Peluang Bisnis di Bulan Ramadan Yang Bisa Anda Coba

03 May 2021 by kreditpintar
peluang bisnis

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Umat muslim berbondong-bondong menyiapkan diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Mereka merasa bahwa bulan Ramadan adalah bulan yang langka sehingga mereka merasa perlu untuk memanfaatkan waktu untuk beribadah. Namun dibalik kekhusyukan dan kesucian bulan Ramadan, ternyata ada hikmah dibalik itu. Seperti yang sudah kami sebutkan bahwa bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah, ini berlaku bagi banyak orang. Salah satunya adalah mereka yang memiliki jiwa berbisnis dan melihat peluang bisnis di bulan Ramadan

Mereka menggunakan kesempatan langka ini untuk mencoba memulai bisnis kecil-kecilan mulai dari hal yang kecil seperti berjualan takjil sampai berjualan baju-baju yang memerlukan modal besar. Sobat Pintar bisa melihat banyaknya penjual takjil dadakan di sekitar rumah Sobat Pintar. 

Geliat bisnis di saat Ramadan

Geliat bisnis di bulan Ramadan bisa dilihat dari banyaknya orang yang mendadak berjualan takjil, orang yang berjualan makanan atau orang yang berjualan pernak pernik Ramadan  seperti mukena sajadah dan lain-lain. Tentu ini hal yang sangat positif karena makin banyak orang yang bersemangat menjalankan bisnis. 

Bahkan yang biasanya hanya berjualan satu jenis produk saja mereka mencoba melihat peruntungan mereka dengan menjual barang-barang yang memang ramai dijual di bulan Ramadan. Hal ini lumrah dan ini meningkat dari tahun ketahun. Sepatutnya Sobat Pintar juga bisa mencoba untuk bergabung dan memeriahkan peluang bisnis di bulan Ramadan. Terlebih di saat pandemi seperti ini banyak orang yang masih berjuang untuk memulihkan ekonomi mereka. Salah satu solusi untuk tetap bertahan di ekonomi yang sudah babak belur ini adalah berjualan

Bagaimana usaha saat pandemi?

Banyak yang terkena PHK saat pandemic, lalu pesangon disisihkan dan digunakan untuk membayar modal bisnis. Walaupun usaha saat pandemi ini dibilang sangat susah, namun kenyataannya banyak ekonomi kecil yang mulai bergerak secara perlahan. Berusaha di saat pandemi memungkinkan kita untuk fokus memasarkan produk kita dengan online. Usaha delivery order, usaha orang lain juga sangat maju pesat. itulah mengapa kesempatan di bulan Ramadan bisa jadi besar.

Pandemi ini bisa dijadikan peluang bisnis yang sangat besar karena akses yang lebih mudah untuk berbisnis di bulan Ramadan. Musim seperti ini bisa meningkatkan kreativitas para pebisnis untuk terus berinovasi memasarkan produk mereka. Pandemi bukanlah satu alasan kita berhenti, namun bisa mendapatkan peluang untuk terus maju. 

Melihat geliat bisnis di marketplace dan kesempatannya

Geliat berbelanja saat pandemic ini bisa dilihat meningkatnya penjualan di marketplace. Contohnya saja di bulan Ramadan traffic e-commerce atau traffic marketplace meningkat secara tajam. Hal ini bukan didukung oleh dampak pandemi yang menyebabkan orang tidak banyak bergerak di luar namun memang tren bisnis atau tren penjualan di bulan Ramadan selalu naik di marketplace. Bulan Ramadan adalah musim berbelanja maka dari itu Sobat Pintar bisa menggunakan kesempatan ini untuk memulai bisnis kecil-kecilan.

Potensi bisnis saat Ramadan?

Potensi bisnis saat Ramadan sangatlah besar karena memiliki pasar yang lebih luas dan spesifik. Sobat Pintar bisa berjualan makanan, pernak-pernik dan lain-lain namun kita tidak bisa memungkiri bahwa bisnis yang paling masuk akal dan paling minim resiko gagalnya adalah berjualan makanan. Namun tidak berhenti begitu saja biasanya. Banyak potensi bisnis yang bisa dikembangkan selain makanan misalkan Sobat Pintar bisa berjualan beras seperti paket sembako untuk sedekah, berjualan mukena, berjualan jasa pembuatan parcel dan lain-lain. Kami telah membuat riset peluang bisnis di bulan Ramadan.

Beberapa bisnis yang bisa dicoba saat Ramadan

Salah satu pilihan bisnis yang bisa Sobat Pintar jadikan patokan adalah bisnis makanan. Di bulan Ramadan, banyak orang yang mencari di Google dengan kata kunci; menu puasa, menu sayur, menu lebaran, kue kering dan yang lain-lain. Kata kunci ini bisa dijadikan patokan untuk Sobat Pintar memulai bisnis seperti menu sahur, menu buka puasa ataupun menu lebaran. Kita bisa melihat banyak penjual yang sudah mulai memasarkan kue kering untuk persiapan lebaran padahal Ramadan baru dimulai satu minggu.

Bisnis makanan memang sangat bisa diharapkan menjadi bisnis yang paling menjanjikan di momen Ramadan karena semua orang menganggap bahwa bulan ini spesial. Mereka ingin menikmati Ramadan bersama keluarga dengan santapan yang spesial pula. Kemungkinan gagal sangat kecil apabila Sobat Pintar serius menjalankan bisnis di bulan Ramadan ini. 

Bisnis makanan yang bisa Sobat Pintar coba adalah

1. Berjualan takjil

Takjil adalah makan berbuka puasa yang paling simple. Bahkan Sobat Pintar bisa memulai dengan menjual gorengan yang sepertinya tidak akan pernah sepi.

2. Catering service atau berjualan lauk pauk

Catering service atau lauk pauk juga bisa Sobat Pintar coba. Menu sahur bisa menjadi salah satu segmen yang menjanjikan dalam jajaran peluang bisnis di bulan Ramadan. 

3. Bisnis kue kering

Kue kering juga sangat menjanjikan. Apalagi momen lebaran adalah momen hari raya yang sangat khas dengan kue kering. Sobat Pintar bisa mulai belajar baking atau membuat kue kering. Gabung komunitas baking terdekat untuk mengetahui tips berjualan kue kering. 

4. Bisnis hampers makanan

Selain segmen-segmen di atas, Sobat Pintar juga bisa memulai bisnis dengan hampers. Lebaran juga sangat identic dengan hampers. Ketiga segmen sebelumnya bisa Sobat Pintar jadikan satu dalam satu segmen hampers. Misalnya Sobat Pintar membuat paket hampers berisi jajanan pasar, kue kering dan lauk. Sobat Pintar bisa memulai ini sekitar 3 minggu atau 2 minggu sebelum lebaran.

Peluang bisnis busana muslim

1. Baju keluarga

Baju keluarga berpotensi karena di hari lebaran biasanya banyak keluarga akan membeli baju baru sebagai seragam. Sobat Pintar bisa memulai dengan menawarkan paket keluarga. 

2. Mukena

Mukena juga sangat umum dijual di bulan Ramadan. Sobat Pintar bisa mulai dengan menjadi dropshipper. 

3. Paket bingkisan lebaran

Bingkisan lebaran juga bisa dijadikan peluang, Sobat Pintar bisa menggabungkan hampers dan juga pakaian koko, mukena atau sarung untuk dijadikan bingkisan lebaran. 

Temukan akses pinjaman modal yang tepat untuk memanfaatkan peluang

Untuk bisa memanfaatkan peluang bisnis di bulan puasa, Sobat Pintar perlu memilih akses pinjaman modal yang tepat. Sobat Pintar perlu memperhitungkan dengan matang dari mana Sobat Pintar akan mencari modal dan bagaimana Sobat Pintar akan mengelolanya. Perlu keterampilan pembukuan yang bagus untuk dapat mengelola dengan baik. Pilih pinjaman modal yang aman entah itu dari tabungan Sobat Pintar, pinjaman teman atau kredit online. Salah satu kredit online terpercaya yang bisa Sobat Pintar gunakan adalah Kredit Pintar. Sobat Pintar bisa download aplikasinya di Play Store dan temukan beberapa fitur yang mempermudah akses pinjaman. Pinjaman yang ditawarkan bisa Sobat Pintar gunakan untuk memulai bisnis di Bulan Ramadan yang penuh peluang ini. Jangan sia-siakan waktu Sobat Pintar untuk berpikir terlalu lama. Eksekusi dan bersikap adaptif dalam menjalankan bisnis.  Jangan lupa untuk andalkan Kredit Pintar sebagai penyedia pinjaman modal untuk bisnismu.

kredit pintar