Pentingnya Kode OTP Untuk Mengamankan Akun Kredit Pintar

19 Jun 2021 by Rindang Maulidia

Pentingnya kode OTP untuk mengamankan akun Kredit Pintar. — Sobat Pintar pasti sudah tidak asing lagi dengan Kode OTP, terlebih jika Sobat Pintar adalah pengguna aplikasi Kredit Pintar. 

Pentingnya Kode OTP Untuk Mengamankan Akun Kredit Pintar. Kami akan membahas pentingnya Kode OTP untuk mengamankan akun Kredit Pintar.

Sobat Pintar pasti sudah sering mendapatkan peringatan tentang bagaimana Kode OTP harus dijaga agar akun dan data yang kalian miliki tetap aman.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada Sobat Pintar yang belum sepenuhnya mengerti tentang seluk beluk Kode OTP.

Dalam artikel berikut ini, kami akan membahas pentingnya Kode OTP untuk mengamankan akun Sobat Pintar.

Definisi

Kode OTP adalah sebuah singkatan dari Kode One Time Password, yang berarti sebagai password yang bisa dipakai sekali.

Meskipun sama-sama berfungsi sebagai kode pengaman, namun password dan OTP memiliki fungsi spesifik yang berbeda.

Password digunakan untuk mengamankan akun secara permanen dan bisa diganti secara berkala oleh pemilik akun, sedangkan Kode OTP berfungsi sebagai pengecekan keamanan di tahap verifikasi untuk membuktikan apakah pengguna aplikasi adalah satu-satunya orang yang mengakses aplikasi tersebut dengan data yang sama.

Selain itu, Kode OTP hanya berlaku selama 5 menit dan tidak dapat diganti secara berkala oleh pemilik akun karena pembuatannya dilakukan oleh sistem yang telah terintegrasi dalam aplikasi. 

Kode OTP umumnya berbentuk angka numerik sebanyak 4-6 digit dan dikirimkan melalui SMS kepada nomor handphone pengguna aplikasi, sehingga sebelum memasukkan nomor handphone untuk pengiriman kode OTP, pastikan bahwa nomor serta perangkat yang digunakan bisa menerima SMS dengan baik. 

Bagaimana Kode OTP Mengamankan Akun Kredit Pintar?

Seperti yang telah diuraikan dalam paragraf sebelumnya, Kode OTP berfungsi sebagai verifikasi sistem untuk memastikan bahwa pemilik data tertentu adalah orang yang sama dengan orang yang mengakses suatu aplikasi di waktu yang sama.

Sobat Pintar bisa membayangkan suatu aplikasi tersebut sebagai lubang kunci yang ada di dalam pintu, sementara Kode OTP yang didapatkan pengguna adalah kunci yang cocok dengan lubang pintu tersebut.

Apabila kunci yang dimiliki tidak sesuai dengan lubang kunci yang tersedia, maka tentu saja pintu tidak akan terbuka karena masih terkunci.

Artinya, apabila ada orang lain yang mencoba untuk mengakses akun Kredit Pintar dengan menggunakan data nomor handphone aktif yang Sobat Pintar gunakan pada perangkat sendiri, maka orang tersebut tidak akan bisa mengakses akun milik Sobat Pintar karena mereka tidak menerima SMS yang berisi Kode OTP yang terkirim pada perangkat yang Sobat Pintar gunakan sendiri.

Jadi, selama Kode OTP yang dikirimkan tidak diberitahukan ke siapapun, akun milik Sobat Pintar masih berada dalam keadaan aman. 

Kenapa Kode OTP Bersifat Rahasia?

Pada paragraf sebelumnya, telah disampaikan bahwa pentingnya Kode OTP bisa diibaratkan sebagai kunci pintu sehingga wajib dijaga kerahasiaannya.

Kode OTP bisa memberikan akses penggunaan semua layanan pada aplikasi Kredit Pintar, sehingga akan sangat membahayakan apabila ada pihak tidak bertanggungjawab yang bisa mengakses akunmu karena mengetahui OTP yang kami kirimkan padamu.

Untuk itu, apabila Sobat Pintar menerima Kode OTP, terutama dari Kredit Pintar dengan nama pengirim KPintar, harap jaga kerahasiaannya, ya!

Penggunaan Kode OTP yang dikirimkan oleh nama pengirim KPintar, hanya berlaku bagi pengguna nasabah Kredit Pintar yang selanjutnya hanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi Kredit Pintar serta layanan yang tersedia di dalamnya, termasuk pengajuan pinjaman. 

Skenario Penipuan Yang Memanfaatkan Penggunaan Kode OTP

Kode OTP seringkali menjadi incaran utama dari penipu untuk membajak akun Kredit Pintar.

Celah ini dimanfaatkan oleh penipu dengan menelepon calon korban dan mengaku bahwa mereka adalah staff CS Kredit Pintar untuk mendapatkan Kode OTP yang dikirimkan oleh sistem ke nomor handphone aktif yang didaftarkan.

Apabila penelepon mendesak Sobat Pintar untuk memberikan OTP dengan menggunakan ancaman penyebaran data dan sebagainya, maka kami sarankan agar Sobat Pintar menutup telepon tersebut.

Apabila penelepon tidak berhasil mendapatkan Kode OTP Kredit Pintar, akan ada kemungkinan mereka akan meminta data diri Sobat Pintar berupa; nomor identitas dan bahkan nama Ibu Kandung.

Sobat Pintar, jangan juga berikan data tersebut melalui telepon kecuali pada layanan perbankan melalui customer service yang resmi.

Apabila ada nomor pribadi yang mengatasnamakan Kredit Pintar meminta data tersebut, maka kami menganjurkan Sobat Pintar menutup telepon tersebut dan melaporkan kejadian tersebut ke customer service Kredit Pintar.

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Saya Tidak Menerima Kode OTP?

Sistem pengiriman Kode OTP telah terintegrasi dengan aplikasi, sehingga kecil kemungkinan bagi aplikasi untuk tidak mengirimkan Kode OTP kepada nomor yang terdaftar sebagai penerima kode OTP.

Apabila Sobat Pintar tidak menerima Kode OTP setelah memasukkan nomor handphone milik Sobat Pintar, maka langkah selanjutnya adalah mencari tahu apakah sinyal cukup stabil untuk menerima SMS.

Sinyal adalah salah satu faktor mengapa Kode OTP tidak diterima oleh penerima Kode OTP yang seharusnya.

Faktor berikutnya adalah status keaktifan nomor handphone yang terdaftar pada aplikasi.

Apabila Sobat Pintar tidak menerima Kode OTP, coba cari tahu periode masa aktif yang dimiliki oleh nomor handphone Sobat Pintar karena Kode OTP hanya bisa diterima oleh nomor handphone beserta perangkatnya yang aktif.

Setelah mengetahui pentingnya Kode OTP, apakah Sobat Pintar masih mau secara sukarela membagikannya dengan orang lain?

Cara Menjaga Keamanan Akun Kredit Pintar

Banyak pihak tidak bertanggung jawab bisa melakukan usaha apapun untuk merugikan Sobat Pintar dengan mencatut nama Kredit Pintar.

Untuk itu, apabila Sobat Pintar mengalami kesulitan pinjam dana menggunakan Kredit Pintar, hendak melaporkan kejadian yang dicurigai sebagai penipuan yang mengatasnamakan Kredit Pintar, dan memberikan kritik dan saran seputar produk dan layanan Kredit Pintar, maka Sobat Pintar bisa menghubungi berbagai kanal layanan pelanggan berikut ini.

Facebook : Kredit Pintar

Twitter : @KreditPintar

Instagram : KreditPintar

Email Kredit Pintar: cs@kreditpintar.com

Facebook Messenger : @KreditPintarOfficial

Selalu percayakan kebutuhan finansialmu pada Kredit Pintar sebagai penyedia layanan pinjaman tunai cepat cair yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Download aplikasinya hanya di Google Play!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload