahui, ada beberapa kebijakan pengembalian barang di Shopee Mall, diantaranya adalah:
    • Tidak menerima barang pesanan.
    • Produk yang telah diterima tidak lengkap.
    • Pembeli menerima produk yang salah.
    • Produk diterima dalam kondisi rusak.
    • Kondisi fisik produk sudah rusak.
    • Produk pesanan tidak asli atau orisinil.
  7. Setelah menjelaskan alasan pengembalian barang, selanjutnya sertakan bukti foto produk atau video dan tulis keterangannya.
  8. Setelah itu, Sobat Pintar dapat memilih solusi yang diinginkan dari return. Di Shopee menawarkan dua solusi yang berbeda:
    • Pengembalian barang dan dana
    • Pengembalian sebagian dana tanpa mengembalikan barang.
  9. Terakhir, pilih opsi pengiriman barang.

Cara Retur Barang di Shopee

Perlu Sobat Pintar ketahui, dalam mengembalikan barang di Shopee memiliki batas waktu, yaitu 5 hari setelah pengajuan diterima. Berikut adalah cara retur barang di Shopee:

  1. Buka aplikasi dan masuk ke halaman “Rincian Pengembalian.”
  2. Lalu, Sobat Pintar bisa melihat Petunjuk Pengiriman dan klik tombol “Lihat Instruksi.”
  3. Setelah itu, masuk ke laman “Upload Resi” dan pilih Jasa Kirim, Nomor Resi, dan Tambah Foto.
  4. Setelah itu, Sobat Pintar dapat melihat detail pengembalian barang di laman “Rincian Pengembalian.”

Apakah Bisa Refund Diganti Return di Shopee?

Cara Pengembalian Barang di Shopee

Untuk hal yang satu ini sebenarnya tergantung dari kebijakan penjual. Bisa saja penjual hanya menerima refund atau menawarkan opsi return kepada pembelinya. Namun biasanya penjual akan lebih memilih untuk opsi refund karena mereka bisa merasa rugi karena harus mengirimkan barang baru kepada pembeli.

Maka dari itu, banyak seller yang lebih memilih menawarkan opsi refund (pengembalian dana) daripada return (pengembalian barang baru) kepada pembeli. 

Untuk lebih pastinya, Sobat Pintar bisa menanyakan langsung kepada penjual terkait sistem pengembalian barang di toko mereka. Dengan begitu, kedua belah pihak akan terhindar dari kesalahpahaman.

Sudah Paham Cara Pengembalian Barang di Shopee?

Begitulah cara pengembalian barang di Shopee Star Seller dan Shopee Mall. Terlepas dari panduan ini, Sobat Pintar tetap harus berkomunikasi secara langsung kepada penjual tentang sistem pengembalian barang di mereka. Biasanya, beda toko berbeda pula ketentuan dan kebijakan pengembalian barang.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download