Waspada Joki Pinjol dan Kenali 3 Cara Menghindarinya

30 Dec 2021 by Rindang Maulidia, Last edit: 18 Feb 2022

Saat ini, banyak joki pinjol (pinjaman online) yang pergerakannya tersebar dalam berbagai forum media sosial di Indonesia. Joki pinjaman online biasanya banyak digunakan oleh masyarakat yang tidak bisa mengajukan pinjaman online karena masih memiliki pinjaman yang belum lunas. 

joki pinjol

Namun, mungkin tidak banyak masyarakat yang mengetahui bahwa ada bahaya yang mengintai jika menggunakan jasa joki pinjaman online. Cari tahu selengkapnya tentang apa itu jasa joki pinjol dan cara menghindarinya. 

Apa Itu Joki Pinjol dan Cara Kerjanya

Sama seperti jenis jasa joki lainnya, joki pinjol menyediakan jasa untuk memenuhi suatu pekerjaan dari penggunanya. Berkaitan dengan hal ini, bisa diartikan bahwa jasa joki pinjol menawarkan bantuan kepada masyarakat untuk mengajukan pinjaman online.

Baca juga: 7 Ciri-Ciri Modus Kejahatan Pinjol Abal-Abal

Umumnya, pemilik jasa menawarkan jasa joki pinjaman online melalui media sosial, SMS, atau pesan Whatsapp secara acak dengan tujuan agar  masyarakat yang sedang membutuhkan dana, khususnya memiliki hutang di pinjaman online resmi yang belum lunas tergiur dengan penawaran yang diberikan. Bahkan, kabarnya, seorang joki bisa mendapatkan dana pinjaman hingga sebesar Rp 20.000.00,- hingga Rp 35.000.000,- jika memiliki keahlian yang tinggi.

joki pinjaman online

Jika korban tergiur dengan iming-iming joki tersebut, joki akan beraksi dengan mendaftarkan korban ke penyedia pinjaman online ilegal yang umumnya tidak memiliki catatan kredit korban. Aksi tersebut dilakukan agar korban yang masih memiliki tagihan di pinjaman resmi manapun bisa mendapatkan dana pinjaman melalui jasa joki pinjaman online.

Selain itu, pengajuan pinjaman yang dilakukan oleh joki bisa dilakukan dengan menggunakan identitas korban maupun identitas orang lain yang didapatkan melalui pencurian data.

Risiko Menggunakan Jasa Joki Pinjol

Di balik iming-imingnya yang tampak menggiurkan, jasa joki tersebut memiliki risiko sebagai berikut.

jasa joki pinjol

1. Upah jasa joki tergolong mahal

Tidak ada tarif pasti yang ditetapkan oleh suatu joki pinjol, namun berdasarkan informasi yang didapatkan dari berbagai forum di media sosial, tarif termurahnya dimulai dari Rp 300.000,-, atau 10% dari total pencairan dana yang diminta oleh penggunanya.

Baca juga: Hati-Hati dengan Pinjaman Online Ilegal yang Menjebak

Tetapi perlu diingat bahwa biaya yang dikeluarkan tidak hanya upah untuk joki namun ada juga biaya kerugian yang harus ditanggung apabila ada kesalahan yang diatasnamakan pada pengguna joki.

2. Risiko pencurian data 

Dengan menyetujui penggunaan jasa joki pinjol, seorang pengguna joki wajib memberikan data dirinya kepada seorang joki untuk memproses permintaan dananya. Sementara itu, seorang joki tidak memiliki kode etik untuk menjaga keamanan data penggunanya. Jelas, ini bukanlah tindakan yang bertanggungjawab karena data pengguna yang diterima bisa saja digunakan untuk keperluan lain tanpa seijin pemiliknya.

3. Rawan penyebaran data

Berkaitan dengan risiko yang kedua, penyebaran data mungkin saja terjadi karena pelaku joki bisa mendapatkan data pengguna dengan mudah. Di kemudian hari, apabila pengguna gagal melunasi pinjaman yang didapatkan dari joki pinjol melalui pinjaman online ilegal, ada kemungkinan bahwa data pengguna akan disebarkan sebagai akibat tidak membayar pinjaman online ilegal. Tentu saja, seorang joki tidak mau bertanggung jawab atas terjadinya penyebaran data tersebut. Kalau sudah begitu, korban yang akan merasakan kerugiannya di kemudian hari.

Cara Menghindari Joki Pinjol

Agar tidak terjerat iming-iming joki pinjaman online, lakukanlah tips-tips berikut.

1. Gunakan pinjaman online resmi 

Jika Sobat Pintar ingin mengajukan pinjaman online, pilihlah pinjaman yang resmi dan terdaftar di OJK. Untuk mendapatkan daftar pinjaman online resmi di Indonesia, Sobat Pintar bisa hubungi OJK melalui Whatsapp dengan nomor 081157157157.

2. Penuhi kewajiban sebagai seorang peminjam

Saat mengajukan pinjaman, seorang peminjam wajib menyadari kewajibannya untuk membayar tagihan tepat waktu agar pinjaman tidak berbunga semakin besar dan tidak dikenai denda keterlambatan pembayaran. Jika Sobat Pintar terlanjur terjerat utang, tidak ada cara lain selain melunasinya karena semakin Sobat Pintar menunda pembayarannya, BI checking yang dimiliki Sobat Pintar akan semakin buruk. 

3. Sadari bahwa data diri adalah privasi yang tidak bisa dibagikan secara sembarangan

Untuk keperluan tertentu, Sobat Pintar akan diminta menyerahkan data diri berupa pengisian formulir maupun penyerahan fotokopi KTP. Tetapi tidak semua pihak bisa meminta data pribadi begitu saja. Jadi, sebelum menyerahkan data pribadi kepada suatu pihak maupun instansi, cek terlebih dahulu apakah pihak/instansi tersebut memiliki surat keterangan operasional resmi di Indonesia.

Baca juga: Mengenal 4 Ciri Modus Penipuan Pinjaman Online

Itulah penjelasan mengenai apa itu joki pinjol dan 3 cara menghindarinya. Semoga artikel ini bisa membantu Sobat Pintar lepas dari iming-iming dan tindakan tidak bertanggung jawab yang dilakukan joki pinjaman online. Yuk, kita selalu #PintarBersama pilih pinjaman, Sobat Pintar!

Joki Pinjol Infografis
Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

18 Feb 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download