Cara Setor Tunai BRI Melalui ATM Dengan Aman

05 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 10 Jan 2022

Nasabah BRI, yuk cari tahu cara setor tunai BRI tanpa harus datang ke bank. Soalnya, sekarang sudah ada mesin ATM dengan fitur cash deposit machine (CDM) yang memudahkan nasabah memindahkan uang secara mudah.

Mesin ini memang canggih banget, Sobat Pintar hanya perlu menyiapkan sejumlah uang tunai dan pergi ke mesin ATM CDM ini dan memasukkan sejumlah nominal uang tunai ke dalam mesin.

Cara Setor Tunai BRI Melalui ATM Dengan Aman

Baca juga: Kenali Apa Itu Virtual Account untuk Transaksi

Tentu saja cara ini jauh lebih mudah dibandingkan jika Sobat Pintar harus mengunjungi kantor cabang pembantu BRI terdekat. Berikut panduan cara setor tunai BRI dengan menggunakan ATM CDM dan kantor cabang.

Cara Setor Tunai BRI di Kantor Cabang

Ini merupakan cara klasik setor tunai melalui kantor cabang. Sobat Pintar hanya perlu menyiapkan uang tunai yang hendak ingin disetorkan ke rekening tabungan Sobat Pintar. Berikut tata caranya:

  1. Kunjungi lokasi kantor cabang BRI terdekat di rumah Sobat Pintar.
  2. Kemudian, ambil nomor antrian dan tunggu hingga nomor tersebut dipanggil.
  3. Siapkan uang tunai yang ingin disetorkan dalam kondisi yang layak.
  4. Lengkapi formulir setor tunai yang diberikan oleh customer service atau teller bank BRI.
  5. Setelah selesai, berikan formulir tersebut kepada teller beserta jumlah uang yang ingin disetorkan.
  6. Teller akan melakukan pengecekan keaslian uang dan menghitung nominal uang tunai.
  7. Setelah memastikan keaslian uang dan jumlah nominal, teller akan memulai memproses setor tunai.
  8. Setelah selesai, Sobat Pintar akan diberikan slip berupa bukti setor tunai oleh teller.

Kelebihan Setor Tunai di Kantor Cabang

1. Transaksi Setor Tunai Aman

Kelebihan setor tunai di kantor cabang adalah keamanannya. Sobat Pintar dapat melihat secara langsung proses setor tunai mulai dari pengecekan uang asli, nominal uang tunai, dan teller yang bertugas.

2. Dilayani Oleh Teller Professional

Kelebihan selanjutnya adalah Sobat Pintar dapat dilayani oleh staff atau teller profesional. Jadi, Sobat Pintar bisa merasakan pelayanan mereka yang baik.

3. Menerima Uang Tunai Dalam Pecahan Apapun

Kelebihan yang kedua adalah, Sobat Pintar dapat menyetor uang dalam pecahan berapapun. Meskipun Sobat Pintar ingin menabung dari uang celengan yang dominan uang receh. Bank akan selalu menerima asalkan itu merupakan uang yang asli.

Kekurangan Setor Tunai di Kantor Cabang

Meskipun Sobat Pintar melihat secara langsung proses setor tunai, tetapi ada beberapa kekurangan dalam menggunakan opsi ini:

1. Jam Operasional Terbatas

Sobat Pintar harus datang di saat jam operasional kantor cabang bank tersebut. Jika melewati jam tersebut, maka Sobat Pintar harus datang di kemudian hari.

2. Rawan Pencurian

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi saat berada di jalan. Bisa jadi, Sobat Pintar akan mengalami kejadian yang tidak diinginkan sehingga uang tunai tersebut dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

3. Proses yang Lama

Kekurangan selanjutnya adalah proses yang memakan waktu lama. Jika Sobat Pintar datang di waktu sepi, maka kemungkinan transaksi setor tunai dapat berjalan hingga 20 menit.

Cara Setor Tunai BRI dengan ATM CDM

Sumber: Unsplash / Atl Text: Contoh cara setor tunai BRI di ATM CDM

Selanjutnya, Sobat Pintar juga dapat melakukan setor tunai dengan melalui ATM CDM. Berikut adalah cara setor tunai BRI dengan ATM CDM.

  1. Kunjungi gerai mesin ATM yang menyediakan mesin CDM di lokasi terdekat Sobat Pintar.
  2. Siapkan uang tunai yang ingin disetorkan. Pastikan uang tersebut dalam keadaan yang layak, seperti tidak sobek, ada coret-coretan, atau terlipat.
  3. Pastikan uang tunai tersebut dalam pecahan Rp.50.000 atau Rp.100.000.
  4. Masukkan kartu ATM BRI ke mesin CDM.
  5. Kemudian, pilih “Setor Tunai” di mesin ATM.
  6. Selanjutnya, mesin secara otomatis membuka tempat untuk menaruh uang.
  7. Masukkan sejumlah uang tersebut ke dalam mesin ATM CDM.
  8. Tunggu hingga mesin selesai melakukan pengecekan keaslian uang, kelayakan uang, dan nominal uang.
  9. Jika mesin menolak uang tersebut, kotak mesin akan terbuka dan meninggalkan uang yang tidak layak.
  10. Namun, jika mesin menerima uang tersebut, mesin ATM akan menampilkan jumlah nominal yang ingin disetorkan.
  11. Kemudian, pilih “Setor ke Rekening Pribadi” atau “Setor ke Rekening Lain” sesuai dengan tujuan Sobat Pintar.
  12. Jika Sobat Pintar ingin setor ke rekening pribadi, secara otomatis mesin akan menambahkan nominal tabungan Sobat Pintar.
  13. Namun, jika Sobat Pintar hendak menyetor ke rekening lain, maka Sobat Pintar akan diminta untuk memasukkan nomor rekening tujuan.
  14. Setelah itu, periksa kembali nama penerima dan nomor rekening penerima.
  15. Setelah yakin benar, tekan “Ya” untuk melanjutkan proses setor tunai.
  16. Mesin akan mencetak bukti transaksi kepada Sobat Pintar. Simpan bukti tersebut di dalam dompet sebagai bukti transaksi.

Kelebihan Setor Tunai di ATM CDM

1. Proses Cepat

Kelebihan pertama setor tunai di ATM CDM adalah proses yang cepat. Sobat Pintar tidak perlu mengisi form setor tunai seperti di kantor cabang. Hanya dengan beberapa kali klik saja, transaksi bisa berjalan dengan cepat.

2. Tersedia 24 Jam

Kelebihan yang kedua adalah, Sobat Pintar dapat melakukan transaksi setor tunai selama mesin masih berfungsi. Kebanyakan, gerai ATM tidak memiliki jam operasional yang terbatas, jadi Sobat Pintar dapat mengunjungi mesin tersebut bahkan di malam hari.

3. Dekat Dengan Rumah

Biasanya, kantor cabang bank terletak di daerah perkantoran yang biasanya terletak jauh dari rumah kita. Sedangkan mesin ATM CDM ini tersedia di minimarket terdekat di sekitar rumah atau kompleks perumahan.

Kekurangan Setor Tunai di ATM CDM

1. Hanya Menerima Uang Pecahan Tertentu

Cara Setor Tunai BRI Melalui ATM Dengan Aman

Sumber: Unsplash / Alt Text: Cara Setor tunai BRI

Tidak seperti kantor cabang yang menerima uang pecahan dalam bentuk apapun. Mesin ATM CDM hanya bisa menerima uang tunai dengan pecahan Rp.50.000 atau Rp.100.000 saja. Selain pecahan tersebut, mesin tidak dapat melanjutkan proses setor tunai.

Baca juga: Cara Aktivasi dan cara Bayar Menggunakan Shopee Paylater

2. Tidak Menerima Uang Rusak

Kekurangan yang kedua adalah, mesin ATM CDM tidak dapat menerima uang yang tidak layak seperti sobek, coretan, terlibat, kusut, dan lain-lain. Jadi, hanya uang kertas dalam kondisi yang baik saja yang dapat diterima oleh mesin ATM CDM.

3. Mesin Error

Kekurangan cara setor tunai BRI yang terakhir adalah Sobat Pintar tidak dapat melakukan setor tunai jika mesin sedang error. Dengan begitu, Sobat Pintar harus cari gerai ATM di lokasi lain atau harus datang ke kantor cabang bank terdekat untuk setor tunai.

Baca juga: Fungsi Internet Banking Untuk Berbagai Keperluan Transaksi

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
10 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download