Keunggulan Koperasi Simpan Pinjam yang Tidak Dimiliki oleh Bank

28 Jan 2021 by Andro
koperasi simpan pinjam

Sudah sejak lama, koperasi simpan pinjam terbukti menjadi solusi yang terpercaya di kalangan masyarakat Indonesia. Koperasi simpan pinjam bisa memberikan solusi bagi setiap orang yang membutuhkan bantuan dalam masalah perekonomian. Dengan alasan tersebut, maka koperasi semakin berkembang dan disukai. Pinjaman koperasi tanpa jaminan memberikan persyaratan yang mudah sehingga setiap orang bisa ikut menjadi anggota dan ikut berkontribusi dalam mengelola koperasi.

Jika dibandingkan dengan produk pinjaman tanpa jaminan dari bank, ada banyak keunggulan pinjaman koperasi tanpa jaminan. Beberapa keunggulan tersebut justru tidak ada pada pinjaman bank pada umumnya. Berikut ini, keunggulan koperasi simpan pinjam yang tidak dimiliki oleh bank.

Proses Mudah dan Cepat

Seperti layanan pinjaman online dari perusahaan fintech yang marak saat ini, ternyata koperasi simpan pinjam bisa memberikan layanan dengan proses mudah dan cepat. Pada dasarnya, layanan finansial seperti bank dan koperasi simpan pinjam memiliki fungsi yang sama yaitu membantu masyarakat dalam melakukan pinjaman atau menyimpan uang. Hanya saja, pada koperasi simpan pinjam memiliki persyaratan dan aturan yang tidak sama dengan bank. Sistem di dalam koperasi lebih memihak kepada anggota dan bersifat kekeluargaan. Dengan demikian, setiap anggota akan mendapatkan banyak kesejahteraan. 

Koperasi simpan pinjam menawarkan pinjaman dengan syarat yang mudah dan bunga yang sangat ringan bagi anggotanya. Dengan kondisi seperti ini, maka para anggota yang hanya memiliki usaha kecil-kecilan tidak akan merasa dipersulit. Setiap anggota bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah sama seperti anggota lainnya. Maka dari itu, para pengusaha kecil tidak perlu lagi merasa takut tidak dapat mendapatkan pinjaman modal usaha karena pinjaman koperasi tanpa jaminan akan menjadi solusi yang tepat. 

Metode Sisa Hasil Usaha (SHU)

Pada koperasi simpan pinjam, setiap anggota akan mendapatkan Sisa Hasil Usaha (SHU) yang nominalnya akan disesuaikan dengan usaha dan jasa yang dilakukan oleh masing-masing anggota terhadap koperasi. Dengan demikian, setiap penghitungan sisa dana akan dibagikan kepada setiap anggota secara adil dan merata. Anggota juga bisa mendapatkan kembali uang tabungan dan akan mendapatkan uang tambah dari Sisa Hasil Usaha (SHU) tersebut. Untuk menentukan SHU dilakukan secara transparan karena diatur berdasarkan hasil rapat anggota yang sudah disepakati. 

Sistem yang Kekeluargaan

Salah satu keunggulan pinjaman koperasi tanpa jaminan yang tidak ada di bank pada umumnya adalah sistem yang kekeluargaan. Setiap pengurus koperasi simpan pinjam terdiri atas anggota dan pengawas. Kepengurusan tersebut dibentuk atas dasar rapat anggota. Untuk pengambilan keputusan, koperasi simpan pinjam akan mengutamakan hasil rapat anggota yang dilakukan secara demokrasi. Koperasi yang ada saat ini juga memiliki sistem gotong royong dan selalu mengutamakan kesejahteraan anggota. 
Jadi, bagi Anda yang membutuhkan modal instan, adanya koperasi simpan pinjam bisa menjadi solusi lain yang bisa saja lebih baik dibandingkan Anda harus meminjam dana di bank. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan modal secara instan dengan bunga rendah melalui pinjaman online cepat cair terpercaya. Kredit pintar merupakan aplikasi pinjaman online yang memungkinkan Anda mendapatkan dana untuk keperluan mendesak. Sama seperti koperasi simpan pinjam, Kredit Pintar tidak akan meminta jaminan kepada Anda. Jadi, Anda tidak akan perlu khawatir ketika menghadapi kebutuhan dana yang mendesak. Kredit Pintar menghadirkan layanan keuangan yang terbaik dengan proses yang mudah dan cepat.

Baca Juga:

Cara Dapat Pinjaman Bulanan Online Langsung Cair Melalui Kredit Pintar

7 Pinjaman Online Langsung Cair Tanpa Ribet, Cukup Modal KTP

mobile-closeKredit PintarDownload