Apa Manfaat Menabung Sejak Dini Bagi Masa Depan Anda?

21 Apr 2021 by Laruan
manfaat menabung

Menabung merupakan istilah yang artinya adalah suatu aktifitas yang dilakukan untuk menyimpan uang untuk mencukupi keperluan di masa mendatang. Mungkin kita sudah tahu apa manfaat menabung bagi masa depan kita. Banyak anak-anak maupun orang dewasa yang sudah berpenghasilan tahu betul apa manfaat menabung sehingga mereka berlomba-lomba untuk menyisihkan uang. Nah, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan, maka kita perlu untuk menentukan prioritas uang yang akan kita keluarkan. Salah satu cara agar kita memiliki finansial yang cukup pada saat-saat mendesak adalah dengan menabung.

Manfaat menabung sejak dini bagi masa depan

Apa manfaat menabung sejak dini bagi masa depan? Dengan menyisihkan uang untuk ditabung, anda sudah berkontribusi untuk mengatur keuangan yang anda miliki. Menabung juga dapat mencegah kita untuk membeli sesuatu yang tidak ada gunanya. Orang yang gemar menabung akan memiliki masa depan yang tercukupi secara finansial.

Selain belajar untuk hidup hemat, menabung akan mencegah anda untuk berhutang. Dalam hidup ini banyak hal yang tidak terduga. Seperti contoh, kita mungkin mengalami sakit atau kecelakaan atau sedang dalam masa –  masa sulit sehingga mau tidak mau kita harus meminjam uang. Dengan memiliki tabungan, anda tidak perlu repot –  repot mencari pinjaman kesana kemari karena anda sudah mempersiapkannya sejak dini.

Selain untuk berjaga – jaga, menabung juga penting sebagai persiapan di masa tua kita. Saat kita sudah pensiun dari pekerjaan kita nanti, mungkin kita sudah tidak memiliki penghasilan lagi. Namun kita masih harus memenuhi kebutuhan hidup kita. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk tahu apa manfaat menabung dan mulai menabung sedini mungkin demi mencukupi kebutuhan pada saat pensiun nanti.

Jika anda berniat untuk mulai menabung, berikut ini cara menabung uang, tips menabung yang bisa anda lakukan untuk memperbanyak tabungan anda. Langsung saja kita pelajari cara menabung uang, tips menabung yang baik berikut ini.

Cara menabung untuk masa depan

masa depan

Buatlah prioritas untuk menyisihkan 10 persen gaji anda untuk ditabung

Saat anda sudah menerima gaji, usahakan untuk mengambil paling tidak 10 persen dari pendapatan anda untuk ditabung. Jika anda menambah menjadi 20 persen maka itu juga lebih baik.

Jika anda baru saja dalam tahap memulai untuk menabung, sisihkanlah 10 persen saja agar tidak memberatkan diri anda. Apabila pendapatan bersih anda adalah 3 juta perbulan, maka anda perlu untuk menabung sebesar Rp. 300.000.

Sebaiknya anda langsung sisihkan uang anda untuk segera ditabung saat anda menerima penghasilan tersebut. Jangan menunggu terlalu lama untuk menabung karena terkadang kita akan mudah untuk tergoda membeli barang – barang yang kita inginkan seperti pakaian baru, sepatu, makanan dan lain sebagainya sehingga akan menyulitkan kita untuk menabung.

Masukkan tabungan anda ke rekening bank

Apa manfaat menabung di bank? Untuk mengamankan tabungan anda dan sekaligus mencegah anda dari godaan untuk menghabiskan uang untuk keperluan yang tidak penting, sangatlah disarankan untuk menyimpan uang anda ke bank.

Bank adalah tempat yang aman untuk menyimpan uang. selain itu bank juga memberikan manfaat serta keuntungan lain bagi para nasabahnya. Anda dapat membuka rekening di bank yang anda sukai. Pilihlah tipe tabungan yang sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan keuangan anda. Sebagai contoh, pilihlah jenis rekening tabungan yang setoran awalnya rendah seperti 50 ribu dan kalau bisa pilih jenis rekening yang bebas biaya admin.

Kesimpulan

Jadi itulah cara menabung uang, tips menabung serta apa manfaat menabung tahu apa manfaat menabung sejak dini. Jika anda sedang dalam tahap menabung namun saat ini membutuhkan uang, maka anda dapat mendapatkan pinjaman yang cepat dari Kredit Pintar.

Manfaat yang dapat diperoleh adalah proses pengajuan yang cepat serta bunga yang rendah sehingga tidak memberatkan anda. Selain itu Kredit Pintar sangat aman dan sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan Indonesia. Keuntungan lainnya yang anda dapatkan adalah gratis voucher, diskon cicilan, bonus pulsa dan masih banyak lagi.

Semoga tips dan trik tentang apa manfaat menabung sejak dini serta cara menabung uang, tips menabung ini dapat bermanfaat bagi anda. Ingatlah bahwa menabung merupakan suatu hal yang sangat berguna bagi masa depan finansial anda.

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload