5 Tips Bisnis Frozen Food Dengan Modal Rendah dan Untung Berlipat!

5 Tips Bisnis Frozen Food Dengan Modal Rendah dan Untung Berlipat!

09 Jun 2021 by kreditpintar
5 Tips Bisnis Frozen Food Dengan Modal Rendah dan Untung Berlipat!

Ada banyak jenis bisnis yang bisa ditekuni untuk memperoleh penghasilan walaupun Sobat Pintar bekerja hanya dari rumah. Salah satu bidang bisnis yang tak lekang oleh waktu adalah bisnis di bidang kuliner atau makanan. Namun, risiko tidak laku akan membuat Sobat Pintar dibayangi risiko kerugian karena makanan akan basi apabila tidak laku. Jangan khawatir, kuliner atau makanan frozen akan membuat bisnis kuliner Sobat Pintar lebih menjanjikan! Simak tips bisnis frozen food berikut ini!

Menentukan Variasi Frozen Food yang Akan dijual

Tips bisnis frozen food yang pertama yaitu menentukan produk frozen food variasi apa yang dipilih. Pada umumnya, ada banyak variasi frozen food yang beredar dan diminati oleh masyarakat. Yang pertama adalah frozen food yang siap masak. Jenis ini merupakan jenis makanan beku yang perlu menempuh proses masak terlebih dahulu sebelum bisa dimakan atau disantap.

Contoh dari makanan beku siap masak antara lain adalah donat kentang, kebab, bakso, nugget, sosis, hingga risol beku yang perlu untuk dilakukan penggorengan terlebih dahulu sebelum bisa disantap. Jenis makanan beku ini diolah dalam bentuk mentah namun sudah siap komposisinya tanpa perlu masak lebih lama karena proses penggorengannya dapat dilakukan dalam waktu singkat saja.

Yang selanjutnya adalah frozen food siap santap atau siap makan. Jenis frozen food ini hanya perlu dihangatkan saja di dalam rice cooker atau microwave saja untuk kemudian dapat disantap. Misalnya adalah udang balado, rendang, sambal teri, kerang tumis, dan masakan olahan lain yang bisa dibekukan.

Selanjutnya, ada frozen food yang siap olah, di mana bentuknya masih berupa bahan utama yang mentah dan belum mengalami pengolahan. Contoh dari frozen food siap olah adalah berbentuk daging seperti ayam, sapi, hingga aneka seafood seperti ikan, udang, cumi, dan seafood lainnya. Makanan beku ini dapat disimpan di freezer untuk usia tahan yang lebih lama.

Kemudian terdapat pula frozen food jenis sayur dan buahan yang telah dipotong-potong dan siap untuk dimasak seperti jagung, wortel, kentang, dan lain sebagainya. Untuk buah-buahan potong biasanya ada pisang, apel, semangka, melon, dan buah-buahan lain yang siap dimakan tanpa perlu repot-repot untuk mengupas kulitnya atau memotong daging buahnya lagi.

Pilih Pemasok atau Produsen yang Handal dan Terpercaya

Langkah tips bisnis frozen food yang satu ini menjadi hal yang paling krusial karena pada langkah ini Sobat Pintar akan menentukan tingkat kualitas produk yang akan Sobat Pintar bisniskan dan berapa margin keuntungan yang bisa Sobat Pintar peroleh. Setelah menentukan jenis frozen food mana yang akan Sobat Pintar bisniskan, kemudian carilah pemasok atau produsen yang sesuai.

Untuk berbagai brand terkenal yang dikenal masyarakat sebagai produsen frozen food terbaik antara lainnya yaitu belfood, champ, Bernard, dan berbagai brand lainnya. Tips dalam memilih produsen adalah pilihlah produsen yang telah mengantongi BPOM agar Sobat Pintar terhindar dari risiko merugikan pelanggan Sobat Pintar akibat makanan yang tidak sesuai dengan standar kesehatan yang ada.

Untuk melakukan pembelian kepada pemasok, Sobat Pintar dapat menyiapkan sejumlah modal untuk mempersiapkan stok untuk berjualan. Sobat Pintar bisa mencari pinjaman modal pada kerabat Sobat Pintar atau orang-orang terdekat Sobat Pintar. 

Untuk frozen food siap masak seperti kebab, donat kentang, dan kuliner makanan ringan, Sobat Pintar bisa menyiapkannya sendiri di rumah. Pilihlah bahan-bahan yang berkualitas sehingga makanan siap masak yang Sobat Pintar hasilkan akan terjaga kualitasnya. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan pada keseluruhan proses pengolahannya agar terhindar dari risiko penyakit.

Untuk berbagai jenis frozen food siap olah seperti daging dan seafood mentah dapat Sobat Pintar cari produsennya pada agen-agen potong daging dan pasar seafood yang terjaga kualitas kesegaran dagingnya. Begitu pula dengan frozen food jenis sayuran dan buah-buahan pilihlah dari pasar atau pemasok yang menyediakan sayur-sayuran maupun buah-buahan yang segar dan tidak dalam kondisi menjelang busuk.

Untuk berbagai jenis frozen food yang Sobat Pintar olah atau siapkan sendiri di rumah dapat Sobat Pintar buatkan brand atau merk sendiri. Cetak merk pada label atau kemasan yang digunakan untuk mengemas frozen food yang anda jual. Desain label atau kemasan semenarik mungkin agar mudah diingat dan menarik minat pelanggan.

Perhatikan Kadaluarsa dan Kemasan Produk

Biasanya ada beberapa kondisi produk yang dikirim oleh produsen ternyata tidak dalam kondisi yang baik atau optimal. Baik secara sengaja atau tidak sengaja, ada beberapa produk yang telah kadaluarsa sehingga Sobat Pintar perlu untuk komplain dan meminta penukaran dengan produk dengan tanggal kadaluarsa yang layak. 

Selain itu, lakukan cek secara berkala tanggal-tanggal kadaluarsa pada stok produk yang Sobat Pintar simpan. Lakukan pengecekan rutin dan pemisahan produk yang hampir menyentuh tanggal kadaluarsa. Jangan sampai pelanggan Sobat Pintar menerima produk yang telah kadaluarsa karena hal tersebut akan menyebabkan hilangnya kepercayaan pelanggan terhadap bisnis frozen food yang Sobat Pintar miliki.

Kemudian, cek pula kondisi kemasan produk yang ada pada stok Sobat Pintar. Pisahkan produk dengan kondisi kemasan yang telah rusak seperti segel yang rusak, terdapat robek atau bolong, dan sebagainya. Kondisi kemasan yang telah rusak akan berisiko menyebabkan kualitas makanan menurun bahkan rusak akibat masuknya bakteri, kotoran atau debu, hingga serangga ke dalamnya. 

Produk yang telah rusak kemasannya juga akan menurunkan atau bahkan menghilangkan kepercayaan pelanggan kepada bisnis Sobat Pintar. Selain itu, makanan frozen yang rusak kemasannya akan membuat daya tahan produk menjadi turun drastis sehingga akan lebih cepat busuk atau basi daripada tanggal kadaluarsa normal yang seharusnya.

Gunakan Kulkas Freezer

Kulkas biasa tidak dapat diandalkan dalam penyimpanan stok produk frozen food Sobat Pintar. Gunakan kulkas freezer karena kulkas jenis ini memiliki tingkat dingin yang dapat membekukan makanan sehingga usia atau daya tahan produk dapat terjaga lebih lama. Penyimpanan dalam kulkas biasa akan membuat produk cepat busuk atau kadaluarsa.

Siapkan Modal yang Cukup

Selanjutnya adalah dengan menyiapkan modal yang cukup. Modal ini tak hanya dibutuhkan dalam membeli stok frozen food dari pemasok, tetapi juga untuk keperluan pembelian atau penyewaan kulkas frozen untuk penyimpanan stoknya. Sobat Pintar bisa memperoleh pinjaman modal dari kerabat ataupun aplikasi kredit seperti Kredit Pintar

Kredit Pintar merupakan aplikasi pinjaman online yang resmi di Indonesia dan terdaftar serta diawasi oleh OJK dan memenuhi standar hukum di Indonesia. Sobat Pintar dapat memperoleh tambahan modal untuk mengembangkan bisnis Sobat Pintar di sini.

Demikianlah beberapa tips bisnis frozen food dengan modal murah namun dapat menghasilkan keuntungan yang berlipat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk