Tips Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Pinjaman Online Agar Tidak Tersesat

12 Apr 2021 by kreditpintar
tips pinjaman online

Biasanya, pinjam uang adalah solusi ketika tidak ada jalan untuk mengusahakan uang yang dibutuhkan. Karena pinjaman online memiliki karakteristik yang berbeda dengan pinjaman yang diperoleh dengan cara tradisional, maka kamu harus memperhatikan berbagai tips yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pinjaman online.

Saat ini, pinjam uang secara online dapat menjadi alternatif untuk meminjam uang tanpa harus keluar rumah. Pinjaman online 24 jam seperti Kredit Pintar pun banyak tersedia di berbagai marketplace online. Ada kalanya bahkan booth di mal pun menyediakan tempat khusus mengajukan pinjaman online 24 jam.

Agar kamu tidak rawan terjebak dalam berbagai jebakan pinjaman online, ada baiknya kamu menyimak tips yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pinjaman online berikut ini:

Selidiki Ijin Yang Dimiliki

Dibandingkan pinjaman yang diperoleh dengan cara mendatangi bank, koperasi simpan pinjam, atau tempat-tempat serupa, pinjaman online memiliki resiko pengembalian, kehilangan, dan lain-lain yang lebih tinggi.

Hal ini dikarenakan minimnya interaksi dengan manusia ketika melakukan pinjaman online dibandingkan dengan pinjaman yang diperoleh dengan cara tradisional. Selain itu, transparansi biaya yang timbul dari pinjaman online bisa jadi kurang dari pinjaman yang diperoleh dengan cara tradisional.

Karena itu, kamu perlu menyelidiki ijin yang dimiliki pinjaman online tersebut. Pastikan pinjaman online berada di bawah pengawasan OJK. Jadi, kalau ada pinjaman online yang mengaku berada di bawah naungan badan selain OJK, maka kamu harus periksa dengan teliti, sekalipun itu adalah pinjaman online 24 jam.

Perhatikan Sensitivitas Data Yang Hendak Dibagikan

Pinjaman online boleh saja memiliki proses yang mudah. Cukup berbekal KTP dan mengisi data diri yang dibutuhkan aplikasi pinjaman online, maka pinjaman online akan segera cair ke rekening kamu.

Namun, kamu perlu ingat banyak pinjaman online yang memiliki aplikasi yang dapat diunduh lewat Play Store atau App Store. Aplikasi yang dapat diunduh memiliki ijin untuk mengakses data-data dalam ponselmu, termasuk di dalamnya aplikasi pinjaman online.

Kalau pun kamu memutuskan tidak mengajukan pinjaman online lewat aplikasi, melainkan lewat website, kamu tetap harus waspada setiap jejak digital yang kamu buat lewat pinjaman online kamu menghasilkan cache dan kuki untuk keperluan pemasaran dan lain-lainnya.

Karena itu, memperhatikan sensitivitas data pribadi menjadi salah satu aspek tips yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pinjaman online. Hal ini mengantarkanmu kepada bagian lain dari tips yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pinjaman online, yaitu proses persetujuan.

Proses Persetujuan Harus Cepat

Pinjaman online memiliki ukuran jangka waktu proses persetujuan yang berbeda dengan pinjaman yang diperoleh lewat cara offline. Jika pinjaman yang diperoleh lewat cara offline butuh beberapa hari kerja untuk dapat cair, pinjaman online memakan waktu hitungan menit saja untuk dapat mencairkan dana pinjaman.

Idealnya, proses persetujuan pinjaman online adalah 5 menit atau kurang untuk sekali meminjam per orangnya. Sebisa mungkin jangan sampai terjadi error yang terjadi selama loading proses persetujuan pinjaman atau permasalahan lain terkait pencairan dana pinjaman.

Salah satu contoh dari penyedia jasa pinjaman online ini adalah Kredit Pintar. Di Kredit Pintar normalnya memiliki proses persetujuan pinjaman hanya 5 menit. Dengan 5 menit, pinjaman yang kamu ajukan bisa langsung cair.

Hati-Hati Dengan Biaya

Sama seperti pinjaman offline, kamu juga perlu membayar biaya bunga dan biaya administrasi untuk pinjaman online. Nah, di sinilah letak tips yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pinjaman online.

Banyak pinjaman online memiliki biaya bunga dan administrasi yang lebih tinggi dibandingkan pinjaman offline. Sebagian karena hitungannya harian, namun ada juga faktor lain yang membuat biaya bunga dan administrasi pada pinjaman online dapat saja lebih membengkak dibandingkan pinjaman offline.

Tapi, jangan khawatir karena biaya bunga dan administrasi yang “aduhai” itu tidak akan kamu temukan di Kredit Pintar.

Jadi, itulah tips yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pinjaman online. Tunggu apa lagi, lihat skor pintarmu, isi data-datamu, lalu ajukan pinjaman lewat Kredit Pintar.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload