6 Jenis Investasi yang Cocok Untuk Anak Muda!

14 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 17 Dec 2021

Zaman sekarang, semua orang sudah bisa berinvestasi dengan modal yang kecil. Bahkan, sudah ada banyak sekali jenis investasi yang cocok untuk anak muda yang bisa kita temukan. Ingin tahu apa saja? Simak jenis investasi dan cara investasi untuk pemula disini!

Cara Investasi Untuk Pemula

Memiliki investasi sejak dini sangat penting. Tapi, biar kamu tidak salah strategi berinvestasi, kamu harus baca dulu cara investasi untuk pemula berikut ini.

  1. Tujuan dan Rencana Jangka Panjang Investasi

Langkah pertama sebelum memulai investasi adalah, Sobat Pintar harus memiliki tujuan dan rencana investasi. Prinsip ini merupakan modal awal kamu untuk memulai berinvestasi, tanpa adanya tujuan, kamu pasti akan merasa malas dan terus menerus menunda untuk berinvestasi.

Jadi, cari tahu dahulu alasan dan tujuan kenapa kamu ingin berinvestasi dan nominal uang yang ingin kamu capai. Setelah kamu mengetahuinya, kamu bisa langsung membuat perencanaan jangka panjang bagaimana cara kamu mencapai tujuan tersebut.

Baca juga: Mengenal Apa itu Reksadana Indeks

  1. Menentukan Modal Investasi Berkala

Langkah kedua adalah menentukan modal investasi secara berkala. Tidak mungkin bukan kamu hanya menaruh uang di rekening simpanan hanya sekali? Pastinya kamu harus rutin investasi secara berkala supaya tujuan kamu cepat tercapai.

Jadi, kamu harus menghitung terlebih dahulu pendapatan dan pengeluaran kamu tiap bulan. Jika Sobat Pintar bingung cara menghitungnya, Sobat Pintar bisa menggunakan teori 50/30/20.

Alokasikan pendapatan kamu setelah pajak sebesar 50 persen untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk kebutuhan pribadi, dan 20% untuk berinvestasi.

  1. Pakai Uang Dingin

Mungkin buat para Sobat Pintar masih tidak tahu istilah “uang dingin,” bukan? Istilah “uang dingin” ini diibaratkan sebagai uang yang tidak Sobat Pintar gunakan dalam waktu dekat.

Jadi, misalnya jika Sobat Pintar punya tabungan dari pendapatan tambahan dari side job dan tidak dipergunakan untuk jangka waktu dekat, maka uang ini bisa kita sebut sebagai “uang dingin.”

Kenapa sih, harus menggunakan uang dingin untuk berinvestasi?

Namanya juga investasi, pasti tujuannya untuk jangka panjang bukan? Apalagi, untuk mendapatkan keuntungan dalam jumlah besar dibutuhkan waktu yang cukup lama. Makannya, Kredit Pintar sarankan untuk menggunakan uang dingin supaya Sobat Pintar tidak kelabakan saat membutuhkan uang tersebut.

  1. Memilih Instrumen Investasi

Setelah Sobat Pintar sudah punya tujuan, rencana, dan modal berkala, sekarang saatnya Sobat Pintar memilih instrumen investasi yang sesuai dengan gayanya masing-masing.

Setiap jenis instrumen investasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Biar Sobat Pintar tidak salah memilih, yuk simak 5 jenis investasi yang cocok untuk anak muda dibawah ini:

Jenis Investasi yang Cocok Untuk Anak Muda

  1. Emas
investasi emas

Investasi yang satu ini sering dilakukan oleh para orangtua kita. Sobat Pintar bisa bertanya-tanya dan belajar kepada orangtua atau kakek-nenek tentang cara berinvestasi emas ini.

Meskipun investasi yang satu ini terbilang cukup tua, tapi hingga sekarang masih banyak orang-orang yang mengandalkan investasi ini karena nilai emas ini cenderung stabil dan tahan terhadap fluktuasi.

Kabar baiknya, Sobat Pintar bisa berinvestasi emas tanpa harus ke tempat toko emas untuk membeli emas. Sekarang, sudah banyak aplikasi-aplikasi investasi yang menawarkan investasi emas seperti emas batangan, emas digital, logam mulia, dan emas dalam bentuk perhiasan.

Baca juga: Cara Menabung Emas di Pegadaian

  1. Saham

Berikutnya ada saham. Saham adalah satuan nilai yang menunjukkan kepemilikan dari lot dari suatu perusahaan yang dibeli. Sobat Pintar bisa membeli saham pada perusahaan tertentu. Ini berarti Sobat Pintar menanamkan modal ke perusahaan tersebut dan akan mendapatkan keuntungan dari kinerja operasional dan penjualan perusahaan.

Sobat Pintar dapat menghitung keuntungan dari jumlah saham yang dimiliki yang dimana satuannya adalah 1 lot atau sama dengan 100 lembar saham. Modal awal untuk memulai investasi saham terbilang cukup terjangkau. Sobat Pintar dapat membeli saham mulai dari Rp.100.000 saja.

  1. Deposito
investasi deposito

Deposito merupakan jenis instrumen investasi yang dapat dilakukan siapa saja dan di seluruh bank Indonesia. Namun, keuntungan yang didapat dari deposito terbilang lebih rendah daripada jenis instrumen investasi lainnya. Namun, jenis investasi ini cocok untuk anak muda yang ingin memulai investasi dalam jangka panjang.

Sobat Pintar akan bertindak sebagai investor, Sobat Pintar dapat memilih jangka waktu investasi mulai dari 1, 3, 6, 12, hingga 24 bulan, tergantung dari pihak bank. Namun, Sobat Pintar tidak diperbolehkan mencairkan dana yang telah Sobat Pintar tetapkan sebelum jatuh tempo. 

  1. Valuta Asing
investasi valuta asing

Selanjutnya ada valuta asing atau yang biasa dikenal dengan valas merupakan jenis instrumen investasi yang melibatkan pertukaran mata uang. Mata uang paling populer yang sering digunakan untuk berinvestasi adalah Dollar, Euro, dan Poundsterling.

Sistem investasi ini terbilang mudah untuk dipahami, Sobat Pintar hanya perlu membeli valas saat harganya sedang turun dan menjualnya kembali saat harganya naik. Keuntungan yang akan di dapat Sobat Pintar adalah selisih dari harga beli dan jual.

Namun, pastikan Sobat Pintar harus sadar akan berita perekonomian dunia, politik, sosial, perdagangan, dan ekonomi negara tersebut. Hal inilah yang akan menjadi faktor nilai mata uang di negara tersebut.

  1. Cryptocurrency

investasi kriptoTerakhir ada Cryptocurrency, yang menjadi instrumen investasi yang paling populer dan terhangat saat ini. Popularitas cryptocurrency ini juga saat ini sedang naik daun setelah drama Korea, Squid Game.

Cryptocurrency ini merupakan mata uang digital yang setiap aktivitas transaksinya dilakukan secara online. Tapi, sistem cryptocurrency ini tidak sama seperti mata uang tradisional pada umumnya, cryptocurrency ini adalah mata uang digital yang tidak ada pencetakannya.

Di Indonesia, transaksi pembelian cryptocurrency saat ini terbilang aman dan legal karena sudah diatur oleh Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Sektor Komoditi Berjangka).

Seperti valas saja, pergerakan nilai cryptocurrency terbilang fluktuatif, dan sampai sekarang, banyak pengamat investasi memperdebatkan kebenaran dari pergerakan fluktuasi harga mata uang digital tersebut.

  1. Peer-to-Peer Lending (P2P)

Terakhir, ada P2P lending yang dimana kegiatan investasinya melibatkan peminjam dari debitur kepada kreditur yang sedang membutuhkan dana mendesak. Sobat Pintar akan berperan sebagai kreditur yang memberikan kredit kepada peminjam dan akan mendapatkan keuntungan dari bunga yang peminjam bayarkan.

Keuntungan yang didapatkan dari investasi ini relatif lebih cepat dan terbilang tinggi, yakni 15-38%. Cukup menguntungkan, bukan?

Jadi itulah cara investasi untuk pemula dan jenis investasi yang cocok untuk anak muda yang bisa Sobat Pintar pilih.Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
17 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download