Apa itu Metaverse Coin? Dan Token Apa Saja?

26 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 31 Jan 2022

Fase dunia baru telah tiba dimana semua orang saat ini sudah hidup berdampingan dengan Internet, bahkan yang terbaru saat ini dengan adanya Metaverse yang mana menggabungkan realitas virtual, augmented, dan diperluas dengan dunia fisik. Termasuk penggunaan Metaverse Coin yang juga digadang-gadang akan menjadi suatu alat pembayaran digital.

Apa itu Metaverse Coin? Dan Token Apa Saja?

Mengutip Bloomberg, dalam dua tahun lagi, Metaverse Coin akan sangat menjanjikan bagi industri Blockchain dengan memperkirakan ukuran pasar yang akan tumbuh secara terus menerus bahkan hingga akan menyentuh lebih dari $800 miliar pada tahun 2024.

Secara garis besar, metaverse mengacu pada pergeseran cara seseorang berinteraksi dengan teknologi dan perkembangan lingkungan virtual 3D.

Metaverse Coin merupakan mata uang yang digunakan oleh orang-orang di dalam metaverse. Pengguna dapat membuat, memberli dan menjual kembali barang serta dana tocenized.

Lantas, melihat dari perkiraan pasar yang semakin bertumbuh, ada beberapa token yang dapat dibilang sangat menjanjikan yang mana peningkatan nilainya selama beberapa bulan kedepan ini akan meningkat terus.

Facebook Menginvestasikan Dana yang Signifikan Pengembangan Metaverse

Ketertarikan pada metaverse memuncak setelah nama Facebook berubah menjadi Meta pada 28 Oktober. Menurut CEO Facebook Mark Zuckerberg, rebranding ini dilakukan agar Facebook “dilihat sebagai perusahaan metaverse”. 

Menurut laporan kuartal ketiga tahun 2021 Facebook, ribuan karyawan akan dipindahkan ke upaya tersebut, dan perusahaan akan kehilangan $ 10 miliar pada usaha tahun ini dan lebih banyak lagi di masa mendatang. 

Zuckerberg ingin memonopoli metaverse. Menurut pakar Anupam Chander, langkah untuk mengubah citra Facebook adalah “tentang memiliki sistem operasi masa depan”. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika perusahaan telah menginvestasikan lebih dari $50 juta ke dalam proyek multiverse.

Facebook telah menunjukkan minat yang signifikan pada dana tokenized. Proyek ‘Libra’ di tahun 2019 merupakan rencana perusahaan untuk mengembangkan mata uang universal yang terkait dengan sekeranjang mata uang berdaulat. 

Namun, karena oposisi yang kuat dari berbagai kelompok, Facebook terpaksa memilih beberapa stablecoin sebagai gantinya. Sekarang dikenal sebagai Diem, stablecoin yang didukung Facebook diharapkan akan diluncurkan pada awal 2022.

Token Metaverse Apa Saja yang akan Jadi Hal Besar Di Bidang Aset Digital

Token Metaverse adalah unit mata uang yang digunakan untuk melakukan transaksi di dalam metaverse, dan sementara beberapa token metaverse hanya dapat digunakan di dalam metaverse, beberapa juga tersedia di bursa seperti WarziX, Coinbase, dan Binance. 

Jadi, token metaverse mana yang menunjukkan potensi paling besar? 

1. Sandbox

Sandbox adalah dunia game virtual di mana pemain bisa mendapatkan token SAND untuk menyelesaikan aktivitas di dunia. Bagian integral dari gameplay adalah token utilitas SAND dibangun di atas blockchain Ethereum. Token SAND dapat digunakan dalam metaverse untuk membeli objek virtual dan bekerja pada model play-to-earn. Saat ini, 1 SAND setara dengan 4,45 USD atau Rp62,3 ribu. 

Sandbox juga mendapatkan perhatian yang signifikan dari para pemain besar di sektor game. Vision Fund 2 dari Softbank memimpin sekelompok pengguna yang memasukkan $93 juta ke dalam platform game. Ini terjadi setelah pengguna aktif bulanan melebihi $144 juta dalam volume transaksi. 

2. Axie Infinity

Axie infinity mirip dengan The Sandbox dan merupakan game play-to-earn. Ini melibatkan penjualan, pembelian, dan perdagangan monster yang dapat dikoleksi untuk mendapatkan token AXS. 

Monster diwakili oleh token NFT dan masing-masing unik. Permainan menyenangkan ini telah meroket popularitasnya selama enam bulan terakhir, dan pengguna harian telah meningkat hampir 5.000%. AXS saat ini memiliki kapitalisasi pasar global lebih dari $8 miliar, dengan token AXS saat ini bernilai $77,92 atau Rp1,1 juta. 

3. Koin THETA

Theta Network adalah jaringan pengiriman video terdesentralisasi yang menyediakan berbagai solusi berkemampuan blockchain untuk masalah yang dihadapi sektor streaming video tradisional. 

Jaringan ini didukung oleh koin THETA. Token ini memungkinkan untuk memvalidasi transaksi, menghasilkan blok, dan memilih perubahan pada jaringan. Token koin THETA saat ini bernilai $4,2 atau Rp30 ribu. 

4. Koin MANA

Decentraland adalah platform realitas virtual tempat Anda dapat membeli sebidang TANAH di dalam game. Anda dapat mengembangkan plot dengan membangun apa pun yang Anda inginkan dan menghasilkan sejumlah MANA dari game.

Decentraland pertama kali didirikan pada tahun 2017 dan menjadi pelopor dalam membangun virtual-reality terdesentralisasi berbasis Ethereum. Setiap TANAH berukuran 16 kaki persegi dalam permainan, dan hanya tersedia 90601 bidang TANAH.

Hingga artikel ini ditulis, harga MANA to IDR saat ini mencapai Rp71 ribu dengan kapitalisasi pasar Decentraland sebesar Rp87 triliun.

5. Koin BLOK

Meskipun masih tergolong dini di dunia metaverse, proyek Bloktopia telah terdaftar di bursa aset kripto populer seperti KuCoin dan OKEx. Bloktopia juga telah mendapat dana dari investor top di industri gim. Permainan ini akan memberikan pengalaman visual yang menakjubkan dalam VR karena gim menggunakan mesin kreasi 3D real-time yang canggih. Bloktopia adalah salah satu dari sedikit proyek metaverse yang didukung oleh jaringan Polygon.

Hingga artikel ini ditulis, harga BLOK to IDR saat ini mencapai Rp478,38.

6. Koin ATLAS

Star Atlas adalah gim blockchain yang berupaya untuk menciptakan gameplay AAA terbaik. Setelah peluncuran trailernya, gim ini sangat populer di kalangan gamers. Kegilaan untuk metaverse bertenaga Solana ini nyata.

Hingga artikel ini ditulis, harga ATLAS to IDR terkini mencapai Rp40 ribu dengan kapitalisasi pasar sebesar Rp87 triliun.

7. Koin GALA

Gala adalah platform game blockchain yang didirikan oleh Eric Schiermeyer pada 21 Juli 2019. Gala menggabungkan teknologi non-fungible token (NFT) dan blockchain untuk menciptakan ekosistem game blockchain di mana pemain dapat melakukan trading dan memiliki aset gim dalam skala global kapan pun mereka mau.

Tujuan diciptakannya Gala Games adalah untuk membawa industri gim ke tingkat yang baru dengan memberikan kendali penuh atas permainan kepada pemain itu sendiri. Berdasarkan informasi yang tertera pada situs Gala, hadirnya Gala Games adalah untuk membuat “game blockchain yang benar-benar ingin kamu mainkan.”

8. Koin HERO

Meta Hero telah menghadirkan modelling dan pemindaian 3D ke dunia metaverse dengan berkolaborasi dengan Wolf Studio. 

Wolf Studio adalah setara big four dalam industri pemindaian 3D. Kemitraan ini akan memudahkan proses pengujian ekstensif pada beberapa game populer seperti CyberPunk 2077.

Hingga artikel ini ditulis, harga HERO to IDR terkini mencapai Rp50 dengan kapitalisasi pasar sebesar Rp10 triliun.

Jadi, Metaverse merupakan sebuah teknologi masa depan berbentuk dimensi virtual yang mendukung lingkungan virtual 3D online bersifat terdesentralisasi. Dunia virtual ini dapat diakses melalui headset virtual-reality, kacamata augmented-reality, smartphone, PC, dan konsol gim.

Tak hanya itu, aset kripto dan NFT juga menjadi bagian dari metaverse. Hal inilah yang menjadi penyebab dari hadirnya metaverse coin.Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

31 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download