Perbedaan Diskon dan Cashback yang Perlu Diketahui

22 Jun 2021 by Laruan
Perbedaan Diskon dan Cashback yang Perlu Diketahui

Teknologi baru tidak hanya merevolusi cara kita hidup, tetapi juga mengubah cara bisnis memasarkan ke pelanggan baru. Contoh dari perubahan ini adalah meningkatnya penggunaan promosi cashback. Inilah mengapa bisnis saat ini lebih memilih cashback daripada diskon tradisional. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang perbedaan diskon dan cashback dan yang mana lebih sepadan dengan anggaran Sobat Pintar!

Apa itu Diskon?

Diskon mendatangkan lebih banyak penjualan dalam jangka pendek. Jadi, untuk meningkatkan penjualan dalam jangka panjang, Sobat Pintar perlu mengembangkan strategi lain.

Untuk memastikan hal ini, Sobat Pintar harus banyak berinvestasi dalam aktivitas penjualan dan promosi pemasaran. Dengan aktivitas dan promosi ini, Sobat Pintar bertujuan untuk membangun merek yang kuat dalam hal pendapatan yang lebih banyak, margin yang lebih besar, dan loyalitas pelanggan yang lebih tinggi. Tapi, kebanyakan dari penjual melakukan kesalahan yang sama secara teratur yang merusak nilai merek. Kesalahan ini menjalankan promosi diskon secara terus menerus.

Ketika Sobat Pintar menawarkan diskon tradisional, Sobat Pintar merendahkan produk dan merek Sobat Pintar. Penting untuk diperhatikan bahwa diskon bukanlah satu-satunya strategi yang valid.

Apa itu Cashback?

Cashback adalah oopsi di mana persentase biaya produk dikembalikan. Sobat Pintar dapat menawarkan insentif cashback untuk mendorong lebih banyak bisnis online dan offline tanpa merendahkan atau merusak merek Sobat Pintar. Konsumen harus membeli salah satu produk yang dipromosikan. Kemudian ‘mereka harus mengisi formulir di situs web promosi dan mengunggah bukti pembelian. Setelah itu, kami menerima dan memvalidasi informasi tersebut. Kemudian, konsumen menerima pengembalian uang.

Jika Sobat Pintar menjalankan promosi yang tepat atau menggunakan promosi Sobat Pintar secara strategis, itu akan meningkatkan profitabilitas jangka panjang Sobat Pintar. Faktanya, menggunakan jenis insentif yang sama berulang kali adalah salah satu kesalahan terburuk yang biasanya kita lihat dalam strategi promosi pemasaran konsumen.

Saat menjalankan promosi cashback, pelanggan harus ‘melamar’ dan seringkali pengambilannya sangat rendah. Artinya, penawaran tersebut memiliki nilai yang dipersepsikan tinggi. Selain itu, kami menyarankan untuk memperkirakan hasil bahkan sebelum meluncurkan promosi Sobat Pintar. Ini dapat dilakukan dengan kalkulator hasil promosi digital yang sesuai.

Karena umumnya promosi cashback diterapkan di situs web promosi, Sobat Pintar harus membayar sedikit komisi ke situs tersebut agar orang mengkliknya untuk membeli produk atau layanan Sobat Pintar.

Perbedaan Diskon dan Cashback

Walaupun konsepnya mirip, ada beberapa poin yang menyoroti perbedaan cashback dan diskon. Secara singkat, cashback biasanya menawarkan manfaat kredit yang dapat digunakan untuk melakukan pembelian tambahan. Sedangkan diskon menawarkan keuntungan berupa diskon pembayaran langsung, dan konsumen dapat melakukan pembayaran dengan harga diskon.

  1. Waktu:  Cashback biasanya diberikan dalam jangka waktu tertentu, dalam beberapa minggu atau bulan, sehingga tidak dapat langsung digunakan oleh konsumen. Sementara itu, diskon langsung ditawarkan pada saat pembelian, karena bentuknya adalah diskon.
  2. Potongan/Iuran: Ada kalanya, pihak penyelenggara cashback mengenakan semacam iuran yang harus dibayarkan oleh konsumen yang biasanya diberikan tenggat waktu. Jika ada keterlambatan dalam pembayaran, maka konsumen akan kehilangan cashback. Tetapi tidak semua penyelenggara cashback memberlakukan iuran semacam ini, banyak pula yang tidak mengenakan iuran apapun. Pada diskon, saat ini marak para penyelenggara diskon membuat semacam keanggotaan atau membership yang berbentuk kartu, tetapi biasanya tidak mengenakan iuran apapun untuk anggotanya.
  3. Masa berlaku:  Cashback umumnya cukup lama untuk digunakan konsumen, yang bisa memakan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Lain halnya dengan diskon yang memiliki masa berlaku cukup singkat, mulai dari sebulan, seminggu, bahkan ada diskon yang hanya bertahan beberapa hari atau jam saja. Setelah periode yang ditentukan berakhir, konsumen tidak akan dapat menerima pengembalian uang atau diskon.
  4. Fleksibilitas:  Bentuk cashback biasanya sudah ditentukan oleh penyelenggara program cashback, konsumen tidak bisa memilih cashback yang akan mereka terima. Misalnya cashbacknya sudah ditentukan hanya terbatas untuk transaksi pembelian barang jenis tertentu, atau bahkan cashbacknya sudah ditentukan berupa produk tertentu, dan sebagainya. Sedangkan diskon sudah jelas bentuknya adalah potongan harga langsung yang harus dibayar oleh konsumen.

Mengapa Cashback Begitu Populer? Apa Bedanya dengan Diskon Tradisional?

cashback

Setelah mengetahui perbedaan cashback dan diskon, mari kita bahas mengapa cashback sebenarnya diminati banyak penjual serta konsumen. Promo diskon telah menjadi cara yang paling umum untuk mempromosikan penjualan dan menarik konsumen baru, tetapi laba atas investasi untuk promosi ini terus menurun dan membuatnya kurang efisien. Diskon juga memiliki efek samping yang tidak diinginkan karena merusak nilai merek dan mencegah pembeli membelanjakan harga penuh untuk pembelian di masa mendatang. Pembeli terbiasa mengaitkan produk Sobat Pintar dengan harga yang sering diturunkan dan memilih untuk membeli merek hanya jika kampanye diskon efektif. Sederhananya, diskon tradisional mengurangi nilai merek Sobat Pintar dan menyebabkan konsumen menganggap merek Sobat Pintar murah atau bahkan berkualitas buruk.

Sebaliknya, kampanye cashback menciptakan insentif untuk membeli tanpa mengorbankan nilai merek atau merugikan merek itu sendiri. Ide tawaran cashback terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Sobat Pintar melakukan pembelian dan penjual membayar kembali sebagian dari harga tersebut. Tapi, pada intinya, ini tidak jauh berbeda dengan diskon, tetapi lebih menguntungkan penjual dalam jangka panjang. Uang kembali berarti sebagian dari tagihan Sobat Pintar dikembalikan kepada Sobat Pintar, tetapi ini tidak selalu berarti diskon tunai. Yang mungkin Sobat Pintar dapatkan adalah kredit toko atau poin yang disimpan di akun Sobat Pintar, yang dapat Sobat Pintar gunakan hanya untuk membeli barang dari pengecer yang sama nanti.

Dari sudut pandang penjual, cashback membuat pelanggan datang kembali. Katakanlah, Sobat Pintar pergi berbelanja di toko dan melihat bahwa mereka memiliki diskon besar untuk beberapa barang. Sobat Pintar mungkin berlebihan berbelanja, tetapi ini tidak berarti Sobat Pintar akan kembali ke toko lagi. Di sisi lain, jika kasir memberi Sobat Pintar kupon saat pembelian Sobat Pintar ditagih, yang hanya dapat Sobat Pintar tukarkan pada pembelian di masa mendatang dari toko yang sama, kemungkinan besar Sobat Pintar akan kembali ke toko untuk memanfaatkan dari kesepakatan itu. Ini adalah kasus yang disebut ilmu ekonomi perilaku sebagai sunk cost fallacy atau keinginan untuk memanfaatkan sesuatu semaksimal mungkin karena Sobat Pintar telah membayar sebagian dari biaya tersebut. Beginilah cara kerja cashback juga.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload