Apa Itu KTA? Mari Kita Pahami Manfaat Pengajuannya

16 May 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 21 Sep 2022

Apa itu KTA? Pertanyaan ini akan kita ulas dalam pembahasan dalam artikel singkat ini. Secara umum, definisi KTA adalah pinjaman pada yang ditawarkan oleh bank tanpa harus memberikan jaminan apapun. Kependekan dari Kredit Tanpa Agunan, produk pinjaman dana ini banyak diminati oleh masyarakat.

Baca Juga: Butuh Rekening Bank untuk Pencairan Pinjaman Kredit Pintar? Ini Solusinya!

Pinjaman dana kredit tanpa jaminan ini memberikan kemudahan bagi calon nasabah untuk mendapatkan dana pinjaman tanpa harus memberikan jaminan. Sistem kredit tanpa agunan ini juga lebih sederhana meskipun dibatasi dalam jumlah nominal pinjaman. Jika Anda tertarik mengenai pinjaman KTA ini akan lebih baik jika memahami terlebih dahulu manfaat pengajuannya secara mendalam.

Mengenal Sistem Pinjaman KTA dan Manfaatnya

KTA atau kredit tanpa agunan ini menjadi semakin berkembang di Indonesia dan semakin banyak peminatnya. Dengan metode pinjaman dana seperti ini Anda tidak perlu menjaminkan barang maupun dokumen untuk sekedar mendapatkan dana.

Adanya kredit tanpa agunan ini tentunya merupakan produk yang sangat membantu nasabah dan memfasilitasi adanya kredit tanpa membebankan calon nasabah untuk mempersiapkan jaminan atas pinjaman yang diajukan. Menjadi solusi ketika sedang membutuhkan dana secara mendesak, karena kredit tanpa agunan tentunya lebih cepat jika dibandingkan dengan jenis kredit pinjaman lainnya.

Salah satu bank di Indonesia yang menawarkan pinjaman KTA secara mudah adalah BNI. Bank Himbara ini menawarkan pinjaman dana tanpa agunan yang dengan persyaratan yang sangat mudah. Berikut kami berikan ulasan singkat mengenai persyaratan dalam pengajuan KTA ke bank BNI.

  1. Pendapatan minimum bulanan adalah sebesar 3 juta
  2. Umur pemotongan minimum adalah 21 tahun
  3. Umur pemohon kredit pinjaman KTA adalah 55 tahun pada saat pelunasan
  4. Memiliki kartu kredit minimal 1 tahun
  5. Adanya limit pada kartu kredit minimal 5 juta.

Pengertian apa itu KTA tentunya mudah untuk dipahami. Fasilitas kredit ini juga banyak diberikan sebagai fasilitas kepada pegawai aktif yang memiliki penghasilan tetap atau fix income, untuk keperluan konsumtif yang tidak bertentangan dengan peraturan maupun Undang-Undang yang berlaku.

Kemudahan yang bisa Anda dapatkan ketika melakukan pinjaman KTA tentunya ada banyak, dengan berbagai kemudahan antara lain sebagai berikut:

  1. Bisa melakukan pinjaman dengan maksimum plafond untuk kredit hingga 500 juta.
  2. Adanya maksimum tenor bisa sampai 15 tahun
  3. Pinjaman ini dilakukan tanpa adanya jaminan atau agunan.

Manfaat Pengajuan Kredit KTA

Apa itu KTA? Ya, istilah ini tentu sudah tidak asing lagi untuk masyarakat di Indonesia. Kependekan dari kredit tanpa agunan, jenis pinjaman ini banyak diminati karena tidak perlu memberikan jaminan apapun ke bank peminjam. Manfaat pengajuan KTA ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan, berikut beberapa contohnya.

  1. Untuk melakukan renovasi rumah

Salah satu manfaat pinjaman KTA yang banyak diminati adalah untuk kebutuhan renovasi rumah. Kebutuhan renovasi rumah juga bisa dirasakan hasilnya dan tidak akan hangus begitu saja. Rumah atau tempat tinggal merupakan kebutuhan primer yang harus terpenuhi, sehingga pengajuan pinjaman untuk kebutuhan ini akan lebih mudah.

  1. Untuk kebutuhan pembelian barang penunjang pekerjaan

Dalam hal ini, pembelian barang seperti meja & kursi kerja, laptop dan perlengkapannya bisa dibeli dengan pengajuan kredit KTA. Manfaat kredit tanpa agunan seperti ini umumnya disetujui karena secara tidak langsung digunakan sebagai modal dan diputarkan untuk kebutuhan yang lebih produktif.

  1. Bisa digunakan sebagai dana darurat

Dana darurat yang dimaksud adalah biaya pengobatan. Dalam kasus ini tentunya KTA akan mudah dicairkan tanpa memberikan jaminan atau agunan.

  1. KTA bisa dimanfaatkan untuk dana pernikahan

Pinjaman kredit tanpa agunan atau KTA untuk biaya pernikahan merupakan salah satu manfaat yang bisa dinikmati. Namun demikian, pinjaman untuk dana pernikahan ini akan lebih baik jika tidak digunakan semua untuk biaya pernikahan namun juga disisihkan sebagai tabungan pernikahan.

  1. Digunakan sebagai biaya pendidikan

Pendidikan merupakan kebutuhan yang sangat penting. Sehingga banyak bank yang dengan mudah memberikan kredit KTA untuk biaya pendidikan ini. Sebagai contoh untuk membayar uang UKT, biaya masuk ke perguruan tinggi, memenuhi kebutuhan sekolah dan lain-lain.

  1. Digunakan untuk modal usaha

Jika ada pertanyaan apa itu KTA? Ya, sangat mudah dijawab. Istilah ini dipakai untuk pinjaman dana yang memiliki fungsi penting, salah satunya adalah sebagai modal usaha. Dalam hal ini, pinjaman tanpa agunan akan dengan mudah dicairkan. Karena KTA ini merupakan produk pinjaman tanpa jaminan aset, sehingga bagi pebisnis, hal itu sangat menguntungkan.

Baca Juga: Mudah! Ini Cara Mengecek Riwayat Kredit

Dari uraian di atas bisa kita simpulkan mengenai apa itu KTA. KTA atau kredit tanpa agunan ini banyak diminati karena prosesnya yang sangat mudah dan tidak membutuhkan adanya jaminan layaknya pinjaman kredit pada umumnya yang harus memberikan jaminans eperti sertifikat tanah, surat kendaraan, surat pengangkatan pegawai dan lain sebagainya.

Adanya fasilitas KTA tentunya memiliki manfaat yang bisa membantu jika sewaktu – waktu diperlukan, khususnya untuk kebutuhan darurat. Tanpa perlu proses yang panjang dan ribet, kredit tanpa agunan ini bisa segera cair, namun juga harus memperhatika persyaratan – persyaratan tertentu.

Keunggulan Pinjaman KTA

Pinjaman dana KTA sudah umum di Indonesia. Lalu apa itu KTA? Merupakan jenis pinjaman dana yang bisa diajukan tanpa perlu memberikan agunan atau jaminan. Pengajuan dana tipe ini menawarkan berbagai keunggulan jika dibandingkan dengan pinjaman dana lainnya

Lalu apa saja keunggulan dari pinjaman KTA ini? Berikut beberapa poin – poinnya.

  • Tidak membutuhkan barang atau dokumen sebagai jaminan atau agunan. Hal ini tentunya akan memudahkan calon nasabah kredit dalam mengajukan pinjaman untuk kebutuhan mendesak.
  • Biaya administrasi kredit KTA lebih ringan jika dibandingkan jenis kredit pinjaman lainnya. Adanya biaya admin yang kecil ini tidak akan memberatkan peminjam.
  • Proses yang singkat dalam pencairan dana. Adanya durasi yang cukup singkat pada proses pencairan dana merupakan salah satu keunggulan kredit KTA yang banyak diminati.
  • Bisa diandalkan untuk kebutuhan darurat seperti membayar tagihan rumah sakit, untuk penanggulangan bencana dan lain sebagainya.
  • Hampir semua bank di Indonesia memiliki sistem kredit KTA yang bisa digunakan oleh siapa saja tanpa perlu memberikan jaminan.
  • Penggunaannya lebih fleksibel dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan, baik keperluan darurat, mendesak maupun digunakan sebagai modal usaha.

Adanya pinjaman kredit KTA ini memberikan kemudahan bagi nasabah kredit untuk meminjam dana karena kebutuhan tertentu yang sifatnya penting. Namun demikian perlu dicermati pula bahwa ada persyaratan – persyaratan tertentu yang harus dipenuhi pada saat Anda ingin mengajukan pinjaman dan tanpa agunan ini.

Baca Juga: Cara Buka Rekening Online Tanpa ke Bank

Dari rangkaian ulasan di atas bisa dipahami dengan jelas tentang apa itu KTA. Secara umum KTA atau kredit tanpa agunan ini adalah fasilitas yang ditawarkan oleh bank kepada nasabah untuk pengajuan pinjaman dana tanpa perlu adanya jaminan.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download