Apa Manfaat Menabung Dan Tips Menabung

01 Feb 2023 by Ary Wibowo, Last edit: 01 Feb 2023

Pendapatan seseorang pada umumnya digunakan untuk dua hal, yaitu konsumsi dan tabungan. Tetapi tak jarang kita menemukan orang yang menggunakan semua pendapatannya untuk konsumsi saja. Atau dengan kata lain, tak semua orang dapat menyisihkan pendapatannya untuk ditabung. Padahal, menabung adalah sebuah kebiasaan baik yang perlu terus dirawat karena memiliki banyak manfaat. 

Dalam sebuah survei yang dirilis oleh IDN tahun 2019 lalu memperlihatkan data bahwa kalangan milenial Indonesia pada rentan usia 20-35 tahun hanya menyisihkan 10% dari total pendapatan untuk ditabung. Sebagian besar habis digunakan untuk memenuhi kebutuhan rutin tiap bulan dan untuk hiburan. 

Membiasakan diri untuk menabung sangatlah penting dan perlu dilakukan dengan konsisten agar manfaatnya dapat dirasakan. Agar Anda semangat dan rajin menabung, berikut ini beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dari rutin menabung. 

Apa Manfaat Menabung? 

Pada dasarnya, menabung adalah kegiatan yang dilakukan berupa menyisihkan sebagian pendapatan untuk disimpan sebagai upaya untuk menghadapi berbagai kejadian tak terduga yang mungkin membutuhkan sejumlah biaya. Menyimpan uang dapat dilakukan di bank tertentu atau disimpan secara pribadi di rumah.  

Lantas apa manfaat menabung? Berikut ini beberapa diantaranya. 

  1. Lebih Hemat

Manfaat menabung pada dasarnya memang akan dirasakan dalam jangka panjang, namun dalam jangka pendek, Anda akan merasakan diri Anda lebih hemat dan tidak akan mengeluarkan uang untuk hal yang tidak penting. Jika Anda sudah memiliki keinginan dan motivasi untuk menabung, Anda tentu saja akan mempertimbangan mana yang perlu dan yang tidak perlu Anda keluarkan. 

Ada pepatah yang sering mungkin juga sering Anda dengar, rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya. Jika ingin kaya, menabunglah. Tak heran jika sedari kecil kita menabung sudah menjadi hal yang sering ditanamkan dan diulang-ulang baik di sekolah maupun di rumah.   

Baca Juga: Membangun Bisnis dari Bawah? Yuk Simak Tips Ini!

  1. Memiliki Dana Darurat

Kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Roda kehidupan terus berputar, keadaan Anda tidak akan selamanya di atas, sewaktu-waktu mungkin saja akan berputar ke bawah.  Misalnya genting rumah yang bocor, anak dan kelaurga yang sakit, atau bahkan Anda menjadi salah satu dari sekian banyak orang yang kena pemutusan hubungan kerja. 

Tanpa dana darurat yang disiapkan jauh-jauh hari, berbagai hal tak terduga yang terjadi akan sulit untuk diatasi. Oleh karena itu, menabung adalah cara yang baik untuk mendapatkan dana darurat. Pada keuangan yang sehat, jumlah dana darurat biasanya 6-12 kali pengeluaran rutin yang dibutuhkan tiap bulan. 

  1. Mencapai Tujuan Keuangan di Masa Depan

Jika Anda memiliki tujuan keuangan masa depan, menabung bisa menjadi salah satu faktor penunjang untuk mewujudkannya. Misalnya, di masa depan Anda ingin membuat rumah mewah atau membeli mobil impian, Anda dapat mulai mengumpulkan dan menyisihkan pendapatan Anda untuk mewujudkan hal tersebut. 

  1. Dapat Mengatur Keuangan dengan Lebih Matang

Manfaat menabung selanjutnya adalah Anda bisa mengatur keuangan dengan lebih matang dan  Pengelolaan arus kas (cash flow) pribadi lebih sehat. Tanpa menabung, meskipun Anda sudah mengatur keuangan sedemikian rupa tetap saja akan rentan terganggu oleh keperluan yang tiba-tiba. 

  1. Mempersiapkan Tabungan Pensiun

Semua orang pasti mendambakan hari tua yang bahagia tanpa perlu pusing memikirkan pekerjaan lagi. Olehnya itu, sedari dini, Anda perlu mempersiapkan dana pensiun dengan menabung untuk masa tua yang sejahtera. 

  1. Menghargai Uang

Untuk menghasilkan sejumlah uang, Anda harus mengeluarkan tenaga dan upaya yang tidak mudah. Menabung adalah salah satu bentuk menghargai betapa besar usaha yang Anda keluarkan. Anda akan berpikir sebaik dan sebijak mungkin ketika ingin membeli atau menggunakan uang tersebut.

  1. Melatih Hidup Mandiri

Apa manfaat menabung selanjutnya adalah melatih diri untuk hidup mandiri. Anda akan berupaya tidak bergantung pada orang lain. Anda akan menyisihkan uang jajan untuk memenuhi keinginan. Misalnya Anda ingin membeli hal yang diimpikan, Anda tidak akan meminta pada orang lain tetapi mengumpulkan sedikit demi sedikit hingga Anda dapat membelinya. 

  1. Mencegah Munculnya Hutang

Seperti yang diketahui bersama, kehidupan kita tidak selalu baik-baik saja. Terkadang ada kejadian tak terduga yang mengharuskan Anda untuk mengeluarkan uang yang cukup besar. Jika Anda tidak memiliki tabungan, jalan yang akan mungkin Anda pilih adalah meminjam uang. 

Dengan Anda memiliki tabungan untuk dana darurat, Anda bisa meminimalisir munculnya hutang dan membuat kondisi keuangan lebih sehat. 

Baca Juga: Macam Macam Bisnis UKM Untuk Pemula – Kredit Pintar

Tips Menabung yang Sehat

Setelah mengetahui apa manfaat menabung, tidak afdol rasanya jika Anda tidak mengetahui cara menabung uang yang dapat membuat keuangan Anda ideal dan lebih sehat. Berikut ini, tips menabung yang dapat mulai Anda praktekkan:

  1. Buatlah Tujuan Menabung

Hal yang penting untuk Anda lakukan terlebih dahulu adalah memiliki tujuan menabung. Anda perlu memiliki tujuan agar ada hal yang motivasi untuk tidak hidup boros. Dengan tujuan, strategi menabung Anda akan lebih terarah. Buatlah tujuan jangka pendek dan panjang dan Anda akan lebih mudah menyesuaikan jumlah dan jenis tabungan yang akan digunakan. 

  1. Catat Semua Pemasukan dan Pengeluaran Secara Real

Tips menabung selanjutnya adalah dengan mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran yang Anda lakukan. Hal ini akan memudahkan Anda untuk melihat dan mengevaluasi kondisi keuangan yang dimiliki. Anda dapat mengetahui bagian mana yang menjadi penyebab keuangan tidak stabil. 

  1. Pisah Rekening Tabungan dan Rekening Harian

Cara menabung uang selanjutnya yaitu memisahkan antara rekening tabungan dan rekening harian yang digunakan. Menurut seorang perencana keuangan, Ligwina Hananto, memisahkan rekening tabungan artinya Anda sudah menyelamatkan dana yang akan dipakai untuk keadaan darurat. 

  1. Mulai dari Jumlah yang Kecil

Menabung memang akan terasa berat jika saat sekali coba Anda langsung melakukannya dalam jumlah besar. Olehnya itu, Anda dapat mulai menabung dengan jumlah kecil terlebih dahulu agar kebiasaan tersebut dapat tertanam dalam benak Anda. Setelah mulai terbiasa, Anda akan lebih mudah meningkatkan jumlahnya dan tidak akan terasa terbebani. 

  1. Mengumpulkan dan Menyimpan Kembalian

Terkadang, saat berbelanja di supermarket, uang yang Anda keluarkan tidak pas dan aka nada kembalian. Menurut Ric Edelman, CEO Edelman Financial Service, mengumpulkan uang kembalian bahkan dalam bentuk recehan adalah trik khusus untuk menabung. 

Baca juga: Tips Menabung Ala Kredit Pintar

Setiap uang receh yang dikumpulkan, lama kelamaan akan menjadi sejumlah uang yang dapat digunakan untuk membeli makanan sehingga akan menghemat alokasi uang tabungan. Secara tidak langsung, uang receh dapat mengurangi intensitas penggunaan kartu kredit atau debit saat hendak berbelanja. 

Itulah berbagai penjelasan terkait manfaat menabung yang diharapkan dapat menjawab pertanyaan Anda terkait apa manfaat menabung beserta tips agar menabung bisa menjadi lifestyle dalam hidup. Menabung bukan berarti pelit, tetapi upaya Anda mengetahui mana yang penting dan tidak penting untuk dilakukan.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
01 Feb 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download