Rincian Biaya Tunangan dan Hal yang Harus Dipersiapkan

24 Oct 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 25 Oct 2022

Jika Anda ingin menjalin hubungan ke arah lebih serius seperti pernikahan, maka akan ada banyak biaya yang harus dikeluarkan dan diperhitungkan. Salah satu di antara biayanya tersebut adalah biaya tunangan. Memang biaya untuk melangsungkan prosesi pertunangan tidak akan sebesar biaya dalam pernikahan. Kendati demikian biaya pertungan juga mengambil bagian dana yang tergolong besar.

Oleh sebab itulah bagi seseorang dengan kondisi keuangan pas-pasan akan merasa ragu untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius. Bagaimana tidak, sebab nantinya sangat sulit untuk membiayai semua rangkaian acara menuju pernikahan dan pastinya memerlukan biaya yang jumlahnya tidak sedikit. Sebanyak apapun budget yang tersedia maka Anda tetap harus merencanakan sebesar biaya biaya untuk tunangan nantinya.

Baca juga : Tips Memilih Cincin Tunangan yang Tepat, Hemat

Biaya Tunangan yang Dikeluarkan Oleh Pihak Pria

Dalam pertunangan baik laki-laki atau perempuan wajib mengeluarkan biaya tunangan tersendiri. Sementara itu untuk pihak laki-laki ada sejumlah item yang harus dibiayai dalam suatu acara pertunangan. Biaya tersebut meliputi seserahan atau hantaran, biaya untuk membeli cincin tunangan serta biaya sumbangan ke pihak wanita. Di bawah ini ada penjelasan lebih lengkap tentang biaya yang sudah disebutkan sebelumnya.

  1. Biaya Seserahan

Pada umumnya dalam budaya di Indonesia, ketika mengadakan sebuah acara pertunangan maka pihak pria perlu untuk membawa hantaran atau seserahan saat datang ke rumah mempelai wanita. Biasanya hantaran atau seserahan tersebut berupa barang yang sudah diminta oleh pihak wanita ke pria tersebut. 

Adapun untuk isi barang hantaran terdapat banyak pilihan yang dapat dibawa mempelai pria. Pilihan tersebut meliputi alat make up, seperangkat alat sholat, pakaian, sepatu dan makanan seperti buah-buahan. Inilah yang menjadi biaya tunangan pertama dan wajib diperhitungkan oleh mempelai pria.

  1. Cincin Tunangan

Dalam susunan acara pertunangan, nantinya ada sesi di mana pasangan calon mempelai sama-sama bertukar cincin tunangan. Sesi tersebut adalah simbol bahwa pasangan itu sudah terikat perjanjian serta komitmen untuk segera mungkin melangsungkan prosesi pernikahan. Saat memilih cincin tunangan biasanya dari pihak pria akan mengajak calonnya agar bisa memilih langsung ke toko yang menjual perhiasan.

Hal ini bertujuan supaya calon tunangannya itu bisa memilih secara langsung jenis cincin dan model yang sesuai seperti seleranya. Untuk pasangan yang ingin menghemat biaya tunangan, maka bisa memilih jenis cincin pertunangan dari emas putih, logam perak serta palladium dengan kisaran harga di antara Rp 200.000 sampai Rp 500 ribu.

Harga tersebut tergantung berdasarkan model serta berapa karat yang dimiliki oleh cincin pilihan calon tunangan wanita. Walaupun memilih cincin tunangan yang harganya cukup terjangkau maka harus dipastikan cincin tersebut tidak ada cacat, bekas noda ataupun  goresan demi simbolis pertunangan yang sesuai.

  1. Biaya Sumbangan untuk Pihak Keluarga Calon Wanita

Acara pertunangan biasanya diadakan di rumah mempelai wanita atau menyewa sebuah tempat khusus untuk prosesi tersebut. Meskipun begitu di mana pun tempatnya pihak pengurus acaranya adalah dari pihak wanita. Karena itulah keluarga dari calon mempelai wanita memerlukan biaya tunangan serta tenaga yang tergolong besar agar bisa mempersiapkan banyak hal.

Adapun persiapan tersebut meliputi dekorasi rumah, pengisi acara, hidangan makanan untuk tamu dan keluarga besar serta masih banyak lagi. Selain itu biasanya para pasangan memanfaatkan jasa wedding organizer agar bisa mengurus semua hal mulai dari teknis sampai dekorasi, yang tentunya akan memakan biaya yang besar.

Bagi pasangan yang ingin menekan biaya tunangan maka tak ada salahnya tidak menggunakan jasa wedding organizer. Pasangan bisa meminta bantuan kepada kerabat terdekat agar bisa mengurus semua susunan acara pertunangan serta memastikan seluruhnya berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan.

  1. Biaya Transportasi

Agar bisa menuju ke kediaman mempelai wanita maka mempelai pria akan membawa rombongan keluarganya. Apapun rata-rata biaya yang kemungkinan akan keluar untuk transportasi atau kendaraan berkisar Rp 300 ribu di mana untuk membeli bensin jika rumah mempelai wanita dan pria masih berada di dalam satu kota yang sama. Inilah yang menjadi biaya tunangan lainnya dan harus dikeluarkan oleh pihak pria.

Sebaiknya disarankan pihak pria datang ke kediaman wanita satu hingga dua jam sebelum dimulainya acara. Hal ini bertujuan agar bisa mempersiapkan diri dengan lebih matang ketika acara pertunangan berlangsung. Selain itu hindari datang terlalu mepet atau bahkan terlambat karena pertunangan adalah momen yang berharga. 

  1. Jenis Biaya Lain-lain

Biasanya di dalam persiapan acara pertunangan akan ada biaya tambahan. Adapun biaya tersebut meliputi make up artist, busana tunangan, fotografer atau bisa saja menyewa lokasi. Akan tetapi bagi pasangan yang ingin menghemat biaya tunangan maka dapat menggelar acara tersebut hanya di rumah mempelai wanita. Selain itu memakai busana kebaya dan batik yang ada di m ataupun meminjam ke kerabat menjadi pilihan terbaik.

Baca juga : Rekomendasi dan Harga Cincin Tunangan

Biaya Pertunangan Oleh Pihak Perempuan

Tak hanya pria, calon mempelai wanita juga harus mengeluarkan biaya untuk acara pertunangannya. Berikut ini ada kisaran biaya yang harus dikeluarkan oleh calon mempelai perempuan dalam persiapan acara pertunangannya.

  1. Biaya Lokasi

Jenis biaya tunangan pertama ada biaya lokasi di mana tempat berlangsungnya acara tersebut. Akan tetapi Anda bisa menghilangkan biaya lokasi apabila rumah calon mempelai perempuan sudah mencakup untuk semua tamu undangan. Sebaiknya sebelum menentukan lokasi, bicarakan terlebih dahulu jumlah tamu yang akan diundang supaya bisa mempertimbangkannya dengan lebih baik.

  1. Biaya untuk Pakaian

Umumnya calon mempelai perempuan akan mencari batik dan kain untuk kemudian dijahit berdasarkan model busana yang sesuai keinginannya. Akan tetapi biaya seperti ini juga bisa diminimalisir sampai ditekan apabila ingin berhemat. Caranya adalah pasangan tersebut bisa menggunakan baju yang sudah mereka punya ataupun meminjam ke kerabat terdekat.

  1. Biaya Dekorasi Tempat

Macam biaya tunangan lainnya diperuntukkan untuk dekorasi yang mana biasanya cukup mahal. Apalagi jika Anda mendekor ruangan menggunakan jasa penata dekor. Karena itulah para pasangan bisa menghemat biaya tersebut dengan membuatnya sendiri alias handmade. Dengan demikian pasangan bisa lebih menekan pengeluaran dan mempunyai quality time untuk saling mengenal ketika proses pembuatannya.

Baca juga : Cara Menabung Paling Tepat Untuk Menikah

  1. Biaya Foto

Apabila salah satu pasangan mempunyai kamera yang bagus untuk mengabadikan momen penting pertunangan maka sebaiknya minta bantuan kepada kerabat terdekat agar bisa mengabadikan momen berharga tersebut. Hal ini penting sehingga bisa memperkecil biaya pertunangan untuk fotografi dan dokumentasi prosesinya. Sebab jika menggunakan jasa fotografer akan memakan biaya yang lebih besar.

Itulah beberapa macam biaya tunangan yang perlu dikeluarkan oleh para calon pasangan. Anda bisa memperhatikan jenis biayanya dan menyesuaikan berdasarkan budget yang tersedia. Dengan demikian uang Anda tidak akan habis hanya karena memenuhi keinginan acara pertunangan yang mewah.

Artikel ini adalah hasil kreasi dari Kredit Pintar, perusahaan fintech resmi yang berada di bawah pengawasan OJK, siap memudahkan masyarakat Indonesia melalui penyaluran pinjaman dana secara daring. Pantau selalu blog Kredit Pintar agar memperoleh berbagai informasi dan tips bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

25 Oct 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download