Mengenali Ciri-Ciri Modus Pinjol Abal-Abal

22 Apr 2021 by dan.shen
modus pinjol abal-abal

Beberapa modus pinjol abal-abal kembali marak di masyarakat yang membuat resah dan membuat masyarakat perlu hati-hati. Kasus yang terjadi belakangan ini adalah masyarakat yang tiba-tiba mendapatkan pinjaman online dan harus dimintai untuk melunasi hutang yang didapatkan dari hasil pinjol tersebut.

Tindakan ini tentunya banyak membuat resah dan merasa khawatir mengenai beberapa data dan informasi yang disalahgunakan. Prosesnya pun bervariasi dan modus pinjol abal-abal paling banyak ditemui langsung transfer dan ditagih dalam jumlah yang besar. Mengenai kasus ini masyarakat perlu mengecek dan memperhatikannya.

Ciri-Ciri Pinjaman Online Ilegal

Ada beberapa ciri yang perlu diwaspadai oleh masyarakat agar tidak terjebak oleh pinjaman online yang ilegal. Dalam tahap ini Anda harus memperhatikannya dan mengenali beberapa ciri-ciri yang membuat Anda agar tidak terjebak. Berikut ini kami akan memberikan beberapa hal agar Anda tidak terjebak dan dirugikan, simak penjelasan lengkapnya.

1. Tidak Ada Syarat dan Ketentuan

Beberapa pinjaman online resmi dan memiliki izin dari OJK memiliki beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipahami oleh masyarakat. Sehingga melakukan peminjaman harus mengajukan beberapa ketentuan terlebih dahulu. Hal ini diperlukan untuk menyeleksi dan memenuhi kriteria yang ada, apabila menyanggupi akan disetujui.

Melihat berbagai syarat dan ketentuan yang sulit ini memberikan peluang untuk pinjaman online abal-abal mencari kesempatan. Biasanya menawarkan pinjaman tanpa ada persyaratan, tentunya Anda harus waspada dan jangan sampai sembarangan mengajukan, karena akan banyak kerugian yang akan didapatkan.

Apabila Anda sedang mendesak dan membutuhkan pinjaman online, pilih fintech yang benar-benar terdaftar pada OJK dan memiliki syarat dan ketentuannya. Tindakan ini sangat penting agar Anda mendapatkan pinjaman yang tepat dan tidak akan merugikan Anda nantinya.

2. Hindari Memberikan Uang Muka

Pengembang fintech memang membutuhkan beberapa biaya administrasi untuk kebutuhan materai dan sebagainya untuk bentuk resmi telah mengajukan pinjaman. Proses ini tidak membutuhkan biaya pengeluaran yang tidak begitu besar. Tetapi perlu dipahami Anda harus waspada terhadap uang muka dalam jumlah atau nominal yang besar.

Hal ini penting sekali untuk dipahami, karena kebutuhannya Anda meminjam dana untuk berbagai kebutuhan dan bukan memberikan biaya. Tindakan ini jangan sampai Anda terjebak, karena akan sangat merugikan. Oleh karena itu, perlu untuk memahami dan waspada mengenai tindakan tersebut.

Jangan sampai Anda terburu-buru untuk mendapatkan dana darurat tanpa memikirkan dampaknya. Dalam tahap ini Anda harus memperhatikannya dan pastikan Anda tidak menyesal nantinya uang akan dibawa kabur oleh pihak penyedia pinjol. Jika Anda tidak waspada dan sembarangan dalam memilihnya, sehingga terjebak pada modus pinjol abal-abal.

3. Penawaran Produk Memaksa

Jika Anda ingin mendapatkan dana pinjaman, maka dalam tahap ini Anda harus memperhatikan dan mengecek terlebih penawaran yang diberikan. Untuk mendapatkan informasi secara jelas dan menyeluruh, biasanya Anda bisa menghubungi pihak fintech untuk mendapatkan informasi secara jelas dan menyeluruh.

Hal ini sangat berbeda dengan pinjaman abal-abal, prosesnya pun mereka memberikan dana cepat melalui promosi lewat media sosial dan telepon. Pada tahap penawarannya pun terkesan memaksa dan membuat Anda harus menyetujuinya. Tindakan ini perlu Anda perhatikan dan jangan sampai terkecoh oleh penawarannya.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai beberapa ciri-ciri modus pinjol abal-abal yang akan merugikan dan meresahkan tersebut.  Tahap ini Anda harus tetap waspada dan tidak sembarangan melakukan pinjaman, apabila ingin melakukan pinjaman secara resmi dan legal langsung saja gunakan kredit pintar, untuk informasi lebih lanjutnya Anda dapat mengunjungi website resmi Kredit Pintar.

kredit pintar