Tips Menabung Mudah Ala Kredit Pintar

05 Jan 2021 by Rindang
Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk

Tips Menabung Mudah Ala Kredit Pintar – Menabung adalah salah satu kebiasaan baik yang sudah terlatih sejak usia dini. Sejak kecil, kita belajar bahwa menabung adalah cara untuk mempersiapkan masa depan dengan baik. Namun sayangnya, tidak semua orang punya kendali diri yang baik dalam melihat uang. Tidak jarang sebagian dari kita mengalami kesulitan untuk menabung. Akibatnya, alih-alih menganggap menabung sebagai kebiasaan baik, justru menabung terlihat menjadi sebuah kebiasaan yang berat. Padahal, kelak uang tabungan yang kita kumpulkan akan menjadi jaring pengaman yang kita gunakan untuk hidup saat kita sudah tidak berada di usia produktif lagi. Artinya, menabung adalah proses panjang yang harus kita lakukan selama kita masih tergolong dalam usia produktif.  Apakah Sobat Pintar merasa kesulitan menanamkan kebiasaan menabung ? Yuk, ikuti tips menabung ala Kredit Pintar berikut ini!

1. Sisihkan Uang Sejumlah Rp 20.000,-

Bayangkan, jika Sobat Pintar memiliki uang sejumlah Rp 20.0000,- setiap harinya selama seminggu, kemudian semua uang tersebut disisihkan untuk ditabung, akan ada berapa banyak uang yang bisa ditabung selama satu bulan? Alasan untuk menanamkan kebiasaan menabung uang sejumlah Rp 20.000,- ini adalah uang dengan nominal tersebut cukup sering kita dapatkan sebagai uang kembalian, baik saat belanja bulanan maupun pengeluaran harian. Selain itu, terkadang uang dengan nominal ini terselip di saku celana, baju, atau tas yang bisa kita temukan di saat-saat yang tidak terduga. Nah, alih-alih difungsikan sebagai pengeluaran, sebaiknya uang tersebut dianggap sebagai bonus untuk menabung lebih banyak. Jika dilakukan dengan konsisten, langkah ini bisa jadi permulaan menabung yang mudah dan efektif dalam jangka panjang. 

2. Menabung dengan nominal kecil saat weekdays, dan nominal besar saat weekend.

Jika menabung dengan nominal sebesar Rp 200.000,- terasa sulit untuk dilakukan sehari-hari, maka Sobat Pintar bisa lakukan cara yang kedua ini. Cara menabung ini cukup sederhana. Sobat Pintar cukup menyisihkan uang dengan nominal kecil selama hari kerja, jangkauan nominalnya bisa berkisar dari Rp 2.000,- hingga Rp 20.000,-. Asumsinya, nominal ini sering ditemui sebagai uang kembalian dari pengeluaran harian maupun belanja bulanan. Sedangkan, Sobat Pintar bisa menabung dengan nominal yang lebih besar di akhir pekan. Nominalnya, bisa berkisar dari Rp 100.000,- hingga Rp 200.000,-. Asumsinya, nominal tersebut bisa disisihkan dari budget hangout di akhir pekan. Jika dilakukan dengan konsisten, cara ini bisa jadi cara mudah menabung untuk Sobat Pintar.

3. Gunakan aplikasi pencatat keuangan pribadi

Bisa jadi penyebab Sobat Pintar kesulitan menabung adalah menganggap bahwa Sobat Pintar masih punya banyak simpanan uang setelah menerima gaji. Padahal, anggapan itu muncul karena Sobat Pintar menutupi rasa bersalah saat mengeluarkan uang secara impulsif. Jika begitu, maka solusinya adalah, Sobat Pintar harus terbiasa mencatat pemasukan dan menyisihkan di awal uang gajian sudah masuk ke rekening. Dari situ, Sobat Pintar bisa menentukan sendiri, berapa banyak nominal uang yang harus ditabung, berapa banyak nominal uang yang bisa digunakan sebagai pengeluaran sehari-hari, dan juga untuk self rewards selama sebulan.

Kami paham bahwa menabung adalah kebiasaan yang tidak mudah untuk dilakukan. Namun, ada kalanya saat kita harus memenuhi kebutuhan mendadak dengan tabungan yang belum mencukupi. Eits, saat hal ini terjadi, serahkan saja solusinya pada Kredit Pintar, sebagai pinjaman online terpercaya. Unduh aplikasinya di Play Store dan pinjamanmu akan diterima dalam jangka waktu 24 jam!

mobile-closeKredit PintarDownload