Tips Memilih Mobil Bekas Murah di Bawah 30 Juta dan 50 Juta

10 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 24 Jan 2022

Mobil menjadi salah satu kebutuhan yang memudahkan seseorang dalam bermobilitas dari suatu tempat ke tempat yang lain. Namun karena harganya yang tidak murah, tidak semua orang mampu membeli kendaraan satu ini. Salah satu pilihan agar bisa memiliki mobil dengan dana yang terbatas adalah dengan membeli mobil bekas murah.

Sayangnya, memilih mobil bekas murah ini tidak semudah yang dikira. Anda wajib memahami dengan bagaimana keadaan mobil tersebut agar mobil yang dibeli sesuai dengan ekspektasi Anda. Anda juga harus mengetahui tips-tips dalam membeli mobil bekas murah agar Anda tidak merasa tertipu. Berikut beberapa tips yang harus dilakukan buat Anda yang ingin membeli mobil bekas murah:

Mengapa Membeli Mobil Bekas? 

Membeli mobil bekas masih menjadi pilihan bagi orang yang membutuhkan kendaraan ini, namun dana yang dimiliki masih terbatas. Jadi, jika ditanya alasan utama seseorang lebih memilih mobil bekas dibandingkan membeli mobil baru adalah karena harga mobil bekas jauh lebih murah dibandingkan mobil baru.

Seperti halnya barang-barang elektronik, kendaraan seperti mobil juga mengalami penyusutan ketika telah digunakan. Harga mobil yang awalnya di atas Rp100 juta bisa turun di bawah Rp100 juta ketika mobil tersebut telah digunakan dalam kurun waktu tertentu. Jadi, buat Anda yang memiliki dana terbatas, Anda tetap bisa mendapatkan mobil yang dibutuhkan dengan membeli mobil bekas ini.

Selain itu, dengan harga yang lebih murah ini, Anda juga tetap bisa mendapatkan semua fitur, khususnya fitur yang berhubungan dengan keamanan pengemudinya. Anda juga bisa mengajukan kredit pembiayaan untuk membeli mobil bekas ini melalui berbagai fasilitas pinjaman kredit yang ada saat ini. Jadi, untuk bisa mendapatkan mobil bekas ini, Anda tidak perlu repot-repot lagi mengunjungi dealer.

Tips Membeli Mobil Bekas Murah di Bawah 50 Juta dan 30 Juta 

Saat membeli mobil bekas, ada berbagai tips yang wajib Anda perhatikan dibandingkan saat Anda membeli mobil baru. Tips-tips ini wajib untuk dilakukan dengan benar. Terlebih buat Anda yang baru pertama kali hendak membeli mobil bekas murah, jangan sampai mengabaikan beberapa tips di bawah ini.

Berikut adalah beberapa tips umum yang perlu dipertimbangkan saat memilih dan memeriksa saat Anda membeli mobil bekas murah:

1. Tentukan Dana yang Dimiliki

Setiap mobil adalah investasi besar, jadi hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghitung anggaran yang akan Anda gunakan untuk membeli mobil bekas. Jika perlu, cari tahu cara terbaik untuk membiayai mobil Anda, apakah itu pinjaman pribadi, pembiayaan kendaraan atau uang tunai langsung.

Jika Anda ingin membelinya secara kredit, cari tahu berapa banyak yang dapat Anda masukkan ke dalam deposito, dan kemudian hitung pembayaran bulanan yang Anda mampu. Lakukan hal ini dan Anda tidak akan terlihat bingung ketika penjual bertanya kemampuan Anda untuk membayarnya setiap bulan.

2. Tetap di Atas Harga Pasar Mobil Bekas

Buat Anda yang ingin membeli mobil bekas, mencari informasi di berbagai situs di internet adalah cara yang tepat untuk melihat apa yang ada di sekitar dan apa yang Anda mampu. Anda dapat melihat ukuran yang baik terkait mobil yang Anda butuhkan.

Dengan begitu banyak pilihan yang ada di inetrnet, Anda juga tidak perlu terburu-buru membeli mobil jika menurut Anda itu bukan mobil yang tepat untuk Anda. Jika Anda melihat model mainstream, maka akan selalu ada banyak contoh yang ditawarkan jika harganya tidak tepat.

3. Periksa Semua Dokumen Secara Menyeluruh

Tidak ada gunanya menempelkan nilai apa pun pada tumpukan kertas yang disertakan dengan mobil bekas jika Anda tidak siap untuk memeriksanya. Jika Anda membeli dari perorangan dan bukan dari dealer, mulailah dengan memeriksa surat-surat mobil yang akan Anda beli. Periksalah dengan benar mulai dari nomor rangka motor, nomor mesin, STNK, hingga BPKB. Jangan sampai Anda membeli mobil dengan surat-surat yang telah digadaikan.

4. Periksa Mobil dengan Hati-hati di Siang Hari dan Cuaca Cerah

Tips selanjutnya adalah periksa mobil dengan hati-hati di siang hari dan cuaca sedang cerah. Luangkan waktu Anda untuk memeriksa setiap panel, dan semua permukaan mobil. Ini alasan kenapa Anda harus memeriksa keadaan mobil di siang hari dan cuaca cerah, karena saat siang hari dan cuaca cerah Anda dapat melihat keadaan permukaan body mobil dengan baik.

Mobil yang lebih tua pasti memiliki baret atau lecet, jadi yang lebih penting adalah memastikan semua switchgear dan aksesori berfungsi. Pastikan juga Anda memeriksa bagian dalam mobil, seperti AC hingga jok mobil dengan baik.

5. Lakukan Test Drive secara Menyeluruh

Sangat penting untuk memastikan bahwa mobil mengemudi dan menangani dengan benar, dan berfungsi seperti yang Anda harapkan. Apakah mobil dapat dihidupkan dengan mudah? Apakah ada suara yang tidak biasa dari mesin atau rem? Apakah kemudi menarik ke satu sisi? Apakah ada tanda asap yang keluar dari knalpot?

Periksa dengan baik saat melakukan test drive dan pastikan juga Anda memiliki asuransi saat melakukan test drive ini.

6. Menyelesaikan Kesepakatan dan Membayar Mobil

Ketika Anda telah menyepakati harga dan akan membeli mobil, pastikan semua persyaratan disetujui secara tertulis, dengan tanda terima yang dapat ditandatangani kedua belah pihak dan simpan salinannya. Ini harus menunjukkan rincian kendaraan, harga, dan syarat penjualan serta nama dan alamat penjual dan pembeli.

Setelah semua disepakati oleh kedua belah pihak, Anda bisa melakukan pembayaran untuk mobil ini. Anda bisa membayar mobil bekas murah secara tunai maupun transfer sesuai kesepakatan dengan penjual mobil.

Rekomendasi Mobil Bekas Murah di Bawah Rp30 Juta dan Rp50 Juta

Kata siapa Anda tidak bisa membeli mobil bekas dengan budget dibawah Rp30 juta dan Rp50 juta? Ada beberapa rekomendasi mobil bekas buat Anda yang ingin memiliki mobil bekas dengan dana terbatas.

Dengan dana di bawah 30 juta dan 50 juta, Anda dapat membeli Toyota Kijang dengan mesin 1.000 cc keluaran tahun 2002. Ada juga mobil Hyundai Atoz dengan mesin 1.000 cc keluaran tahun 2002. Dari merek Honda, Anda bisa mendapatkan Honda Accord 2.300 cc keluaran tahun 1999. Mobil-mobil di atas bisa didapatkan dengan harga di bawah 30 juta dan 50 juta, tergantung bagaimana keadaan mobil tersebut.

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai tips membeli mobil bekas murah yang dapat Anda lakukan. Buat Anda yang membutuhkan mobil untuk aktivitas sehari-hari namun dana masih terbatas, Anda bisa mengajukan pinjaman uang di Kredit Pintar. Kredit Pintar merupakan aplikasi pinjaman online terpercaya untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda, termasuk untuk membeli mobil bekas murah. Kunjungi website dan media social Kredit Pintar untuk informasi dan promo lebih lengkapnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
24 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download