5 Langkah Awal Menggunakan Modal Bisnis untuk Memulai Usaha

07 Feb 2021 by Andro
modal bisnis

Tentunya jika seseorang ingin memulai usaha harus terlebih dahulu menyiapkan modal bisnis. Dalam hal modal, banyak orang mungkin langsung mempertimbangkan investasi atau modal lain yang dapat diukur secara fisik. Pemikiran seperti ini sebenarnya tidak salah.

Memulai usaha memang butuh uang. Intinya harus dikeluarkan sama sekali. Namun, sebelum memasuki dunia bisnis, selain uang, ada beberapa hal yang penting.

Sebelum memulai bisnis, pastikan Anda sudah mempersiapkan hal berikut ini:

1. Memiliki Pemahaman yang Baik Tentang Pasar Potensial

modal bisnis

Tentunya dalam industri apapun, pasti ada produk dan jasa yang perlu dijual. Oleh karena itu, yang terbaik adalah terlebih dahulu mempelajari siapa yang mungkin menjadi pasar potensial untuk bisnis Anda. Dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat, pemahaman mendalam tentang pasar potensial akan membantu Anda.

Misalnya jika produk yang ingin Anda jual adalah produk anak-anak, sebelum Anda mulai menjual produk tersebut, Anda harus terlebih dahulu mengetahui berapa uang jajan yang dimiliki anak – anak di pasaran dan berapa pendapatan orang tuanya, jadi ketika Anda mulai memasarkan produk, Anda dapat menentukan harga produk agar terjangkau untuk pasar potensial Anda.

2. Lokasi Strategis untuk Bisnis

Anda mungkin pernah melihat pijat refleksi di mall. Sekilas mungkin terasa aneh menemukan tempat pijat refleksi di antara penyewa yang menjual pernak pernik atau barang lainnya.

Namun jika dipikir-pikir dengan matang, jika target marketnya adalah mereka yang merasa lelah setelah seharian berbelanja di shopping mall, maka mall merupakan lokasi yang strategis untuk bisnis pijat refleksi.

Di antara aset lainnya, lokasi yang strategis dapat memberikan manfaat yang nyata. Oleh karena itu, setelah menentukan potensi pasar yang ingin dibidik, pastikan untuk mencari lokasi bisnis yang strategis berdasarkan aktivitas pasar Anda.

3. Tampilan yang Menarik

Sebagai perusahaan baru, mungkin tidak banyak orang yang mengenal perusahaan Anda. Oleh karena itu, penting untuk menunjukkan produk yang ingin dijual dengan tampilan yang benar-benar menarik. Penampilan yang cantik bisa menarik perhatian orang yang lalu lalang di lokasi usaha Anda.

Jika demikian, Anda akan lebih mudah memasarkan bisnis Anda. Jika bisnis yang ingin Anda pasarkan tidak memiliki produk fisik tetapi layanan, pastikan tempat bisnis yang menyediakan layanan tersebut didekorasi dengan indah dan terlihat unik.

4. Jaringan yang Kuat

Internet bisa dibilang salah satu modal bisnis terpenting, apalagi jika Anda memang ingin memulai bisnis dari nol.

Sebagian besar perusahaan besar tidak langsung menjual produk yang dihasilkannya, tetapi mencari kerjasama dan peluang investasi terlebih dahulu, sehingga semua dana yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha semacam ini tidak akan langsung habis karena kerjasama tersebut.

Untuk alasan yang sama, beberapa praktisi juga bersedia untuk berpartisipasi dalam “sekolah”, “kursus” atau “komunitas”, meskipun mereka sudah sangat ahli di bidang jasa pemasaran, karena jaringan profesional biasanya terbentuk di tempat-tempat ini.

Pada akhirnya, ketika mereka mulai memasarkan produk atau layanan, mereka sudah memiliki jaringan yang mendukung pemasaran. Harap pertimbangkan dengan cermat apakah akan membangun jaringan untuk bisnis yang ingin Anda ikuti.

5. Manfaatkan Media Sosial dengan Baik

Jika jaringan yang perlu dibangun sebelumnya bersifat langsung, maka model yang tidak kalah pentingnya adalah jaringan di dunia maya. Media sosial adalah tempat terbaik untuk menerapkan kekuatan komunikasi dari mulut ke mulut atau pemasaran dari mulut ke mulut.

Jika Anda menggunakannya dengan benar, bisnis yang ingin Anda lakukan dapat digunakan. Jika perlu, Anda juga dapat menggunakan layanan influencer atau buzzer untuk mempromosikan produk atau layanan Anda.

Faktanya, banyak pebisnis muda yang baru memulai bisnisnya, namun karena berhasil menerapkan strategi pemasaran yang tepat di media sosial, mereka langsung meraih kesuksesan dan terus melejit.

Saat Anda menghadapi masalah keuangan, seperti kekurangan modal bisnis, biaya pengobatan atau biaya pendaftaran, pinjaman online terbaik dari Kredit Pintar mungkin bisa menjadi salah satu solusi keuangan terbaik.

Melalui kreditpintar.com, Anda dapat mengajukan pinjaman online dari lembaga keuangan terbaik di Indonesia untuk memenuhi berbagai kebutuhan mulai dari modal bisnis kecil dan menengah hingga besar.

Apa itu Pinjaman Online?

Pinjaman tanpa agunan atau yang lebih dikenal dengan pinjaman online merupakan salah satu bentuk pinjaman yang tidak menggunakan aset sebagai jaminan atas pinjaman tersebut.

Dalam layanan pinjaman online ini disediakan oleh lembaga keuangan berbasis online atau perusahaan pinjaman P2P.

Dengan persyaratan yang sederhana dan metode pengajuan yang praktis, tidak heran jika pinjaman online menjadi salah satu produk keuangan yang paling diminati, khususnya bagi masyarakat Indonesia.

Ciri-Ciri Pinjaman Online Terbaik dan Terpercaya

1. Terdaftar di OJK

Logo pinjaman online terbaik dan terpercaya telah terdaftar di OJK. Sampai batas tertentu, hal ini membuktikan keabsahan perusahaan pinjaman online, yang dapat membuat Anda sebagai nasabah merasa aman dan nyaman saat ingin mengajukan pinjaman.

Untuk mengetahui perusahaan pinjaman online mana yang resmi terdaftar di OJK, Anda bisa langsung mengeceknya di situs resmi ojk.go.id. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi website resmi pinjaman online itu sendiri dan melihat logo OJK yang biasanya terpampang di bagian bawah website.

3. Transparan Tentang Semua Biaya dan Bunga

Sebagai pinjaman online terbaik, perusahaan harus transparan tentang segala biaya dan bunga nasabah, serta hal-hal lain seperti prosedur pengajuan dan waktu pembayaran.

Pemberi pinjaman juga akan, sebagai pelanggan, dengan jelas menjelaskan kepada Anda bunga, biaya keterlambatan, biaya manajemen dan biaya lainnya. Dengan cara ini, Anda akan mengetahui secara pasti bunga dan tagihan yang harus dibayarkan setiap bulan, tanggal jatuh tempo pembayaran, dll.

4. Memiliki Website Resmi

Fitur lain pinjaman online terbaik dan terpercaya yang perlu Anda ketahui yaitu situs resminya. Pasalnya, sebagai layanan berbasis online, perusahaan pinjaman harus memiliki website resmi yang dapat diakses oleh calon nasabah secara publik.

5. Miliki Kontak yang Jelas

Melalui informasi kontak yang jelas dan terjangkau, nasabah dapat memastikan bahwa perusahaan yang dihubungi merupakan perusahaan pinjaman online terbaik dan terpercaya.

Pastikan kontak yang diberikan bukan hanya telepon customer service 24 jam, tapi juga telepon kantor pusat, alamat email, media sosial, dll.

Mengumpulkan modal bisnis memang penting, namun jika ingin bisnis Anda sukses, jangan lupa siapkan kelima jenis modal di atas. Jangan lupa tingkatkan ketekunan saat berbisnis. Ketahuilah bahwa sebagai seorang pengusaha, etika profesional yang baik memainkan peran kecil dalam memastikan bahwa bisnis yang Anda geluti tidak akan segera bangkrut!

Baca Juga:

8 Keunggulan Utama Aplikasi Kredit Pintar

Pinjaman Online Bunga Rendah 2021 Untuk Kebutuhan Jelang New Normal

mobile-closeKredit PintarDownload