Investasi dengan Menabung Emas di Pegadaian

05 Oct 2021 by Laruan, Last edit: 06 Oct 2021

Belakangan ini, menabung emas di Pegadaian menjadi sebuah tren investasi jangka panjang yang dipilih masyarakat Indonesia. Memang masih banyak instrumen investasi jangka panjang yang lebih menguntungkan. Namun, menabung emas tidak kalah menguntungkannya dengan instrumen investasi lainnya.

Investasi dengan Menabung Emas di Pegadaian

Faktor-faktor yang menjadi pertimbangan oleh semua orang dalam memilih emas sebagai instrumen investasi mereka adalah permintaan yang tinggi, likuiditas yang menjanjikan, dapat diwariskan, kebal inflasi, nilai yang stabil, dan masih banyak lagi.

Nah buat kalian yang tertarik memulai investasi dengan menabung emas di Pegadaian, kali ini Kredit Pintar akan mengulas informasi-informasi penting yang harus kalian perhatikan! Yuk simak baik-baik disini!

Bagaimana Cara Membuka Tabungan Emas Pegadaian?

Membuka tabungan emas di pegadaian sangat mudah dan semua orang dari berbagai kalangan dapat membuka tabungan emas ini. Cara membuka rekening tabungan ini bisa kalian lakukan dengan dua cara, melalui aplikasi resmi Pegadaian Digital atau mengunjungi outlet pegadaian terdekat. Perlu kalian ketahui, jika membuka rekening tabungan melalui  aplikasi, kalian bisa mengambil kartu rekening di outlet yang telah kalian daftarkan selambat-lambatnya 6 bulan sejak pendaftaran. Berikut cara-caranya:

  • Persiapkan syarat dan ketentuan dan dokumen-dokumen pendukung lainnya. 
  • Lengkapi formulir pembukaan rekening dan bayar biaya administrasi sebesar Rp 10.000 dan biaya fasilitas titipan tabungan untuk 12 bulan sebesar Rp 30.000.
  • Setelah melengkapi formulir dan administrasi, nasabah akan menerima buku rekening tabungan emas dan sudah bisa melakukan pembelian emas mulai dari 0.01 gram. 
  • Jika kalian berniat untuk mencetak emas batangan, Anda dapat melakukan order cetak dengan pilihan 1-100 gram dan membayar biaya cetak sesuai besaran kepingan.
  • Untuk mencetak emas batangan hanya dapat dilakukan di kantor cabang dengan menunjukkan buku tabungan dan identitas diri yang valid.

Sistem Menabung Emas di Pegadaian

Sobat Pintar dapat melakukan jual-beli tabungan emas berdasarkan harga emas yang sudah ditetapkan oleh Pegadaian. Sobat Pintar dapat melihat nilai emas tersebut melalui aplikasi Pegadaian Digital.

Mulailah dengan melakukan top up pada aplikasi Pegadaian Digital. Sobat Pintar bisa membeli emas dengan minimal harga Rp.50.000 dan maksimal Rp.10.000.000 juta per harinya.

Selain melakukan pembelian, aplikasi Pegadaian Digital juga mencantumkan harga jual dan beli emas yang sedang berlangsung. Untuk Harga Jual merupakan harga resmi dari Pegadaian untuk nasabah. Sedangkan Harga Beli adalah harga dari Pegadaian untuk membeli emas dari nasabah atau disebut buy back.

Berapa Biaya Tabungan Emas Pegadaian?

Selanjutnya, kalian harus tahu biaya-biaya yang akan kalian keluarkan saat menabung emas di Pegadaian. Berikut tabel-tabel penjelasannya:

Biaya Pembukaan Rekening Tabungan Emas

ChannelBiaya Pembukaan RekeningBiaya Fasilitas Penitipan Emas (per satu tahun)Pembelian Saldo EmasBiaya Transaksi
Outlet PegadaianRp 10.000,-Rp 30.000,-0,01 Gram
Pegadaian DigitalRp 0,-Rp 0,- (bebas biaya penitipan untuk 1 tahun pertama)Rp 50.000,-
Pegadaian Syariah DigitalRp 0,-Rp 30.000,-Rp 70.000
Agen PegadaianRp 10.000,-Rp 30.000,-Rp 57.500,-Rp 2.500,-

Biaya Transaksi Tabungan Emas

TransaksiBiaya (Rupiah)Keterangan
Transfer emas ke rekening lainRp 2000,-/transaksiMelalui Outlet Pegadaian
Transfer emas ke rekening lainRp 0,-Melalui Pegadaian Digital
Pencetakan rekening koran Tabungan EmasRp 2.000,-/lembarDi Outlet Pegadaian
Penggantian buku Tabungan Emas yang hilang atau rusakRp 10.000,-/bukuDi Outlet Pegadaian
Penitipan emas per tahun dibayar di mukaRp 30.000,-/rekening
Penutupan rekeningRp 30.000,-/rekeningDi Outlet Pegadaian

Apa Saja Keuntungan Tabungan Emas Pegadaian

Setelah mengetahui sistem menabung dan informasi lainnya. Kali ini kami akan menjabarkan keuntungan menabung emas di Pegadaian:

  1. Mudah diakses, mulai dari outlet Pegadaian maupun Aplikasi Digital resmi Pegadaian Digital dan Marketplace Online.
  2. Dapat mencetak emas batangan mulai dari 1 gram per keping.
  3. Harga jual dan beli yang kompetitif.
  4. Biaya dan administrasi yang ringan
  5. Jaminan karatase 24 karat.
  6. Dapat menabung emas mulai dari 0.1 gram.
  7. Dikelola secara profesional dan transparan.
  8. Dapat melakukan top up tabungan emas mulai dari 0.01 gram.

Cara Hitung Keuntungan Investasi Emas

  1. Melalui Selisih Harga Jual dan Beli

Cara ini sangat sederhana. Sobat Pintar hanya perlu membandingkan jumlah uang tunai yang kalian keluarkan saat membeli emas dengan harga emas pada saat akan dijual. Selisih yang sudah kalian hitung merupakan keuntungan atau kerugian dari investasi tabungan emas kalian. 

  1. Pantau Harga Emas Secara Berkala

Sobat Pintar dapat bertransaksi emas kapan saja dan kepada siapa saja. Biasanya, dalam proses menjual emas, investor selalu mematokan harga jual dengan harga yang paling tinggi saat itu. Biasanya, harga nilai emas akan diperbarui setiap harinya pada pukul 10.00 WIB.

  1. Harga Emas Global

Di Indonesia sendiri, harga emas biasa mengacu pada harga pasar dunia yang menggunakan troy ounce. Satuan yang digunakan ini setara dengan berat emas murni sebesar 31.103 gram. Makannya, jika harga emas Antam menyebut harga sebesar $1.233 per troy ounce, ini artinya untuk pembelian emas sebanyak 31.103 gram. 

Bila Sobat Pintar ingin mengetahui harga emas per gram, kalian bisa menggubah kurs dollar AS ke rupiah. Jika nilai rupiah pada hari itu adalah Rp.15.000 maka nilai emas per gram hari ini adalah Rp.594.000.

  1. Harga Dasar Emas

Ini adalah istilah yang harus kalian pahami saat menghitung keuntungan investasi emas dengan harga dasar. Jika Sobat Pintar hendak menjual emas yang kalian miliki, biasanya nilai penjualan emas tersebut 10% di bawah harga dasar yang berlaku saat Sobat Pintar hendak menjualnya.

Misal, jika Sobat Pintar membeli emas 5 bulan lalu dengan harga Rp.600.000 dan harga emas hari ini adalah Rp.750.000, maka nilai emas saat Sobat Pintar menjualnya adalah 10% dari harga dasarnya dan dikurangi harga dasar. Jadi kalian akan mendapat keuntungan sebesar Rp.675.000.

  1. Persentase Keuntungan Dari Tahun ke Tahun

Jika melihat data Antam, dalam dua tahun belakang, keuntungan investasi emas batangan hingga sebesar 18%. Jadi, jika Sobat Pintar membeli emas pada dua tahun yang lalu sebesar Rp.600.000/gram, maka keuntungan investasi kalian meningkat menjadi Rp.708.000/gram. Keuntungan ini akan terus meningkat jika Sobat Pintar lebih sabar menunggu dalam waktu lama untuk mendapatkan keuntungan sebesar itu.

Jadi itulah penjelasan mengenai Menabung Emas di Pegadaian. Yuk mulai dari sekarang biasakan diri kita untuk berinvestasi dalam jangka panjang untuk masa tua atau pensiun. Kalian pasti tidak mau dong mengalami kesulitan finansial di masa tua dan merepotkan anak-anak kalian nantinya?

Jangan lupa bagikan artikel ini ke media sosial kalian, ya!Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
06 Oct 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download