Ketahui Biaya Ganti Oli Mobil di Bengkel dan di Rumah

21 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 28 Mar 2022

Mengganti oli secara rutin merupakan kewajiban bagi pemilik mobil. Hal itu karena oli berperan penting bagi kinerja mesin mobil. Oleh karena itu, kamu wajib mengetahui biaya ganti oli mobil.

Oli memang memiliki peranan penting bagi mobil. Saat mesin bekerja, oli akan menjalankan tugasnya, yaitu melindungi sekaligus menjaga performa mesin agar tetap optimal. Itulah sebabnya oli harus rutin diganti agar mesin tidak cepat mengalami kerusakan.

Baca juga: Tips Memilih Mobil Bekas Murah di Bawah 30 Juta dan 50 Juta

Mengganti oli dapat dilakukan dengan berbagai cara. Kamu dapat menggantinya di bengkel resmi, bengkel umum, ataupun secara mandiri di rumah. Lantas berapa biaya yang harus disiapkan?

Biaya Ganti Oli Mobil di Bengkel Resmi

Buat kamu yang tidak ingin mengganti oli secara mandiri, kamu dapat membawa mobilmu ke bengkel resmi. Satu hal yang pasti adalah kamu akan dikenakan biaya yang lebih mahal daripada mengganti oli sendiri. Hal itu karena kamu harus membayar satu paket biaya ganti oli mobil.

Saat kamu mengganti oli di bengkel, kamu akan dikenakan biaya untuk jasa penggantian oli, harga oli yang akan digunakan, dan filter oli yang hendak diganti. Biaya ganti oli mobil di bengkel yang harus kamu keluarkan bergantung merek dan tipe mobil, serta jenis olinya. Sebagai contoh, kamu akan dikenakan biaya pada kisaran 400 ribu hingga 500 ribu rupiah jika mobilmu bermerek Avanza.

Biaya tersebut merupakan perkiraan saja. Untuk mengetahui biaya penggantian oli yang lebih pasti, kamu dapat mengeceknya di situs web milik bengkel atau dealer resmi yang sesuai dengan merek mobilmu. Dengan begitu, kamu dapat mempersiapkan biayanya sebelum mengunjungi bengkel tersebut.

Biaya Ganti Oli Mobil di Bengkel Umum

Penggantian oli tidak hanya dapat dilakukan di bengkel resmi saja. Kamu juga dapat mengganti oli mobil di bengkel umum. Hal ini dapat kamu lakukan apabila jarak rumahmu ke bengkel resmi cukup jauh.

Baca juga: 4 Tips Melakukan Cicilan Mobil dengan Aman

Tidak hanya itu, biaya ganti oli mobil di bengkel umum biasanya lebih terjangkau. Setidaknya kamu diharuskan membayar biaya ganti oli mobil sekitar 300 ribu. Namun, kamu juga perlu mengeluarkan biaya tambahan sekitar 50 ribu membayar jasa montir.

Mengganti oli di bengkel umum kemungkinan lebih cepat daripada melakukannya sendiri. Hal itu karena montir yang bekerja sudah memiliki jam terbang tinggi. Dengan begitu, kamu tidak perlu menunggu terlalu lama, kecuali jika sedang antre.

Biaya Ganti Oli Mobil di Rumah

Cara ketiga mengganti oli mobil adalah dengan melakukannya sendiri di rumah. Akan tetapi, pastikan kamu telah mengetahui cara mengganti oli mobil dengan benar. Hal itu untuk menghindari kesalahan tertentu yang tidak diharapkan.

Biaya ganti oli mobil secara mandiri di rumah juga bisa lebih terjangkau daripada di bengkel. Hal itu karena kamu tidak perlu membayar biaya jasa montir. Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya untuk membeli oli beserta filternya.

Setidaknya kamu perlu menyiapkan sekitar 300 ribu sebagai biaya ganti oli mobil di rumah. Namun,  jumlah tersebut bisa lebih menyesuaikan jenis oli yang dipakai. Apabila kamu merasa biayanya cukup mahal, kamu dapat melakukan pinjaman secara online melalui Kredit Pintar.

Alasan Harus Rutin Mengganti Oli Mobil

Ada berbagai hal yang perlu diperlukan untuk menjaga performa mobil. Selain melakukan servis secara rutin, kamu juga perlu mengganti oli dalam jangka waktu tertentu. Misalnya, oli mobil perlu diganti saat mobil sudah mencapai 10.000 km.

Setelah mengetahui biaya ganti oli mobil, kamu juga perlu mengetahui alasan harus ganti oli mobil. Dengan mengetahui alasannya, kamu akan semakin memperhatikan perawatan mobil, khususnya dalam hal penggantian oli. Berikut beberapa alasan yang membuat oli mobil harus rutin diganti.

  1. Menjaga Performa Mesin

Satu hal yang wajib dilakukan kalau kamu ingin menjaga performa mesin mobil selalu optimal adalah mengganti oli mobil secara rutin. Oli mobil berperan sebagai pelumas berbagai komponen yang ada. Tanpa adanya pelumas, komponen yang bergesekan berisiko membuatnya cepat rusak.

  1. Mengefisiensi Konsumsi Bakar Bakar

Siapa sangka kualitas oli dapat memengaruhi konsumsi bahan bakar? Ya, keduanya memang saling berkaitan. Kualitas oli yang masih segar akan mengurangi konsumsi bahan bakar.

Sebaliknya, kualitas oli yang sudah kotor akan membuat mesin membutuhkan bahan bakar lebih banyak sebagai tenaga. Nah, dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa penggantian oli secara rutin dapat mengefisiensi konsumsi bahan bakar.

Baca juga: Berbagai Hal Mengenai Sewa Mobil yang Perlu Kamu Ketahui 

  1. Memperpanjang Umum Kendaraan

Salah satu faktor yang mempengaruhi panjang atau tidaknya umur mobil ternyata adalah oli. Oli berperan melumasi dan melindungi mesin mobil secara teratur. Hal itu membuat mesin mobil terus berada pada performa yang optimal.

Selain itu, penggantian oli secara rutin akan menghindarkan mesin dari berbagai pengganggu, seperti debu, kotoran, serpihan, dan sebagainya. Beberapa pengganggu tersebut dapat menjadi pemicu terjadinya kerusakan. Jadi, sudah sepatutnya untuk tidak mengabaikan kondisi oli mobil.

  1. Memperhalus Suara Mesin Mobil

Suara mobil yang halus merupakan tanda kualitas oli yang masih baik. Sebaliknya, oli yang jarang diganti akan menyebabkan suara mesin mobil yang berisik. Tentunya suara mesin mobil yang berisik dapat mengganggu orang di sekitar kamu.

Suara mobil yang berisik juga akan mengganggu kamu saat sedang berkendara. Nah, alangkah baiknya kamu tidak sampai lupa mengganti oli agar suara mesinnya tetap halus. Suara mesin yang halus juga akan membuat perjalananmu menjadi lebih tenang dan nyaman.

  1. Mengurangi Polusi Udara

Pernahkah kamu merasa jengkel karena menjumpai gas mesin yang keluar dari mobil orang lain di jalan? Penyebab hal tersebut adalah kondisi oli yang sudah saatnya diganti. Oli mesin yang sudah tidak baik akan mengeluarkan emisi yang lebih banyak daripada oli bersih.

Jika kamu merasa jengkel dengan emisi yang keluar dari mobil orang lain, sebaiknya kamu rutin mengganti oli mobil. Dengan begitu, gas yang keluar dari mobilmu tidak akan mengganggu dirimu sendiri dan orang lain.

Mengganti oli mobil merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Terlebih setelah kamu mengetahui alasan harus ganti oli mobil yang telah dijelaskan. Selain itu, biaya ganti oli mobil juga relatif terjangkau, apalagi kalau kamu bisa menggantinya secara mandiri.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
28 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download