Rekomendasi Oven Listrik untuk Usaha dan Harganya!

15 Apr 2022 by Laruan, Last edit: 18 Apr 2022

Sedang merencanakan untuk membuat usaha kue rumahan agar dapat meraih cuan? Sepertinya barang yang satu ini tidak boleh ketinggalan. Yup, Anda membutuhkan Rekomendasi Oven Listrik untuk membuatnya.

Oven listrik merupakan jenis oven yang menggunakan listrik sebagai sumber tenaga untuk menghasilkan panas. Sama seperti oven gas, oven listrik berfungsi untuk memanggang atau menghangatkan makanan di dalamnya.

Oven listrik memiliki kenop khusus yang berfungsi mengatur suhu di dalam oven agar sesuai dengan jenis makanan yang dimasak. Umumnya, oven listrik bekerja dengan cara memanaskan ruangan di dalam oven menggunakan elemen pemanas yang letaknya ada di atas dan bawah oven. Sehingga makanan di dalamnya pun jadi panas dan matang merata.

Baca juga: 7+ Ide Jualan Paling Laris di Bulan Ramadhan 2022

Kebanyakan orang kebingungan membedakan oven listrik dan microwave karena bentuknya yang hampir mirip. Padahal keduanya memiliki fungsi yang berbeda.

Microwave menggunakan panas dari gelombang elektromagnetik. Fungsinya sebatas memanaskan dan memasak makanan saja. 

Gelombang elektromagnetik di dalam microwave juga hanya memanaskan makanan saja. Berbeda dengan oven listrik, ruangan di dalam microwave tidak ikut dipanaskan.

Kelebihan dan kekurangan oven listrik

Oven listrik memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Berikut beberapa kelebihan oven listrik:

  1. Oven listrik memiliki desain yang ramping dan kecil. Sehingga dapat diletakkan dengan mudah di dalam dapur yang sempit dan tentunya bisa dibawa ke mana-mana
  2. Oven listrik mudah digunakan 
  3. Harga oven listrik cukup terjangkau. Jika Anda memiliki budget yang terbatas, jangan khawatir. Ada banyak pilihan oven listrik yang harganya di bawah Rp 1 juta
  4. Oven listrik menyebarkan panas dengan baik. Sistem penyebaran udara panas yang baik membuat kue dan daging yang dipanggang dapat matang secara merata

Sudah mengetahui kelebihan oven listrik, kini saatnya membahas mengenai kekurangannya. Apa saja sih kekurangan oven listrik? Berikut beberapa di antaranya:

  1. Kualitas hasil panggangan oven listrik tidak sebaik oven gas
  2. Waktu memasak menggunakan oven listrik cenderung lebih lama dibandingkan oven gas. Penggunanya juga cukup sulit mengetahui apakah hasil masakan sudah matang dengan sempurna di dalam oven
  3. Sudah jadi rahasia umum kalau oven listrik memakan daya listrik yang cukup besar. Pastikan jika daya listrik di rumah Anda cukup ya
  4. Karena ditenagai sepenuhnya oleh listrik, Anda tidak bisa menggunakan oven listrik jika listrik sedang padam
  5. Komponen di dalam oven listrik cenderung mudah rusak jika digunakan untuk produksi massal

Tips memilih oven listrik

Oven listrik memiliki berbagai macam merek dan model. Agar tidak salah pilih, berikut beberapa tips memilih oven listrik. 

Pertama, pilih lah oven listrik yang memiliki daya rendah untuk mencegah terjadinya pemadaman listrik karena kekurangan daya. Selain itu, memilih oven listrik dengan daya rendah juga menghemat konsumsi listrik yang digunakan.

Baca juga: Cara Buat Kimchi, Enak, Halal, dan Mudah

Kedua, selalu cek kapasitas oven dan sesuaikan dengan kebutuhan. Jika hanya sesekali menggunakan oven dan untuk jumlah masakan yang sedikit, disarankan untuk memilih oven berkapasitas kecil yaitu sekitar 9 liter.

Ketiga, perhatikan material oven. Pilihlah oven listrik yang terbuat dari bahan stainless steel agar mudah dibersihkan dan lebih tahan lama. Disarankan juga memilih oven listrik yang dilengkapi dengan rak pemanggang berbahan stainless steel ya untuk menghindari korosi.

Keempat, pilih oven listrik yang multifungsi. Jangan lupa pastikan fitur pemanasnya berfungsi dengan baik.

Kelima, pilihlah oven listrik yang memiliki petunjuk pemakaian yang lengkap dan jelas. Ini sangat penting untuk membantu Anda menggunakan oven listrik dan meminimalisir kesalahan dalam pemakaian. 

Rekomendasi oven listrik untuk usaha dan harganya

Jika untuk rumahan, oven listrik dengan kapasitas kecil dan sedang tentu sudah bisa mengakomodir kebutuhan Anda. Namun, jika tujuan Anda untuk usaha maka oven listrik berkapasitas besar adalah jawabannya.

Meskipun berasal dari merk yang sama, harga oven listrik untuk usaha dan kebutuhan rumahan berbeda-beda. Kisaran harga oven listrik untuk usaha biasanya mulai dari jutaan hingga pilihan juta rupiah. Tergantung kapasitas serta daya listrik yang dimiliki. Berikut rekomendasi oven listrik untuk usaha:

  1. Kirin KBO 600 RA

Kirin KBO 600 RA merupakan oven toaster berkapasitas 60 liter yang didesain dengan housing serta pegangan pintu dari stainless steel sehingga lebih kuat dan tahan lama. Ada lampu indicator yang berguna untuk mengetahui apakah oven bekerja atau tidak.

Oven listrik yang satu ini memiliki daya sekitar 1.000 watt dengan berat mencapai 20 kilogram. Kirin KBO 600 RA dibanderol dengan harga sekitar Rp 1.800.000 – Rp 2.000.000. 

  1. Cosmos CO-9923 RB

Cosmos CO-9923 RB memiliki enam mode pemanas dan dilengkapi dengan fitur yang lengkap. Daya listriknya pun cukup rendah dibandingkan oven listrik lainnya yaitu 400 watt untuk satu elemen pemanas yang aktif. 

Knob pada oven listrik ini terbuat dari bahan stainless steel sehingga lebih elegan dan tentunya awet. Kapasitasnya sekitar 23 liter dengan dimensi 450 x 280 x 290 mm dan dijual dengan harga Rp 600.000-an.

  1. Mito MO-999

Oven Mito MO-999 memiliki teknologi Diamond Cavity sebagai salah satu keunggulannya. Teknologi tersebut membuat makanan yang dipanggang matang merata. Oven ini juga dilengkapi dengan Rotisserie Pick yang berguna untuk memanggang satu ekor ayam utuh. 

Mito MO-999 dilengkapi 4 elemen panas stainless steel sehingga suhu maksimal yang dihasilkan oven ini dapat diatur mencapai 250 derajat celcius. Dayanya sekitar 350-700 watt tergantung suhu panas yang digunakan.

Untuk kapasitasnya 28 liter, cukup besar untuk digunakan usaha bukan? Harga Oven Mito MO-999 dibanderol Rp 799.000 – Rp 999.000 dan bisa Anda temukan dengan mudah di berbagai e-commerce.

  1. Modena Magno BO-2733

Jika Anda mencari oven listrik dengan tipe built in, Modena Magno BO-2733 jadi pilihan yang tepat. Ada du arak oven, satu oven trau dan satu handle ray untuk oven yang satu ini. Kapasitasnya pun sangat besar yaitu mencapai 70 liter sehingga akan memudahkan Anda untuk memasak dalam jumlah yang banyak.

Baca juga: 10 Manfaat dan Bahaya Teh Bunga Telang

Kelebihan lain dari Modena Magno BO-2733 adalah ada tiga lapisan pintu kaca, 8 program multifungsi, tangential cooling fan, convection fan, lampu pada oven, thermostat yang dapat disesuaikan, pengatur waktu dan grill turnspit. Rekomendasi Oven Listrik ini dijual dengan harga Rp 11.000.000.

  1. Denpoo Deos 820

Oven listrik Denpoo Deos 820 memiliki kapasitas yang besar yaitu 45 liter. Sehingga jika Anda menggeluti usaha bakery and patisserie tentunya tak salah jika menjatuhkan pilihan pada oven yang satu ini. 

Ada lima mode heater pada oven yaitu heating off, heating upper side, heating upper side and toaster, heating upper dan heating bottom side. Denpoo Deos 820 memiliki keunggulan lainnya yakni bahannya yang terbuat dari stainless steel membuat tingkat kepanasannya pun merata. Oven ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 1.441.000.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
18 Apr 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download