Transaksi Lebih Mudah dengan Cashless

12 Oct 2021 by Laruan

Kehidupan dunia modern menyebabkan masyarakat semakin dekat dengan teknologi. Bahkan hampir semua aspek kehidupan manusia saat ini sangat bergantung kepada keberadaan teknologi. Salah satu diantaranya adalah sistem pembayaran. Seiring dengan tumbuhnya dunia digital metode pembayaran pada berbagai transaksi pun kian berubah, salah satu yang banyak berkembang saat ini adalah metode cashless

Cashless sendiri merupakan sebuah kata bahasa inggris yang berarti tanpa uang tunai. Dengan demikian metode pembayaran dengan sistem tersebut bermaksud untuk mengurangi penggunaan uang tunai dan menggantinya dengan sistem data digital.

Banyak negara yang sudah menerapkan metode ini termasuk Indonesia. Di negara kita penerapan sistem tersebut sudah banyak dilakukan dalam beberapa tahun terakhir dan masyarakat sudah mulai dapat beradaptasi dengan metode pembayaran digital ini. Salah satu contoh penggunaannya di Indonesia adalah pada pembayaran tol. 

Apa fungsi metode cashless?

Keberadaan teknologi selalu bertujuan untuk memudahkan aktivitas manusia, begitu juga dengan penerapan metode pembayaran tanpa uang tunai pada sistem pembayaran, tidak lain bertujuan untuk memberikan manfaat kepada masyarakat selaku pengguna termasuk kepada negara. 

Pembayaran tanpa uang tunai akan membuat hidup anda lebih praktis dan mudah, karena Sobat Pintar tidak perlu lagi membawa banyak uang tunai di dalam tas yang dapat membuat Sobat Pintar was-was saat melakukan perjalanan di tempat ramai yang rawan kejahatan. Metode ini dinilai nyaman digunakan karena dapat mengurangi resiko uang hilang yang kerap dialami oleh masyarakat saat bepergian. 

Sistem uang elektronik ini telah banyak digunakan di berbagai negara, sehingga anda dapat menggunakannya kemanapun anda pergi termasuk ke luar negeri tanpa perlu repot-repot membawa uang tunai. 

Sistem ini sudah menggunakan teknologi canggih yang tersistem sehingga kita dapat melihat riwayat transaksi yang telah kita lakukan dengan mudah. Hal ini tentu sangat menguntungkan kita dalam mengelola keuangan. 

Manfaat lain dari metode pembayaran digital ini adalah dapat menaikkan pajak negara. Dengan demikian pendapatan negara akan meningkat. Negara juga dapat dengan mudah mengawasi berbagai transaksi yang dilakukan oleh masyarakat karena adanya akses terhadap laporan-laporan keuangan melalui media elektronik yang sangat mudah. 

Manfaat selanjutnya yang dapat dirasakan adalah meminimalisir terjadinya kecurangan seperti korupsi dan kolusi pada pihak-pihak tertentu yang melayani berbagai transaksi ekonomi publik karena tidak adanya perpindahan uang secara fisik. 

Sistem pembayaran tanpa uang tunai dinilai lebih hemat dari segi perawatan, penyebaran dan penerbitannya. Hal ini juga tentu menguntungkan negara dalam penghematan anggaran. Selain itu, metode ini juga dapat mengurangi terjadinya penyalahgunaan uang palsu yang dapat menimbulkan kerugian dalam kehidupan masyarakat.

Jenis-jenis pembayaran tanpa cashless

Adapun beberapa jenis pembayaran tanpa uang tunai yang sudah dikenal masyarakat Indonesia adalah:

  1. Uang elektronik (e-money)

Seperti sebutannya, e-money berarti uang dalam bentuk digital. Biasanya disediakan dalam bentuk kartu seperti kartu ATM. Dengan kartu ini Sobat Pintar bisa melakukan banyak transaksi tanpa perlu membawa uang tunai, cukup dengan menggesek atau memindai kartu saja. Di Indonesia penggunaan e-money sudah banyak diterapkan pada pembayaran berbagai mode transportasi seperti busway, commuter line, MRT, dan LRT.

E-money telah  dirilis oleh beberapa bank di Indonesia seperti mandiri e-money, flazz BCA dan BRI Brizzi yang dapat Sobat Pintar gunakan untuk melakukan transaksi di berbagai gerai perbelanjaan, swalayan, mall, pom bensin dan supermarket.

  1. Rekening ponsel

Rekening ponsel merupakan salah satu jenis pembayaran digital yang dilakukan secara online dengan memanfaatkan nomor telepon pengguna. Tujuannya adalah agar dapat memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi tanpa perlu mengingat nomor rekening bank, karena untuk dapat mengakses rekening yang Sobat Pintar perlukan hanya memasukkan nomor telepon yang telah Sobat Pintar daftarkan sebelumnya. Sangat mudah bukan?

Kelengkapan fitur dari rekening ponsel tidak perlu diragukan lagi, semuanya tersedia untuk memenuhi berbagai kebutuhan transaksi Sobat Pintar. Termasuk dalam menyelesai pembayaran tagihan kredit pintar Sobat Pintar. 

  1. Tabungan digital

Dengan adanya tabungan digital sebagai salah satu jenis transaksi tanpa uang tunai, maka Sobat Pintar tidak perlu lagi datang secara langsung ke bank untuk membuka tabungan. Karena semua dapat dilakukan dari rumah menggunakan jaringan internet di ponsel Sobat Pintar.

Kelebihan metode pembayaran tanpa uang tunai

Selanjutnya mari kita simak berbagai keunggulan dari cashless yang dapat menjadi bahan pertimbangan bagi masyarakat agar dapat menggunakannya. 

  1. Mudah dan praktis

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa metode ini dapat menghemat waktu karena tidak perlu membawa uang tunai ketika melakukan transaksi terutama bagi Sobat Pintar yang melakukan transaksi dalam jumlah besar. 

  1. Mencegah tindakan kejahatan.

Karena prosesnya yang aman tanpa melibatkan uang cash, maka metode ini dapat membantu Sobat Pintar terlindung dari berbagai tindakan kriminal seperti pencurian, penipuan dan perampokan yang mungkin saja terjadi karena kondisi medan yang ramai seperti di transportasi umum. 

  1. Promo menarik

Salah satu keuntungan yang dapat dirasakan secara langsung oleh pengguna adalah adanya promo menarik yang ditawarkan oleh berbagai pusat perbelanjaan, coffee shop, bakery, dan restoran yang merupakan hasil kerjasama dengan penyedia uang elektronik tersebut.

  1. Mengurangi antrian

Karena prosesnya yang mudah, yaitu hanya dengan memindai atau menggesek kartu semua transaksi Sobat Pintar dapat diselesaikan sehingga Sobat Pintar tidak perlu mengantri lebih lama. 

  1. Tidak perlu menunggu uang kembalian.

Menunggu uang kembalian adalah salah satu kerepotan yang biasa dialami dari transaksi uang tunai, maka dengan sistem uang elektronik Sobat Pintar tidak perlu menunggu hal ini lagi karena semua transaksi Sobat Pintar akan dibayar secara otomatis sesuai dengan jumlah tagihan belanja Sobat Pintar.

  1. Pengelolaan uang menjadi lebih mudah

Kelebihan lain dari sistem transaksi digital ini adalah kesempatan pengelolaan keuangan yang jauh lebih mudah karena semua transaksi yang Sobat Pintar lakukan tercatat oleh sistem dan dapat dilacak dengan mudah. Dan apabila terjadi kejanggalan dalam transaksi Sobat Pintar, maka sistem ini dapat membantu Sobat Pintar untuk melakukan pengecekan penyalahgunaan tersebut.

Kekurangan metode pembayaran tanpa uang tunai

Meskipun memiliki banyak kelebihan, sistem uang digital cashless ini juga masih memiliki banyak kekurangan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Rawan kejahatan cyber

Kekurangan pertama, metode ini menggunakan sistem teknologi jaringan, tidak heran jika metode ini sangat rentan terhadap kejahatan dunia maya. Sehingga diperlukan sistem pengamanan yang juga ekstra agar data-data kita dapat terjaga, salah satunya caranya yaitu dengan melakukan penggantian password secara berkala.

  1. Lebih boros

Ada beberapa faktor yang menyebabkan para pengguna uang digital menjadi lebih boros, salah satunya adalah tersedianya promo menarik yang diadakan oleh vendor yang bekerjasama dengan penyedia kartu. Selain itu, para pengguna menjadi lebih boros karena merasa tidak mengeluarkan uang sama sekali meskipun telah berbelanja banyak. Hal tersebut jadi kekurangan transaksi tanpa uang tunai.

  1. Masih terbatas

Untuk saat ini transaksi uang elektronik  masih sangat terbatas karena masih sedikitnya kerja sama antara penyedia kartu elektronik dan vendor. Sehingga pengguna masih sulit untuk menemukan tempat yang dapat  melayani transaksi uang elektronik. Hal tersebut menjadikan kekurangan dari metode pembayaran ini.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
09 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload