Cara Dapatkan Pinjaman Modal Usaha tanpa Jaminan

24 Aug 2021 by Laruan

Cara Mudah Dapatkan Pinjaman Modal Usaha tanpa Jaminan – Dalam merintis suatu bisnis, modal utama yang harus disiapkan adalah dana yang mencukupi. Dana tersebut bisa diperoleh dari hasil menabung, menjual harta benda seperti properti, kendaraan, dan lain-lain, atau dengan cara melakukan pinjaman ke pihak ketiga. 

Cara Dapatkan Pinjaman Modal Usaha tanpa Jaminan

Untuk cara yang terakhir tersebut, Sobat Pintar bisa mendapatkannya dengan cara menyertakan jaminan atau tidak sama sekali. Khusus untuk pinjaman yang tidak perlu disertai dengan jaminan ini memiliki beberapa keunggulan. Mau tahu bagaimana cara mendapatkan pinjaman tanpa jaminan dan apa saja keunggulannya, simak uraian berikut ini. 

Artikel menarik lainnya: 4+ Cara Daftar BPJS Kesehatan Online & 6 Benefitnya

Keunggulan yang Dimiliki Pinjaman tanpa Jaminan

Para nasabah yang mengajukan pinjaman ke pihak ketiga sebagian besar digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak. Seperti, untuk membayar biaya rumah sakit, biaya pendidikan, dan lain-lain. Namun dengan tingkat kebutuhan yang semakin tinggi, saat ini terdapat penawaran berupa pemberian pinjaman tanpa jaminan sebagai modal usaha. 

Peluang yang satu inilah yang dimanfaatkan para pengusaha untuk mendapatkan dana segar secara singkat. Sebab, mendapatkan pinjaman tanpa jaminan ini memiliki beberapa keuntungan bagi para nasabahnya, diantaranya adalah sebagai berikut: 

1. Pinjaman Bisa Didapatkan Dengan Persyaratan Mudah

Keuntungan pertama yang dirasakan nasabah saat mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan adalah dari persyaratannya yang cukup mudah. Bahkan, diklaim jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan pengajuan pinjaman yang menggunakan jaminan. 

Pihak penyedia dana biasanya hanya memberikan beberapa syarat seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Namun, sebagian lagi harus menyertakan data tambahan seperti slip gaji, buku rekening tabungan, atau kartu kredit yang aktif. 

2. Tenor Pinjaman Tanpa Jaminan Cukup Panjang

Keuntungan kedua yang bisa dirasakan dengan mengajukan pinjaman untuk modal usaha yang tanpa jaminan adalah jangka waktu atau tenornya yang cukup panjang. Masa tenor yang umumnya ditawarkan oleh pihak penyedia dana adalah mulai 12 hingga 60 bulan.

Dengan hadirnya tenor panjang tersebut, nasabah tidak akan merasa terbebani saat akan membayar angsurannya. Intinya, semakin panjang tenor yang Sobat Pintar pilih, maka nominal angsuran yang harus dibayar setiap bulannya akan semakin kecil. 

3. Proses Cepat

Keuntungan ketiga jika melakukan pinjaman modal usaha tanpa jaminan adalah prosesnya yang terbilang cukup cepat. Hal ini dikarenakan tidak adanya jaminan yang harus disurvei atau melakukan pengecekan terhadap keabsahan jaminan berupa surat berharga seperti BPKB, sertifikat rumah, kendaraan bermotor, dan sebagainya. 

Mulai dari proses pengajuan hingga pencairan dana, umumnya membutuhkan waktu paling lama 21 hari kerja. Namun, apabila semua syarat dan dokumen yang dibutuhkan telah terpenuhi, maka dana pinjaman bisa cair hanya dalam kurun waktu sekitar 1 hingga 3 hari saja. Tentunya, hal ini juga tergantung dari kebijakan masing-masing pihak penyedia dana. 

4. Limit Pinjaman Tanpa Jaminan Cukup Besar

Untuk keuntungan yang keempat adalah dalam hal limit pengajuan pinjaman yang bervariasi dan jumlahnya terbilang cukup besar. Untuk rata-rata plafon pinjaman ada di kisaran Rp3 juta hingga Rp300 juta. 

Batasan dana pinjaman tersebut juga tergantung dari kebijakan masing-masing penyedia dana. Pertimbangan lainnya yang akan menentukan besar kecilnya dana yang dicairkan adalah berdasarkan informasi tentang penghasilan bulanan yang Sobat Pintar terima. 

5. Bisa Untuk Apa Saja

Berbeda dengan pinjaman dengan jaminan yang tujuan pengajuannya harus jelas dan bisa dibuktikan. Untuk pengajuan pinjaman modal usaha tanpa jaminan ini bisa Sobat Pintar gunakan untuk apa saja sesuai kebutuhan. 

Misalnya, untuk renovasi rumah, biaya pengobatan, biaya pendidikan, biaya pernikahan, atau sebagai tambahan modal untuk modal usaha. Itu sebabnya, pinjaman jenis ini tidak ditujukan hanya kepada karyawan saja, melainkan kepada para wirausaha yang membutuhkan tambahan dana sebagai modal usaha. 

Cara Mendapatkan Pinjaman tanpa Agunan untuk Modal Usaha

Setelah mengetahui keuntungannya, Sobat Pintar mungkin semakin tergiur untuk mencoba mendapatkan pinjaman dana yang tanpa jaminan tersebut. Untuk bisa mendapatkan dana segar, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar usaha Sobat Pintar bisa dijalankan, diantaranya adalah sebagai berikut: 

1. Kredit tanpa Agunan (KTA)

Cara pertama yang bisa Sobat Pintar pilih adalah dengan mengajukan KTA yang merupakan salah satu metode pinjaman tanpa harus menyerahkan aset berharga yang dijadikan jaminan. KTA dinilai cukup aman karena dijamin dan diawasi secara langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). 

Jumlah plafon yang ditawarkan bisa mencapai ratusan juta rupiah, tergantung dari kebijakan pihak penyedia dana. Untuk proses pencairannya juga tidak butuh waktu lama, yaitu sekitar 3 hari kerja. Sedangkan suku bunga yang berlaku di KTA ini ada di kisaran 0,65 – 2.5% per bulan. 

2. Melalui E-Commerce

Salah satu, cara mendapatkan pinjaman tanpa agunan untuk modal usaha adalah dengan mengajukan pinjaman kepada E-Commerce. Umumnya, pinjaman ini ditujukan kepada seller atau merchant yang berjualan di E-Commerce yang bersangkutan.

3. Koperasi Simpan Pinjam

Melakukan pinjaman kepada koperasi simpan pinjam merupakan cara ketiga yang bisa Sobat Pintar lakukan agar bisa mendapatkan dana segar sebagai modal usaha. Koperasi simpan pinjam ini merupakan salah satu lembaga keuangan yang akan menerima simpanan uang dan memberikan pinjaman.

Dalam hal persyaratan pengajuan pinjaman tidak perlu menyertakan jaminan. Sebab, dana simpanan yang terkumpul itulah yang nantinya digunakan sebagai pinjaman. Hanya saja, pinjaman tersebut hanya ditujukan khusus kepada para anggotanya saja. Jadi, jika ingin mendapatkan dana dari koperasi simpan pinjam, Sobat Pintar harus menjadi anggotanya terlebih dahulu. 

4. P2P Lending

Untuk cara yang keempat, Sobat Pintar bisa memanfaatkan dana yang disediakan oleh P2P Lending. Cara yang satu ini menawarkan jumlah pinjaman yang cukup bervariasi dan juga akses yang cukup mudah. 

Sebagai nasabah, Sobat Pintar hanya perlu menentukan jumlah pinjaman di salah satu platform penyedia P2P Lending dengan tenor yang telah ditentukan. Untuk proses pencairannya terbilang cukup cepat karena hanya membutuhkan waktu beberapa hari saja.

5. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Cara kelima yang bisa dilakukan agar mendapatkan pinjaman tanpa agunan untuk modal usaha adalah dengan cara mengajukan pinjaman ke KUR (Kredit Usaha Rakyat). Sebagai salah satu platform yang menyediakan dana hingga ratusan juta, tidak heran jika terdapat dua sistem pencairan yang berlaku. 

Sistem yang pertama ditujukan untuk nasabah yang mengajukan pinjaman dengan nominal kecil. Jenis pinjaman yang seperti ini biasanya bisa segera diproses tanpa harus menyertakan jaminan atau agunan. 

Persyaratan yang harus dipenuhi diantaranya adalah data seperti KTP, KK, NPWP, surat izin usaha, tidak sedang menerima kredit perbankan, dan usaha yang dirintis telah berjalan minimal selama 6 bulan.

Berbeda dengan nasabah yang melakukan pinjaman hingga mencapai puluhan atau ratusan juta rupiah. Sebagian pihak penyedia dana KUR akan meminta tambahan syarat yang berupa agunan dari nasabah. 

Tanpa adanya modal sebuah bisnis tidak akan bisa berjalan lancar. Untuk memenuhi hal tersebut, Sobat Pintar bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan untuk modal usaha melalui Kredit Pintar, KTA, E-Commerce, P2P Lending, koperasi simpan pinjam, atau KUR. 

Kredit Pintar adalah aplikasi yang aman untuk diandalkan demi mendapatkan pinjaman  tanpa agunan yang aman, karena telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. 

Cara manapun yang dipilih, pastikan Sobat Pintar telah mengetahui syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Semoga sukses!

Artikel menarik lainnya: 6+ Cara Mendapatkan Dana Bantuan Pemerintah 2021 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload