4+ Cara Daftar BPJS Kesehatan Online & 6 Benefitnya

29 Jul 2021 by Rindang Maulidia, Last edit: 25 Sep 2021

Daftar BPJS Kesehatan Online, memudahkan masyarakat untuk mendapatkan akses jaminan pelayanan kesehatan, khususnya di masa pandemi saat ini. BPJS Kesehatan adalah sebuah asuransi yang disediakan dengan metode subsidi silang oleh pemerintah dan bisa digunakan oleh siapapun yang memiliki keanggotaan BPJS Kesehatan.

Asuransi BPJS Kesehatan bisa didaftarkan secara kolektif oleh perusahaan, maupun secara individu bagi masyarakat yang tidak tercatat sebagai tenaga kerja resmi.

Banyak masyarakat yang mengaku telah terbantu dengan adanya asuransi BPJS Kesehatan karena telah menyediakan akses layanan kesehatan untuk rangkaian pemeriksaan, pengobatan, perawatan (rawat inap, rawat jalan), maupun kontrol rutin ke dokter spesialis.

Kemudahan mendapatkan berbagai akses layanan kesehatan tersebut hanya bisa dirasakan oleh masyarakat yang terdaftar dalam BPJS Kesehatan. Berikut adalah informasi lengkap seputar cara daftar BPJS Kesehatan Online dan berbagai hal yang perlu Sobat Pintar ketahui tentang BPJS Kesehatan. 

Banyak kemudahan layanan kesehatan dari BPJS Kesehatan. Simak cara daftar BPJS Kesehatan Online dalam 4 langkah mudah dan 6 manfaatnya.

Perbedaan BPJS Kesehatan dan BPJS Kesehatan Online

Sebenarnya kedua hal tersebut memiliki fungsi yang sama, yaitu memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Indonesia yang terdaftar sebagai anggota. Penyedia layanannya pun juga sama, namun BPJS Kesehatan Online  merupakan perpanjangan layanan BPJS Kesehatan yang tersedia dalam bentuk aplikasi. 

Aplikasi tersebut tersedia di Play Store dan App Store dengan nama Mobile JKN.

Dalam aplikasi tersebut, banyak fitur yang bisa diakses oleh anggota, seperti; informasi peserta, pengubahan data peserta, pengecekan ketersediaan tempat tidur di Rumah Sakit terdekat, pendaftaran layanan kesehatan, hingga pembuatan jadwal konsultasi dokter.

Aplikasi tersebut sangat memudahkan anggota BPJS Kesehatan untuk menikmati fasilitas pelayanan kesehatan tanpa harus keluar rumah. Aplikasi Mobile JKN bisa didownload secara gratis.

Cara Daftar BPJS Kesehatan Online

BPJS Kesehatan Online tersedia bagi semua masyarakat yang telah menginstall aplikasi Mobile JKN di smartphone-nya, baik untuk peserta BPJS maupun non peserta BPJS Kesehatan.

Bagi peserta BPJS Kesehatan, mereka bisa langsung mengakses aplikasi tersebut dengan memasukkan NIK maupun nomor keanggotaan dan membuat password dalam aplikasi untuk keamanan akses pengguna.

Sedangkan, bagi non peserta BPJS Kesehatan, mereka bisa mendaftarkan diri sebagai peserta melalui aplikasi tersebut. Berikut ini adalah perbedaan cara pendaftaran BPJS Kesehatan Online bagi peserta BPJS Kesehatan maupun non peserta.

1.Cara daftar bagi peserta BPJS Kesehatan

  1. Install aplikasi JKN Mobile di smartphone
  2. Pilih “Pendaftaran Pengguna Mobile”
  3. Lengkapi data diri sesuai KTP dan kartu keanggotaan BPJS Kesehatan
  4. Lakukan verifikasi pendaftaran sesuai petunjuk yang ada di layar

2. Cara daftar bagi non peserta BPJS Kesehatan

  1. Install aplikasi JKN Mobile
  2. Klik “Pendaftaran Peserta Baru”
  3. Masukkan data diri sesuai dengan KTP
  4. Pilih fasilitas kesehatan dan fasilitas gigi sebagai tempat yang dituju untuk melakukan klaim.
  5. Lakukan pembayaran iuran peserta melalui Virtual Account.

Syarat Pendaftaran

Untuk melakukan pendaftaran Mobile JKN untuk mengakses BPJS Kesehatan Online, Sobat Pintar harus memenuhi berbagai persyaratan berikut ini.

  • Nomor Identitas, seperti KTP bagi Warga Negara Indonesia atau paspor bagi Warga Negara Asing yang berdomisili di Indonesia
  • Kartu Keluarga asli 
  • NPWP asli
  • Pilihan Faskes Pertama, direkomendasikan bagi Sobat Pintar untuk memilih faskes yang berlokasi dekat dengan tempat tinggal.
  • Alamat E-mail dan nomor HP yang aktif;
  • Pas Foto terbaru 

Manfaat Memiliki BPJS Kesehatan Online

1.Tidak perlu antri langsung ke faskes terdekat.

Dengan mengakses aplikasi Mobile JKN, peserta BPJS Kesehatan bisa dengan mudah tanpa harus menuju ke faskes. Apabila Sobat Pintar tidak memiliki BPJS Kesehatan online, maka bisa dibayangkan berapa banyak waktu yang terbuang untuk mondar-mandir ke faskes pratama dan klinik tujuan. Setelahnya, masih harus mengantri untuk mendapatkan pelayanan.

2.Proses pendaftaran dan pengubahan data diri lebih mudah

Pelaporan perubahan domisili seringkali menjadi proses yang sangat rumit untuk dijalani bagi perantau. Maka dari itu, Sobat Pintar sangat disarankan untuk menginstall aplikasi Mobile JKN untuk mempermudah proses perubahan data diri, termasuk perubahan domisili dan faskes pratama untuk melakukan klaim layanan.

3.Bisa cek tagihan dan lakukan pembayaran dari smartphone

Bagi anggota BPJS Kesehatan, pembayaran iuran anggota sebelum tanggal 10 setiap bulannya adalah suatu kewajiban untuk memperoleh hak berupa fasilitas dan pelayanan kesehatan. Maka dari itu, anggota tidak boleh melewatkan kewajiban tersebut.

Dengan aplikasi Mobile JKN, anggota BPJS Kesehatan bisa cek tagihan beserta nominalnya sebelum melakukan pembayaran setiap bulan. Informasi mengenai cara pembayaran juga akan ditampilkan dalam aplikasi tersebut.

4.Bisa melihat ketersediaan tempat tidur apabila dirujuk untuk rawat inap

Apabila dokter memberikan rujukan kepada anggota BPJS Kesehatan untuk mendapatkan rawat inap, maka hal tersebut juga akan terlindungi dalam BPJS Kesehatan. Keluarga pasien maupun pasien, berhak memilih jenis kamar yang dikehendaki sesuai dengan kelas premi yang dibayarkan.

Dengan mengakses BPJS Kesehatan Online, pasien bisa mencari tahu jumlah ketersediaan tempat tidur di rumah sakit terdekat yang melayani klaim rawat inap menggunakan BPJS Kesehatan.

Artikel lain yang bisa dibaca: Latte Factor, Salah Satu Penyebab Susah Menabung

5.Bisa memantau jadwal praktek dokter apabila hendak melakukan konsultasi

Tidak semua dokter umum maupun dokter spesialis menjalankan praktek di tempat yang sama, selama jam kerja. Maka dari itu, penting bagi anggota BPJS Kesehatan untuk mengetahui jadwal praktek dokter di faskes yang dipilih untuk mengajukan klaim.

Untuk membuat janji temu dengan dokter menggunakan BPJS Kesehatan, Sobat Pintar bisa mengaksesnya melalui aplikasi dengan klik menu Pendaftaran Pelayanan dan ikuti petunjuk selanjutnya yang ada di layar.

6.Lakukan skrining kesehatan secara singkat

Kesehatan adalah hal yang berharga bagi semua orang. Untuk mengetahui kondisi kesehatan secara singkat, seluruh anggota BPJS Kesehatan online, bisa mengakses skrining kesehatan melalui kuesioner singkat untuk melihat adanya resiko penyakit yang tidak disadari.

Kuesioner tersebut bisa diakses melalui aplikasi Mobile JKN.

Apabila hasil menyatakan bahwa pengguna memiliki resiko penyakit tertentu, maka sistem akan merekomendasikan jadwal kontrol ke dokter umum, maupun spesialis, sesuai dengan resiko penyakit yang dimiliki. Namun, apabila ternyata hasilnya sudah cukup baik, maka pengguna diwajibkan untuk mengulang skrining tersebut dalam waktu 3-6 bulan ke depan sambil menjaga kesehatan.

Itulah berbagai hal yang perlu diketahui oleh anggota BPJS Kesehatan mengenai cara daftar BPJS Kesehatan online.

Saat ini, pemerintah menetapkan kewajiban bagi masyarakat Indonesia, baik WNI maupun WNA untuk mendaftarkan diri sebagai anggota BPJS Kesehatan, meskipun sudah terdaftar dalam badan asuransi kesehatan swasta. Hal ini dikarenakan masyarakat wajib bergotong royong untuk meringankan beban layanan kesehatan bagi yang membutuhkan dengan subsidi silang dari BPJS Kesehatan.

Dengan menjadi anggota BPJS Kesehatan, selain bisa memiliki proteksi terhadap resiko penyakit tertentu, kita juga bisa membantu orang lain untuk mendapatkan fasilitas kesehatan yang layak untuk berobat, terutama untuk penyakit kronis.

Demikian, semoga informasi di atas bermanfaat!

Baca juga: 5 Pekerjaan Yang Akan Bertahan di Masa Depan

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
25 Sep 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download