5 Cara Memilih Produk Skincare Untuk Kulit Kombinasi

27 Aug 2021 by Laruan, Last edit: 27 Aug 2021

Kulit kombinasi merupakan salah satu tipe kulit perpaduan antara kulit kering dan kulit berminyak. Jadi, kulit yang ada di area dahi, hidung serta dagu cenderung berminyak selepas cuci muka. Namun, disaat bersamaan area pipi serta bawah mata cenderung tampak lebih kering. Walaupun begitu, kini Sobat Pintar tidak perlu khawatir karena ada cara terbaik memilih produk skincare untuk kulit kombinasi.  

5 Cara Memilih Produk Skincare Untuk Kulit Kombinasi

Di bawah ini merupakan beberapa tips mendapatkan produk skincare khusus kulit kombinasi beserta rekomendasi produk yang bisa Sobat Pintar gunakan, yaitu sebagai berikut. 

Cara Memilih Produk Skincare untuk Kulit Kombinasi 

1. Gunakan Jenis Skincare yang Cocok Untuk Kulit Kombinasi 

Ada banyak jenis produk perawatan kulit untuk kulit kombinasi yang bisa Sobat Pintar pilih di pasaran. Sobat Pintar harus memilih jenis produk yang sesuai, sehingga tidak menimbulkan efek masalah kulit lainnya. Produk ini akan memberikan efek matte terhadap area T wajah, sehingga bisa membuat kulit wajah menjadi lembab dan tidak kering maupun berminyak.

2. Cari Tahu Bahan Aktif yang Terkandung di Dalam Skincare

Tips mendapatkan produk skincare kedua adalah Sobat Pintar mesti mengetahui bahan aktif apa saja yang cocok digunakan untuk kulit kombinasi. Biasanya, untuk kulit kombinasi, Sobat Pintar bisa memilih skincare yang mengandung asam hialuronat, vitamin C, vitamin A, Asam Laktat, serta green tea alias teh hijau. 

Fungsi dari asam hialuronat yaitu untuk menjaga kelembaban pada kulit dan mengurangi timbulnya kerutan alias penuaan dini. Sementara itu, vitamin C yang terkandung dalam produk skincare mampu membuat kulit cerah serta mengembalikan tingkat elastisitas pada kulit Sobat Pintar. 

Tak hanya itu, skincare yang mengandung vitamin A sangat baik untuk jenis kulit kombinasi. Sebab, kandungan vitamin A bisa memunculkan retinol atau tretinoin yang memiliki efek baik bagi kulit kombinasi. Retinol tersebut bisa menjaga kelembaban dan mencegah penyumbatan pori-pori di wajah. 

Nah, kalau kandungan asam laktat sangat cocok untuk kulit kombinasi yang digunakan pada area wajah kering. Kemudian kandungan aktif bahan alami seperti teh hijau memiliki fungsi besar untuk kulit kombinasi, yaitu bantu mengurangi sekresi sebum yang menjadi penumbuh munculnya jerawat.

3. Gunakan Produk Skincare Berbasis Air

Jenis produk perawatan kulit untuk kulit kombinasi yang bisa Sobat Pintar pilih sebaiknya merupakan produk yang bukan minyak, melainkan produk yang memiliki basis air. Sebab, produk berbasis air akan membuat kotoran serta penyumbatan pori-pori menjadi lebih efektif. Tak hanya itu, Sobat Pintar juga bisa memilih skincare dengan tekstur lembut, misalnya berbentuk gel atau krim.

4. Gunakan Produk yang Memiliki Label Non Comedogenic serta Bebas Minyak

Cara memilih skincare yang cocok untuk kulit kombinasi adalah Sobat Pintar bisa menggunakan produk yang mengandung label non comedogenic. Produk yang memiliki kandungan ini biasanya memiliki tekstur serta kandungan ringan. Sehingga, tidak akan menimbulkan tumbuhnya jerawat serta tidak menyumbat pori-pori dalam wajah. 

Sobat Pintar juga bisa menggunakan produk yang mengandung bebas minyak agar mampu mencegah timbulnya jerawat yang ada di area sekitar wajah. 

5. Jangan Gunakan Produk Skincare yang Mengandung Alkohol

Kadar pH kulit kombinasi memiliki keseimbangan berbeda karena kulit yang dimiliki merupakan perpaduan antara jenis kulit kering dan berminyak. Oleh karena itu, Sobat Pintar mesti memastikan bahwa toner wajah untuk kulit kombinasi tidak memiliki kandungan alkohol. Sehingga, kulit wajah tidak menjadi makin kering dan tidak memproduksi minyak secara berlebihan.

Rekomendasi Produk Skincare Untuk Kulit Kombinasi 

5 Cara Memilih Produk Skincare Untuk Kulit Kombinasi

Setelah mengetahui tips mendapatkan produk perawatan kulit untuk kulit kombinasi, kini Sobat Pintar bisa mengetahui beberapa rekomendasi produk skincare khusus kulit kombinasi berikut ini.

1. Makeup Remover Khusus Kulit Kombinasi 

Bagi Sobat Pintar yang mencari makeup remover khusus untuk kulit kombinasi, maka bisa menggunakan produk dari Garnier, yaitu Garnier Micellar Oil-Infused Cleansing Water. Kegunaan dari produk ini adalah tentu saja untuk mengangkat sisa-sisa kotoran dari makeup, sehingga pori-pori kulit tidak tersumbat dan membuat wajah menjadi bersih. 

Untuk cleanser lainnya, Sobat Pintar bisa menggunakan Clarins Cleansing Milk With Gentian yang cocok untuk kulit kombinasi. Walaupun harganya cukup mahal, namun sebanding dengan manfaat yang akan Sobat Pintar dapatkan.

2. Facial Wash atau Sabun Cuci Wajah

Rekomendasi produk skincare yang bagus untuk jenis kulit kombinasi adalah COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser. Sobat Pintar akan melihat kandungan dari produk ini, yaitu memiliki pH sekitar 5,0 sampai 6,0, sehingga mirip dengan pH kulit alami. 

Salah satu fungsi dari produk ini adalah untuk membersihkan minyak sekaligus kotoran dan sebum pada kulit. Tak hanya itu, produk ini cocok sekali untuk mengontrol minyak, serta mengecilkan pori-pori wajah. Dengan begitu, kulit akan lebih bernutrisi dan cerah alami setiap hari.

3. Toner

Sobat Pintar bisa menggunakan produk perawatan kulit untuk kulit kombinasi dari jenis toner, yaitu Emina Witch Power Face Toner. Toner ini memiliki kandungan zinc gluconate yang memiliki fungsi untuk mengontrol produksi minyak berlebih atau sebum. Formula dari toner ini efektif untuk mengecilkan pori-pori serta melembabkan dan menyegarkan kulit, lho.

6+ Cara Mendapatkan Dana Bantuan Pemerintah 2021 

4. Essence

Jika Sobat Pintar sedang mencari skincare essence yang cocok untuk kulit kombinasi, maka bisa menggunakan produk Wardah White Secret Pure Treatment Essence. Produk ini mampu membantu untuk melembabkan kulit secara optimal serta mencerahkan kulit. Tak hanya itu, kulit Sobat Pintar akan tampak halus juga nantinya.

5. Serum

Rekomendasi serum yang cocok untuk kulit kombinasi adalah Nacific Fresh Herb Origin Serum dan Sensatia Botanical Sandalwood Dream Facial C-Serum. Dua produk skincare itu sangat baik untuk kulit kombinasi karena memiliki kandungan bahan alami yang akan memberikan banyak manfaat untuk kulit kombinasi Sobat Pintar.

6. Moisturizer atau Pelembab

Jika Sobat Pintar memiliki jenis kulit kombinasi, sebaiknya mencari moisturizer atau pelembab dengan kandungan bebas alkohol. Sobat Pintar bisa menggunakan produk Cetaphil Daily Facial Moisturizer SPF 15 yang tak hanya berfungsi untuk melembabkan kulit. Produk ini akan melindungi wajah Sobat Pintar dari paparan sinar UV saat berada di luar ruangan.

7. Sunscreen

produk perawatan kulit untuk kulit kombinasi memerlukan pemilihan yang tepat, terutama di bagian produk sunscreen. Pilihlah jenis sunscreen yang memiliki tekstur ringan serta lembut di area kulit kering. Tak hanya itu, sunscreen yang Sobat Pintar pilih mesti mampu mengontrol minyak berlebih, serta memiliki kandungan Mexoryl dan Long UVA Filter yang akan mencegah kulit menjadi gelap, serta munculnya noda hitam.

8. Krim Malam 

Ada banyak sekali produk skincare krim malam yang cocok digunakan untuk kulit kombinasi, salah satunya adalah Olay Total Effect 7 in 1 Night Cream dan Garnier Sakura White Night Cream.

Fungsi penggunaan krim malam adalah untuk membuat kulit tampak cerah berseri, glowing, dan mengurangi tampilan garis halus atau kerutan di area wajah.

9. Masker Wajah Khusus Kulit Kombinasi 

Rekomendasi masker wajah untuk kulit kombinasi adalah Sobat Pintar bisa menggunakan masker dari Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2X. Produk ini memiliki kandungan Jeju Volcanic Cluster Sphere yang bermanfaat untuk menyerap minyak berlebih sebanyak 2 kali lebih kuat. 

Itulah beberapa informasi terkait produk skincare untuk kulit kombinasi yang bisa Sobat Pintar jadikan referensi. Apabila Sobat Pintar ingin membeli varian produk tersebut, namun masih kekurangan biaya, maka tidak perlu khawatir. Kini, Sobat Pintar bisa mengajukan pinjaman bunga rendah melalui Kredit Pintar sekarang juga. Dijamin, saat Sobat Pintar mengajukan pinjaman online di Kredit Pintar, maka uang akan cair hanya dalam 5 menit dengan bunga rendah yang tidak memberatkan, lho

3 Cara Dapat Uang 500rb Sehari: Direkomendasikan Oleh Kredit Pintar

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
27 Aug 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download