Apa Saja Perbedaan Rekening Koran dan Buku Tabungan?

Apa Saja Perbedaan Rekening Koran dan Buku Tabungan?

03 Jun 2021 by kreditpintar
Apa Saja Perbedaan Rekening Koran dan Buku Tabungan?

Apa Saja Perbedaan Rekening Koran dan Buku Tabungan?

Sebelum kita membahas perbedaan rekening koran (rekening transaksi keseluruhan) dan buku tabungan,  Sobat Pintar harus memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan rekening transaksi keseluruhan dan buku tabungan. Pengertian kedua hal tersebut bisa Sobat Pintar dapatkan dari berbagai sumber. Agar memudahkan Sobat Pintar, berikut kami rangkumkan penjelasannya.  

Pengertian Rekening Koran 

Rekening transaksi keseluruhan adalah sebuah ringkasan transaksi keuangan yang telah terjadi pada periode tertentu pada rekening bank yang dimiliki oleh individu atau perusahaan di lembaga keuangan. Jika Sobat Pintar membutuhkan rekening transaksi keseluruhan, Sobat Pintar bisa mendatangi bank terdekat. Jangan lupa untuk membawa syarat-syarat yang diperlukan. Nah, jika rekenng koran sudah Sobat Pintar peroleh, maka Sobat Pintar dapat menggunakannya sesuai kebutuhan. 

Pengertian Buku Tabungan 

Buku Tabungan adalah salah satu bukti yang digunakan nasabah sebagai tanda bahwa mereka adalah penabung di bank tertentu. Setiap nasabah yang menabung akan diberikan buku tabungan, yaitu sebuah buku kecil yang menggambarkan mutasi setoran, penarikan dan juga saldo atas setiap transaksi. 

Perlu dipahami bahwa buku ini hanya dikeluarkan oleh bank yang bersangkutan saja. Untuk menunjukkan kepemilikan buku tabungan, Sobat Pintar harus membuktikan identitas diri sesuai yang tertulis di buku tabungan. Dengan demikian, buku tabungan tidak dapat dipindahtangankan. 

Perbedaaan Rekening Koran Dan Buku Tabungan 

Rekening transaksi keseluruhan merupakan ringkasan transaksi nasabah. Bisa berupa uang masuk (kredit), uang keluar (debit) dan termasuk pengiriman uang (transfer). 

Perlu Sobat Pintar pahami bahwa transaksi yang tercetak di rekening transaksi keseluruhan tidak belum tercetak di buku tabungan yang dipegang nasabah. Umumnya nasabah yang melakukan transaksi cukup banyak tidak memerlukan bukti fisik. 

Setiap nasabah memerlukan rekening transaksi keseluruhan untuk berbagai keperluan, seperti pengurusan visa, permohonan kredit, hingga melakukan audit keuangan 

Berbeda dengan buku tabungan. Buku ini umumnya diberikan oleh bank kepada individu atau pun badan usaha. Pemberian buku tabungan ini diberikan saat pertama kali membuka rekening di bank tertentu. Dengan demikian, dapat kita katakan bahwa buku tabungan merupakan bukti dari kepemilikan rekening yang dipegang oleh nasabah. 

Manfaat Rekening Koran

Berikut ini manfaat atau kegunaan rekening transaksi keseluruhan yang cukup penting.

1. Untuk Mengajukan Visa 

Kegunaan rekening transaksi keseluruhan diperlukan sebagai bukti bahwa Sobat Pintar mempunyai cukup dana untuk melakukan perjalanan ke negara tujuan. 

2. Untuk Mengetahui Ringkasan Transaksi 

Salah satu kegunaan rekening transaksi keseluruhan adalah menampilkan transaksi yang terjadi selama kurun waktu tertentu ( umumnya 3 bulan). Kelebihannya tidak hanya mencantumkan tanggal, waktu seperti di buku tabungan, tapi juga mencantumkan pesan ketika transaksi dilakukan dengan hal detail lainnya. 

3. Untuk Mengajukan Pinjaman 

Rekening transaksi keseluruhan dapat Sobat Pintar gunakan untuk mengajukan kredit atau pinjaman melalui bank, seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Tanpa Agunan (KTA), atau Kredit Kendaraan Bermotor (KKB). Pastinya bank akan meminta catatan riwayat transaksi keuangan untuk menilai kelayakan kreditur.

4. Digunakan Untuk Ikut Lelang 

Jika Sobat Pintar ingin mengikuti lelang proyek milik swasta atau pemerintah, Sobat Pintar wajib memberi bukti kepemilikan dana dengan menunjukkan rekening transaksi keseluruhan dalam persyaratan lelang. 

Bagaimana Cara Cetaknya? 

Untuk Sobat Pintar yang ingin mencetak rekening transaksi keseluruhan bisa dilakukan langsung di bank dan bisa juga secara online untuk mempermudah nasabah. Cara cetaknya adalah Sobat Pintar bisa mengajukan secara langsung ke bank, dan nasabah bisa melihat seluruh daftar transaksi secara online melalui mobile application dan website. 

Selain langsung ke bank, cara cetak dari mesin ATM biasanya yang digunakan untuk mengambil uang saja ternyata bisa digunakan untuk melihat transaksi dan mutasi. Untuk mencetak rekening transaksi keseluruhan biasanya akan dikenakan biaya yang harus Sobat Pintar keluarkan. Besaran biaya untuk mencetak rekening transaksi keseluruhan tergantung pada kebijakan setiap bank.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk