4 Cara Mencapai Financial Freedom Dengan Efektif

02 Oct 2021 by Laruan, Last edit: 25 Nov 2021

Financial Freedom merupakan tujuan semua orang karena pada tahap ini artinya Sobat Pintar mempunyai kebebasan finansial untuk membeli apapun yang Sobat Pintar perlukan. Seseorang bisa dikatakan mempunyai kebebasan finansial ketika ia mampu membeli apapun tanpa harus melakukan kerja keras.

Hal ini karena seseorang dengan kemampuan tersebut sudah memiliki berbagai aset yang mampu menghasilkan uang dengan nilai lebih besar jika dibandingkan dengan berapa biaya hidup. Itulah mengapa sangat penting mencari tahu dan memahami tentang manajemen keuangan.

Artinya, selagi masih muda, kebiasaan mengatur dan mengelola keuangan harus sudah ditanamkan. Jadi bukan hal yang berlebihan jika orang tua mendidik anaknya supaya mempunyai tabungan di rumah ataupun di sekolah. Tujuannya adalah jika Sobat Pintar menerapkannya secara serius bisa menjadi jalan untuk mencapai kebebasan finansial di masa depan.

Jangan Tertipu Fintech Lending Abal-abal. Cegah Penipuannya Dengan Ketahui Daftar FIntech Legal OJK Terbaru!

Definisi Financial Freedom

Sobat Pintar mungkin pernah mendengar istilah besar pasak daripada tiang, sebuah nasihat klasik namun sampai sekarang tidak bisa dianggap sepele. Nasihat sederhana ini sangat erat hubungannya dengan ilmu manajemen keuangan yang artinya pengeluaran tidak boleh lebih besar daripada pendapatan setiap bulannya.

Jika Sobat Pintar sering menghadiri seminar tentang keuangan, maka konsep sederhana inilah yang sering diangkat. Banyak orang paham tentang kebebasan keuangan tetapi tidak ada komitmen tinggi untuk menjalani hal tersebut.

Dari segi pengertian, intinya financial freedom adalah bebas secara finansial, sehingga Sobat Pintar bisa tetap memperoleh penghasilan walaupun tidak sedang bekerja. Hal ini terdengar mustahil bukan? Apalagi Sobat Pintar mungkin pernah mendengar bahwa tidak ada yang gratis di dunia ini sehingga untuk memperoleh sesuatu Sobat Pintar harus bekerja keras.

Itulah mengapa, kebebasan finansial sangat berhubungan dengan aset produktif sehingga bisa memberikan penghasilan tambahan walaupun Sobat Pintar tidak mengerjakannya sendiri.

Banyak orang masih salah beranggapan tentang aset konsumtif dan Aset produktif. Aset konsumtif hanya meningkatkan beban dengan nilai jualnya yang terus menurun, sedangkan aset produktif merupakan sebuah aset yang bisa menambah penghasilan.

Lantas bagaimana konsep keuangan dan seperti apa hubungannya dengan? Apakah seseorang yang mempunyai banyak aset diartikan telah mempunyai kebebasan finansial? Semua hal tentang kebebasan finansial tidak bisa diukur dari berapa banyak aset yang Sobat Pintar punya. Tetapi semua adalah tentang bagaimana seluruh aset yang Sobat Pintar miliki bisa memberikan penghasilan secara rutin sehingga bisa memenuhi kebutuhan tanpa Sobat Pintar harus bekerja.

Agar Sobat Pintar bisa mencapai kebebasan finansial, maka Sobat Pintar harus mengenali diri sendiri terlebih dahulu karena setiap orang pasti punya Jumlah penghasilan dan kebutuhan yang berbeda.

Mengapa Financial Freedom Sangat Penting?

Banyak orang ingin mengetahui bagaimana cara mencapai kebebasan finansial dan tentunya hal ini Bukan semata trend untuk Sobat Pintar ikuti begitu saja. Ada alasan mendasar mengapa banyak orang akhirnya sadar dan mulai merubah kebiasaan.

kebebasan finansial mempunyai manfaat luar biasa karena Sobat Pintar bisa memenuhi kebutuhan sesuai kebutuhan tanpa perlu bingung dengan finansial. Hal ini juga menandakan bahwa Sobat Pintar mempunyai kondisi finansial stabil sehingga walaupun tidak bekerja selama beberapa hari ataupun beberapa minggu, Sobat Pintar sudah memperoleh penghasilan.

Manfaatnya juga bisa Sobat Pintar rasakan apalagi ketika kondisi tubuh sedang dalam keadaan kurang sehat atau bahkan sangat berguna saat masa senja. Sobat Pintar yang bekerja keras di saat muda dan memikirkan kebebasan finansial, maka kemungkinan besar bisa menikmati hasil pekerjaan dari seluruh aset produktif sehingga bisa beristirahat atau pensiun dan menikmati hidup tanpa ada beban finansial lagi.

Seluruh aset produktif merupakan bagian dari kekayaan dan tetap memberikan penghasilan jadi Sobat Pintar tidak perlu menjual aset untuk memperoleh hasil tetapi mempertahankan aset untuk memperoleh penghasilan.

Jika Sobat Pintar tidak ingin bekerja terus-menerus sampai usia senja, atau Jika Sobat Pintar ingin menikmati hasil kerja keras di masa senja, maka konsep kebebasan finansial wajib Sobat Pintar pikirkan pada saat ini.

Bisa Sobat Pintar bayangkan bagaimana enaknya liburan tanpa harus khawatir dengan uang yang habis dan Sobat Pintar tinggal berangkat begitu saja. Bahkan walaupun Sobat Pintar sedang tidur, aset produktif terus berjalan dan menghasilkan menghasilkan. Untuk itu sebagai kaum milenial sudah saatnya mewujudkan mimpi ini dengan merubah kebiasaan hidup dan fokus terhadap berbagai aset produktif saat ini.

Bagaimana Cara Mencapai Financial Freedom

Jika Sobat Pintar tidak ingin kehabisan uang terus-menerus setiap bulannya, ada beberapa cara yang dapat Sobat Pintar lakukan supaya bisa mencapai kondisi bebas secara finansial. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Sobat Pintar lakukan untuk mencapai kebebasan finansial.

1. Pelajari kondisi keuangan agar

siapa pun bisa mencoba konsep bebas secara finansial dengan memulai berapapun penghasilan setiap bulannya. Kebebasan finansial tidak ada hubungannya dengan nominal penghasilan yang Sobat Pintar peroleh per bulan Tetapi lebih cenderung kepada bagaimana supaya penghasilan Sobat Pintar bisa mencukupi semua kebutuhan. Cara terbaiknya adalah dengan mempelajari terlebih dahulu seperti apa kondisi keuangan termasuk pemasukan dan pengeluaran.

Buatlah rincian pemasukan dan pengeluaran setiap bulan untuk mencari tahu apakah pendapatan dari pekerjaan yang Sobat Pintar lakukan di saat ini bisa menutup seluruh keperluan dan pengeluaran.

Sobat Pintar juga harus mencari tahu jumlah kebutuhan yang harus Sobat Pintar penuhi setiap bulan termasuk rincian biayanya sehingga Sobat Pintar bisa menentukan apakah penghasilan saat ini sudah lebih tinggi dibandingkan pengeluaran atau justru malah sebaliknya.

2. Pelajari cara mengelola keuangan

pengeluaran bisa lebih besar dari pendapatan dan hal ini tidak akan membawa Sobat Pintar kepada kebebasan finansial Selama masih senang beli barang mewah atau bersifat konsumtif. Dalam hal ini ada hal yang harus diperbaiki, yaitu cara Sobat Pintar mengelola keuangan.

Coba untuk membuat anggaran keuangan secara bijak untuk mengetahui apa saja kebutuhan yang dibutuhkan secara wajib. Jika Sobat Pintar berkomitmen menerapkan kebebasan secara finansial bersama pasangan, melakukan diskusi dan mulai susun anggaran sesuai kebutuhan termasuk untuk bayar cicilan, beli bahan pokok, atau lainnya. Komunikasikan semuanya dan buat pengeluaran jadi lebih teratur sehingga kondisi keuangan bisa lebih stabil.

3. Sumber pendapatan tambahan

Mumpung usia masih muda, mencari penghasilan tambahan adalah kegiatan produktif sehingga Sobat Pintar bisa menjadi seorang freelancer, memulai bisnis dengan jualan Atau lainnya selama tidak mengganggu pekerjaan utama. Pastikan juga bahwa Sobat Pintar berkomitmen untuk mengumpulkan sebanyak mungkin penghasilan supaya bisa mencapai kebebasan finansial.

4. Investasi

Cara lainnya untuk mencapai kebebasan finansial yaitu mulai memikirkan investasi. Nominal uang yang Sobat Pintar miliki saat ini pasti berbeda dengan nominal uang tersebut di masa depan karena adanya inflasi. Jika Sobat Pintar menyimpan uang di bank, inflasi, potongan pajak, dan biaya administrasi membuat nilai uang yang Sobat Pintar miliki akan terus berkurang.

Hal tersebut tidak akan terjadi jika Sobat Pintar menggunakan uang untuk berinvestasi karena uang untuk investasi membuat nilainya terus bertambah. Itulah mengapa cara ini lebih baik daripada sekedar membiarkan uang mengendap dalam tabungan secara terus-menerus. Beberapa contoh instrumen Investasi adalah properti, saham, emas, dan lainnya.

Gebyar Promo Shopee 9.9 2021 Siap Menyambut Sobat Pintar Yang Hobi Belanja, Cek Info Selengkapnya di Sini!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
25 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload