Apa itu Bitcoin: Mining, Cara Kerja dan Tips Berinvestasi

30 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 31 Dec 2021

Sebagian besar dari Anda pasti pernah mendengar istilah bitcoin yang adalah mata uang dan hanya dapat digunakan secara digital. Dimana semua transaksi dilaksanakan secara virtual melalui internet, proses jual-beli juga tidak menggunakan perantara dan tidak dapat dilakukan dengan sembarangan.

Apa itu Bitcoin: Mining, Cara Kerja dan Tips Berinvestasi

Mereka yang melakukan transaksi menggunakan mata uang tersebut juga tidak terlepas dari sebutan tambang, penambangan serta penambang. Cukup rumit dan sulit dimengerti memang bila Anda tidak terjun secara langsung pada dunia crypto ini.

Baca juga: Cara Main Crypto Aman, Legal dan Cuan Banyak di 2022 | Kredit Pintar

Bitcoin mining (penambangan bitcoin)

Penambangan merupakan cara yang digunakan untuk bisa mendapatkan crypto. Dimana prosesnya dikerjakan oleh komputer dan disebut dengan penambang. Nantinya komputer akan dipergunakan harus dapat mengerjakan kalkulasi kompleks.

Perangkat tersebut harus memiliki penyimpanan komputasi yang besar serta didukung dengan perangkat canggih lainnya.

Bagaimana cara kerja bitcoin

Jika Anda penasaran dengan cara kerja dari crypto, mirip seperti melakukan penambangan mineral atau emas yang diambil dari dalam tanah. Perbedaannya hanyalah kegiatan tersebut dilakukan lewat sebuah server khusus.

Penambangan bekerja dengan proses verifikasi serta menciptakan mata uang digital yang baru. Sistem komputerisasi yang digunakan ketika melakukan penambangan harus bisa memeriksa setiap blok yang ada pada server.

Sistem dari komputer yang digunakan juga akan mengawasi siaran dari transaksi lewat jaringan P2P serta melakukan sebuah pekerjaan tertentu, yaitu untuk mengkonfirmasi dan memproses transaksi yang berjalan. Perlu diketahui bahwa sistem yang dipergunakan tentunya harus canggih dengan penyimpanan besar.

Bila Anda termasuk orang yang suka berinvestasi, tidak ada salahnya untuk mencoba peruntungan di dunia crypto. Modal awal untuk memulai investasi ini cukup kecil, yakni Rp 100.000. Anda bisa memanfaatkan pinjaman uang sebagai langkah awal menjejakkan kaki di dunia crypto.

Melakukan investasi pada crypto sedikit memiliki perbedaan. Ketika pada instrumen lainnya Anda mungkin mendapatkan satu bitcoin, namun bila berinvestasi melalui instrumen yang satu ini Anda hanya menerima kurang lebih nol koma saja.

Baca juga: 6 Jenis Investasi yang Cocok Untuk Anak Muda! | Kredit Pintar

Tips berinvestasi menggunakan bitcoin

Bila masih belum mengenal bagaimana karakteristik crypto, memang sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu mengenai serba-serbinya. Karena dengan begitu bisa membantu Anda ketika memutuskan untuk terjun dan menjadi investor. Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan :

  1. Pilih media yang legal

Sebaiknya memilih media yang memang telah terdaftar dan diawasi oleh Bappebti. Dimana hingga saat ini sudah ada 13 perusahaan yang berada dibawah pengawasan mereka serta menjadi pedagang crypto. Jadi, silahkan pilih diantara ketiga belas perusahaan tersebut agar lebih nyaman dan aman dalam berinvestasi.

  1. Evaluasi variabel

Sebelum Anda menentukan akan menggunakan mata uang digital apa yang dibeli, ada baiknya Anda mengenali dulu aneka mata uang serta cara kerjanya. Karena ada beberapa alasan yang bisa memberikan pengaruh pada nilai dari mata uang crypto.

Salah satunya adalah dengan melakukan sebuah evaluasi terhadap aset dan mengunjungi website resminya secara langsung. Setelahnya Anda bisa membaca pada bagian whitepaper agar mengetahui semua informasinya.

Bahkan jika dibutuhkan, Anda juga harus mencari tahu tentang pendiri serta komunitasnya melalui media sosial agar Anda menjadi lebih yakin pada perusahaannya. Dengan memahami secara lebih dalam mengenai mata uang digital, Anda akan tahu sebesar apa peluangnya di masa depan. 

  1. Selalu memperhatikan grafik candlestick ketika menjalankan analisis teknikal

Karena mempunyai kesamaan dengan saham, artinya Anda dapat melakukan sebuah analisis guna mengetahui harga aset. Hal ini disebabkan, mata uang crypto tidak memiliki otoritas dari instansi lain. Maka harganya disesuaikan dengan penggunanya. Karena itu analisis teknis sangat dibutuhkan agar memperoleh keuntungan ketika sedang trading.

  1. Cari tahu besaran biaya layanannya

Ketika Anda melakukan sebuah transaksi investasi menggunakan mata uang digital, akan muncul skema mengenai biaya pembelian juga penarikan layanan di trade. Karenanya, Anda juga harus memperhatikan seberapa besar biayanya dan spread (perbedaan harga paling tinggi).

Apa saja kelebihan dari investasi bitcoin?

Anda bisa mempertimbangkan instrumen investasi yang satu ini sebagai investasi untuk jangka panjang, karena memang menguntungkan dan sudah banyak buktinya. Di bawah ini adalah beberapa kelebihannya :

  1. Menjadi investasi jangka panjang dengan peluang besar

Pada tahun 2008 nilai dari satu koin mata uang ini hanyalah $13 Amerika Serikat. Kemudian harganya semakin lama menjadi terus meningkat, hingga pernah sampai di angka $63.000 AS yang bila dihitung dengan kurs rupiah adalah sekitar 900 juta rupiah. Tentu merupakan angka yang fantastis.

  1. Cepat dan bebas

Kelebihan selanjutnya dari mata uang digital adalah tidak adanya keterikatan dengan regulasi yang biasanya ada di perbankan. Anda tidak akan dibebankan biaya dan lain-lain, Anda bisa secara bebas mengelola dengan mandiri investasi tersebut. Hal menyenangkan lainnya adalah segala transaksi dapat diproses dengan cepat.

  1. Dapat terhindar dari peredaran uang palsu

Anda pasti tahu bila banyak sekali upal (uang palsu) yang beredar di masyarakat dan hal ini tentu akan sangat mengkhawatirkan ketika melakukan transaksi dengan uang fisik. Namun, tidak halnya jika transaksi tersebut menggunakan mata uang digital. Tidak akan ada resiko Anda menerima uang palsu pada crypto.

  1. Partisipasi di ICO

Dengan melakukan investasi pada mata uang crypto, Anda bisa berpartisipasi di ICO atau Initial Coin Offering yang akan memberikan kepada Anda nilai tambah dari sebuah investasi. Tentunya akan sangat menguntungkan ketika mempunyai cryptocurrency, karena memiliki peluang untuk memperoleh penawaran itu.

  1. Identitas dijamin keamanannya

Melalui investasi ini Anda bisa menyembunyikan identitas asli, dengan begitu tidak ada yang bisa mengakses sekalipun dari perusahaan perbankan. Jadi, Anda bisa tenang dan tidak perlu khawatir mengenai data diri yang mungkin akan tersebar atau dicuri oleh orang-orang jahat.

Anda harus tahu bila crypto tidak berada dalam pengawasan OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, namun demikian ada Bappebti yang menggantikan tugas OJK untuk mengawasinya. Setiap investasi sudah pasti mempunyai resikonya masing-masing termasuk cryptocurrency.

Karena mata uang digital ini memiliki nilai yang lumayan tinggi. Menjadikannya sebagai alasan, mengapa mengapa melakukan penanaman modal di crypto menjadi pilihan anak-anak muda zaman sekarang.

Jadi, Anda jangan terkejut bila zaman sekarang banyak anak muda yang berhasil atau sukses di usia 20-an. Karena bisa saja mereka saat ini memang menambang bitcoin atau melakukan investasi dengan mata uang digital lainnya.

Baca juga: Perkembangan Harga Bitcoin dari Tahun ke Tahun (2009 – 2021) | Kredit Pintar

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
31 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download