3 Rekomendasi Bitcoin Wallet yang Dapat Anda Coba

01 Jul 2021 by Laruan
3 Rekomendasi Bitcoin Wallet yang Dapat Anda Coba

3 Rekomendasi Bitcoin Wallet yang Dapat Anda Coba. – Setelah dihebohkan dengan maraknya jual beli saham, sekarang masyarakat mulai mengenal jenis investasi lainnya yang disebut dengan Cryptocurrency. Cryptocurrency adalah mata uang yang berbentuk digital dan digunakan untuk melakukan transaksi digital menggunakan jaringan internet. Guna menjaganya agar tetap aman, cryptocurrency memiliki sandi-sandi rahasia yang diutarakan pada mata uang digital ini.

Cryptocurrency berasal dari kata “cryptography” yang artinya kode rahasia dan “currency” yang artinya mata uang. Kriptografi sebenarnya bukanlah yang baru. Hal ini pernah dilakukan oleh Jerman di masa Perang Dunia II. Jerman menggunakan kriptografi untuk mengirimkan kode-kode rahasia kepada aliansinya agar tidak mudah diketahui oleh musuh.

Untuk saat ini, ada lebih dari 1.000 cryptocurrency yang aktif di berbagai belahan dunia. Beberapa jenis cryptocurrency yang terkenal, seperti Litecoin, Ethereum, Monero, Ripple dan yang akan dibahas lebih dalam, Bitcoin. 

Hal Penting Mengenai Bitcoin

Bitcoin adalah jenis mata uang digital atau uang elektronik baru yang digagas oleh seseorang yang menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Transaksi Bitcoin dipastikan menggunakan jaringan internet dan tidak melalui perantara, atau dengan kata lain tidak menggunakan jasa bank yang mengawasi. Dikarenakan sistemnya yang peer to peer (P2P), maka dapat dikatakan bahwa Bitcoin adalah mata uang yang bersifat desentralisasi.

Sebelum memutuskan untuk mulai memiliki Bitcoin, ada beberapa hal yang patut Sobat Pintar perhatikan terkait dengan Bitcoin. Pertama, Bitcoin membutuhkan wallet yang bertugas untuk mengamankan Bitcoin Sobat Pintar. Dalam memilih wallet pun, Sobat Pintar harus berhati-hati karena sudah banyak kejadian tempat penyimpanan uang digital mengalami kebocoran keamanan.

Kedua, harga Bitcoin mudah berubah. Maka dari itu, Sobat Pintar tidak disarankan untuk menabung dalam bentuk Bitcoin karena Bitcoin masih dianggap sebagai aset yang berisiko tinggi. Ketiga, pembayaran Bitcoin tidak dapat dibatalkan dan tidak dapat bersifat anonim. Penerima Bitcoin bisa mengembalikannya kembali kepada Sobat Pintar dan dibutuhkan alamat Bitcoin untuk menyatakan bahwa transaksi yang akan dilakukan bersifat nyata.

Keempat, Bitcoin masih menjadi uji coba. Dikarenakan ini adalah inovasi digital yang baru, perlu diingat bahwa Bitcoin merupakan sebuah penemuan yang sampai sekarang masih terus dikembangkan dari yang tidak ada sebelumnya. Ini yang membuat tidak ada satu orang pun yang dapat memprediksi Bitcoin.

Kelima, memerhatikan pajak pemerintah serta peraturan-peraturan lainnya. Sebagaimana yang Sobat Pintar tahu bahwa Bitcoin bukanlah mata uang resmi, sudah sepatutnya Sobat Pintar mematuhi aturan-aturan tentang pembayaran pajak pendapatan, penjualan, penggajian, serta keuntungan modal yang berkaitan dengan Bitcoin. Sobat Pintar harus bertanggung jawab untuk mematuhi aturan maupun kebijakan Bitcoin yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia.

Dengan mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan tersebut, saatnya Sobat Pintar mengetahui rekomendasi Bitcoin wallet yang dapat Sobat Pintar gunakan.

bitcoin

1. Indodax

Indodax (Indonesia Digital Asset Exchange) adalah salah satu rekomendasi Bitcoin wallet di Indonesia yang mengklaim sebagai marketplace yang memiliki aset kripto terbesar di Indonesia. Selain menyediakan aset kripto Bitcoin, Bitcoin wallet ini juga menyediakan aset kripto lainnya seperti Ethereum, Ripple, dan aset lainnya. Bitcoin wallet ini dapat dilihat lebih lengkap melalui https://indodax.com/.

Bitcoin wallet ini menyajikan Sobat Pintar layanan jual beli Bitcoin maupun aset kripto lainnya yang mana bisa dilakukan selama 24 jam non-stop, termasuk di hari libur. Untuk membeli Bitcoin, Bitcoin wallet ini dapat menerima deposit dari bank lokal Indonesia dalam kurun waktu kurang dari satu jam. Sedangkan untuk menjualnya, Bitcoin wallet ini mengonversikan Bitcoin Sobat Pintar menjadi rupiah dalam waktu satu hari kerja.

Selain itu, Bitcoin wallet ini juga menyediakan beberapa fitur yang semakin membuat Sobat Pintar nyaman untuk menggunakannya. Pertama, sistem keamanan Bitcoin wallet ini menggunakan perlindungan autentikasi multi-faktor dengan cara verifikasi via email dan SMS dari Google Authenticator. Hal ini berguna untuk melindungi Sobat Pintar dari setiap transaksi yang telah ditandatangani dan divalidasi oleh Sobat Pintar.

Kedua, Bitcoin wallet ini tersedia dalam bentuk telepon genggam, personal computer, tablet, serta perangkat-perangkat lainnya. Hal ini memudahkan Sobat Pintar untuk mengakses Bitcoin wallet ini kapanpun dan dimanapun. Ketiga, waktu yang efisien untuk setor dan tarik rupiah maupun Bitcoin dalam jangka waktu kurang dari satu hari tanpa adanya penundaan. Terakhir, memiliki fitur live chat, call center, maupun email yang dapat diakses kapanpun Sobat Pintar membutuhkan pertolongan maupun ingin menyampaikan pertanyaan.

2. Electrum

Dirilis pada tahun 2011, Electrum adalah salah satu rekomendasi Bitcoin wallet yang dapat Sobat Pintar jadikan pilihan. Bitcoin wallet yang satu ini bentuknya sederhana dan mudah digunakan. Karena sifatnya yang sederhana, Bitcoin wallet ini tidak menerima aset kripto lainnya selain Bitcoin. Bitcoin wallet ini dapat diakses di https://electrum.org/.

Pada pengoperasiannya, Bitcoin wallet ini menggunakan server jauh yang berguna untuk menangani bagian-bagian rumit pada sistem Bitcoin dan mengembalikan wallet Sobat Pintar apabila terjadi apa-apa dengan fase rahasia. Bitcoin wallet ini memberikan hak sepenuhnya kepada Sobat Pintar untuk mengendalikan Bitcoin Sobat Pintar. Tidak akan ada pihak ketiga yang dapat ikut campur terkait simpanan dana Sobat Pintar. Maka dari itu, Sobat Pintar bertanggung jawab secara penuh atas Bitcoin yang Sobat Pintar simpan.

Perlu diketahui bahwa sebagai aplikasi yang sederhana, ada beberapa hal yang harus Sobat Pintar ketahui mengenai beberapa fitur yang perlu menjadi perhatian Sobat Pintar. Pertama, Bitcoin wallet ini menerapkan sistem transparansi dasar yang mana pengembang Bitcoin wallet ini menciptakan sumber-sumber kode untuk diberikan kepada kliennya. Maka dari itu, akan ada kemungkinan setiap pengembang-pengembang di dunia melakukan audit terhadap kode-kode itu sehingga dengan mudahnya diretas.

Bitcoin wallet ini pernah mengalami masalah keamanan pada tahun 2017. Saat itu, Bitcoin wallet ini terkena serangan bug yang berpotensi untuk menyerang penyimpanan Bitcoin bagi para pemilik wallet. Bitcoin wallet ini membutuhkan waktu sampai Januari 2018 untuk membenahi sistemnya dan pihak Bitcoin wallet ini mengonfirmasi bahwa masalah semua sudah diperbaiki.

3. Coinbase

Rekomendasi Bitcoin wallet ini didirikan di San Fransisco, California tahun 2012. Selain menjadi Bitcoin wallet, Bitcoin wallet ini juga tersedia untuk aset kripto lainnya seperti Litecoin, Ethereum, dan Bitcoin Cash. Berbeda dari rekomendasi-rekomendasi yang telah dijelaskan, Bitcoin wallet ini dapat menyimpan aset Sobat Pintar secara offline. Coinbase dapat diakses melalui https://www.coinbase.com/.

Bitcoin wallet ini dapat dikatakan sebagai tempat yang paling dipercaya untuk menjadi Bitcoin wallet. Fakta menunjukkan bahwa Bitcoin wallet ini memiliki 40 lisensi yang berbeda agar dapat beroperasi di 30 negara bagian Amerika Serikat saja. Belum negara-negara lainnya. Karena itulah, tidak sembarang negara dapat akses untuk mendapatkan fitur jual dan beli Bitcoin wallet ini. Indonesia adalah salah satu negara yang dapat mengakses Bitcoin wallet ini serta lebih dari seratus negara lainnya.

Salah satu fitur unggulan Bitcoin wallet ini adalah dapat menerima mata uang fiat. Tidak seperti kebanyakan Bitcoin wallet, Bitcoin wallet ini dapat menerima mata uang Euro, Poundsterling, dan Dollar AS. Bitcoin wallet ini juga menyediakan layanan transfer antarbank, kartu kredit/debit, PayPal, maupun SEPA yang diperuntukkan untuk membeli Bitcoin.

Melalui rekomendasi Bitcoin wallet yang dapat Sobat Pintar pilih, tidak ada salahnya untuk mencoba memiliki aset Bitcoin dan disimpan di Bitcoin wallet yang Sobat Pintar inginkan. Namun, karena ini semua bersifat digital dan online, Sobat Pintar harus siap akan risiko yang mungkin saja terjadi di masa depan dan jangan lupa untuk berguru kepada rekan Sobat Pintar yang sudah berpengalaman.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload