4 Pinjaman Modal Usaha Ini Bisa Jadi Solusi Bisnis Anda

25 Jun 2021 by Laruan
4 Pinjaman Modal Usaha Ini Bisa Jadi Solusi Bisnis Anda

Banyak masyarakat yang tertarik dengan dunia usaha. Tidak hanya para pengusaha dan perintis yang tengah membangun dan mengembangkan usaha mereka, tetapi banyak pula masyarakat yang mulai berpikir untuk mulai membuka usahanya. Sayangnya, seringkali niat membuka usaha terhambat karena masalah modal. Yuk simak apa dan bagaimana cara memperoleh pinjaman modal usaha berikut ini!

Pentingnya Modal Usaha

Modal dalam awal mula pembukaan usaha memiliki fungsi yang sangat fatal dan penting. Bahkan bagi usaha yang telah berkembang sekali pun, modal tetap menjadi fokus utama karena usaha bisa sewaktu-waktu butuh suntikan modal apabila pendapatan atau pemasukan usaha mengalami penurunan. Modal dijadikan sebagai pondasi untuk mulai membangun suatu operasional usaha.

Meskipun tidak menjadi satu-satunya kunci untuk membawa usaha menuju kesuksesan, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa apabila tidak ada modal, seseorang cenderung takut untuk memulai usaha. Tidak heran karena modal usaha merupakan capital yang sangat diperlukan untuk membangun tatanan awal usaha agar bisa menghasilkan suatu produk baik itu jasa maupun barang.

Sebenarnya, ada banyak cara untuk bisa memperoleh sumber pendanaan sebagai modal usaha. Sobat Pintar bisa menggunakan uang atau tabungan pribadi. Namun apabila uang pribadi Sobat Pintar masih belum mampu atau cukup untuk menutupi kebutuhan awal usaha, Sobat Pintar bisa mencari sumber pendanaan yang lain. Misalnya adalah dengan mencari investor atau teman yang mau menanamkan modal, atau dengan mencari pinjaman modal bisnis.

Pinjaman Bank

Ada banyak pihak yang bisa dijadikan sebagai sumber pendanaan dengan jalan meminjam. Misalnya adalah lembaga-lembaga keuangan seperti bank. Sejak dulu, sebelum muncul beragam lembaga keuangan ataupun lembaga non keuangan yang lain, bank menjadi solusi untuk kebutuhan dana pinjaman, termasuk untuk pinjaman modal bisnis.

Pinjaman bank pada saat ini bahkan bisa diajukan tanpa perlu menyertakan jaminan atau agunan apapun. Pinjaman jenis ini sering disebut dengan KTA atau Kredit Tanpa Agunan. Bank telah lama pula menyediakan layanan peminjaman modal dengan sistem KTA sehingga Sobat Pintar tidak perlu dipusingkan terkait jaminan atau agunan apa yang bisa Sobat Pintar jaminkan kepada pihak bank.

Ada beragam bank yang menyediakan layanan pinjaman modal dengan sistem KTA. Pada umumnya, syarat yang dibutuhkan adalah nasabah telah berusia setidaknya 21 tahun dan paling maksimal berusia 65 tahun. Bagi seorang nasabah yang berstatus karyawan, paling tidak telah memiliki masa kerja setahun dengan minimal gaji sebanyak 5 juta rupiah.

Selanjutnya, untuk nasabah yang memiliki usaha sendiri, setidaknya usia usaha yang dimiliki telah menempuh minimal sepanjang 2 tahun. Dan untuk nasabah yang memiliki profesi sebagai profesional mandiri, diperlukan adanya tempat praktik yang telah teregistrasi secara hukum dengan dibuktikan akta secara hukum pendirian praktik profesi.

Ada pun berkas yang umumnya dibutuhkan adalah salinan identitas diri seperti KTP atau SIM pribadi nasabah, salinan NPWP, salinan Kartu Keluarga, rekening Koran tabungan sepanjang 3 bulan terakhir, dan jika nasabah sudah menikah, diperlukan pula salinan Akta Nikah. Terdapat pula tambahan dokumen lainnya seperti surat keterangan penghasilan atau yang kerap disebut dengan slip gaji karyawan, bagi professional dibutuhkan SIP atau Surat Izin Praktik, dan untuk pengusaha dibutuhkan SIUP atau TDP.

Pinjaman Fintech Untuk Modal Usaha

Selain bank, Sobat Pintar juga bisa mendapatkan pinjaman modal bisnis dari lembaga fintech. Pinjaman fintech biasanya dapat diajukan secara online. Ada banyak aplikasi fintech yang telah terdaftar resmi dan diawasi langsung oleh badan OJK atau Otoritas Jasa Keuangan sehingga bersifat legal dan aman. Fintech yang telah terdaftar OJK tentu saja akan memiliki kebijakan yang tidak mencekik baik dalam hal bunga pinjaman maupun tenor.

Contoh fintech yang menyediakan pinjaman fintech secara online tanpa agunan adalah kredit pintar. Kredit Pintar merupakan fintech lending yang menyediakan beragam jenis pinjaman. Tidak hanya untuk modal usaha, untuk keperluan pendidikan, kesehatan, konsumtif, renovasi, pembelian barang elektronik, dan lain sebagainya bisa dilayani oleh Kredit Pintar. Tentu saja aplikasi fintech lending yang satu ini juga telah terdaftar resmi dan diawasi oleh OJK.

Pinjaman E-Commerce

Tidak hanya bank dan lembaga fintech saja yang dapat Sobat Pintar jadikan solusi untuk mendapatkan pinjaman modal usaha. E-commerce atau marketplace yang biasanya dikenal sebagai aplikasi berbelanja online atau online shop ternyata juga menyediakan pinjaman tunai secara online yang bisa dicairkan secara instan. Sobat Pintar bisa memperoleh pinjaman modal mulai dari 2 juta rupiah hingga 2 miliar rupiah.

Ada pun syarat untuk mengajukan pinjaman e-commerce adalah dengan menyiapkan foto KTP, foto NPWP jika perlu, foto Kartu Keluarga, beberapa data diri seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan pengisian pengajuan yang dilakukan melalui website maupun aplikasi e-commerce terkait. Dana pinjaman e-commerce dapat cair secara instan dengan tenor mulai dari 28 hari hingga 36 bulan.

Pinjaman Pemerintah Untuk Modal Usaha

Tak hanya lembaga BUMN dan swasta saja yang dapat menjadi sumber untuk mendapatkan dana pinjaman modal usaha. Pemerintah memiliki program pendanaan yang kerap disebut dengan KUR atau Kredit Usaha Rakyat. Program ini difokuskan untuk menyasar para UMKM atau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Program KUR yang diselenggarakan pemerintah ini memiliki plafon yang cukup lumayan untuk ukuran UMKM, yaitu maksimal sebesar 50 juta rupiah. Bunga pinjaman yang diberikan pun tergolong sangat terjangkau karena hanya sebesar 6% saja setiap tahunnya. Pinjaman pemerintah ini pada umumnya memiliki tenor pinjaman hingga mencapai 24 bulan.

Ada pun cara mengajukan pinjaman tersebut adalah dengan pembuktian bahwa nasabah memiliki usaha yang setidaknya telah dijalankan selama kurang lebihnya 6 bulan, nasabah tidak tengah menjadi penerima aktif kredit dari suatu bank apapun kecuali program KKB, KPR, dan juga kartu kredit. Dokumen yang diperlukan adalah salinan Kartu Keluarga, KTP atau identitas diri berupa SIM maupun paspor, dan juga SIUP.

Nasabah yang mengajukan pinjaman tersebut juga diharuskan seseorang yang namanya tidak terdaftar dalam daftar hitam pada Bank Indonesia. Usia minimal pengaju adalah 21 tahun dan paling maksimal 60 tahun. Nasabah bisa mengajukan pinjaman tersebut dengan online melalui situs KUR maupun dengan mendatangi langsung kantor cabang bank BRI maupun Mandiri yang ditunjuk sebagai bank yang mengelola program KUR pemerintah.

Demikianlah beberapa cara mendapatkan pinjaman modal usaha. Apabila Sobat Pintar tidak memungkinkan untuk meminjam pada lembaga keuangan seperti pinjaman bank maupun pinjaman pemerintah, maka meminjam pada fintech lending seperti Kredit Pintar merupakan solusi yang tepat karena dana modal yang Sobat Pintar butuhkan dapat cair dalam hitungan menit dan tanpa perlu proses yang bertele-tele. Segera wujudkan usaha impian Sobat Pintar dengan sumber pendanaan modal yang tepat!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload