Cara Main Crypto Aman, Legal dan Cuan Banyak di 2022

14 Dec 2021 by Kredit Pintar, Last edit: 21 Sep 2022

Cryptocurrency adalah instrumen investasi yang paling populer karena dapat memberikan keuntungan dalam jumlah besar. Maka tidak heran, banyak sekali orang-orang yang ingin tahu cara main crypto.

Cara Main Crypto Aman, Legal dan Cuan Banyak di 2022

Masyarakat Indonesia saat ini sudah banyak sekali yang mencoba peruntungan dalam berinvestasi disini. Namun, sayangnya tidak semua orang dapat bermain cryptocurrency sehingga bukan keuntungan yang di dapat melainkan kerugian yang cukup besar.

Faktor mendasar yang menyebabkan mereka mengalami kerugian adalah minim pengetahuan dan teori dasar cryptocurrency. Untuk itulah, kali ini kami akan membagikan ilmu-ilmu dasar cryptocurrency dan cara main crypto supaya Sobat Pintar dapat meraih keuntungan besar.

Baca juga: Apa itu Capital Gain?

Apa Itu Cryptocurrency?

Cryptocurrency adalah mata uang digital yang tidak dapat dipalsukan atau digandakan. Cryptocurrency ini adalah jaringan teknologi yang berdasarkan teknologi blockchain.

Pada umumnya, ciri khas mata uang digital ini tidak dikeluarkan oleh otoritas pusat atau lembaga resmi, karenanya nilai mata uang ini tidak ada sangkut pautnya dengan pemerintah.

Saat ini, cryptocurrency yang paling populer adalah Bitcoin, yang nilai mata uang ini sering dipertanyakan oleh pengamat investasi dan media-media besar akan kebenarannya. Namun, hingga saat ini sudah banyak sekali orang-orang yang meraih keuntungan besar sehingga eksistensi cryptocurrency masih populer.

Daya Tarik Utama Cryptocurrency

Sobat Pintar pasti bertanya-tanya, “kenapa sih cryptocurrency menjadi investasi yang paling menarik? Memangnya, instrumen yang lain tidak menjanjikan?”  Sebenarnya, instrumen investasi lainnya memang menggiurkan, tapi cryptocurrency memiliki daya tarik tersendiri seperti:

  • Dapat dimiliki dengan nama anonim
  • Ledakan harga yang membuat mata uang digital ini sangat terlihat dan terasa seperti investasi.

Kedua hal inilah yang menjadi daya tarik utama mata uang digital ini. Bahkan, ledakan harga yang sewaktu-waktu bisa terjadi dapat membuat Sobat Pintar kaya dalam sekejap saja.

Panduan Dasar Cara Main Crypto

Cara Main Crypto Aman, Legal dan Cuan Banyak di 2022

Berinvestasi di cryptocurrency tidak sama seperti berinvestasi pada umumnya yang mengharuskan Sobat Pintar untuk pergi ke bank lokal dan membeli lembar investasi.

Sobat Pintar dapat membeli mata uang digital ini melalui ponsel pintar atau desktop pribadi milik Sobat Pintar masing-masing. Saat ini, sudah banyak pialang yang menawarkan investasi cryptocurrency, seperti IndoDax, TokoCrypto, dan Pintu.

Simak cara main crypto, berikut ini:

  1. Alokasi Sebagian Kecil Portofolio ke Cryptocurrency

Biasanya, aplikasi investasi menyediakan robot untuk mengukur tipe investor seperti apa diri kamu. Pastikan kamu menggunakan fitur ini untuk mengetahui tipe investasi dirimu, apakah agresif, aman, atau moderate.

Setelah mengetahui hal tersebut, maka fitur tersebut secara langsung membuat penilaian tipe investor Sobat Pintar. Dari hasil tersebut, mereka biasanya akan menunjukkan persenan portofolio Sobat Pintar. 

Bisa jadi dari hasil penilaian tersebut akan mengalokasikan 10% dari portofolio untuk cryptocurrency dan sisanya untuk portofolio lainnya. 

Hal yang harus Sobat Pintar sadari, cryptocurrency ini bukan seperti investasi saham pada umumnya. Terkadang harga yang Sobat Pintar saat ini beli sedang murah, bisa jadi dalam waktu beberapa jam saja akan tetap turun. Jadi, jika Sobat Pintar merupakan tipe investor yang aman, maka jangan menghabiskan portofolio investasi lebih dari 10% untuk cryptocurrency.

Baca juga: Mengenal Apa itu Reksadana Indeks

  1. Memilih Mata Uang Digital

Selanjutnya adalah memilih mata uang digital. Seperti yang kita sudah jelaskan, saat ini Bitcoin merupakan mata uang digital yang paling populer. Namun, mata uang digital ini tidak hanya Bitcoin saja, melainkan ada Dogecoin, Ethereum, Dash, Ripple, dan lain-lain.

Melihat dari posisi popularitas, Bitcoin merupakan mata uang digital yang terbilang cukup aman dan dapat diandalkan. Apalagi, para influencer ternama pun juga turut berinvestasi pada mata uang digital ini, sebut saja Elon Musk.

  1. Menggunakan Uang Dingin

Selanjutnya adalah “Uang Dingin.”

Istilah “uang dingin” ini dapat kita artikan sebagai uang yang tidak terpakai dalam waktu dekat. Ini berarti, Sobat Pintar sudah memiliki tabungan yang tidak memiliki tujuan tertentu, hanya menabung saja.

Gunakan uang tersebut untuk bermain crypto. Ingat, jangan gunakan “uang panas.” Uang panas ini berarti uang yang akan selalu digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, seperti membeli makan, membayar listrik, atau kejadian-kejadian tidak terduga.

Jika Sobat Pintar menggunakan uang panas untuk berinvestasi Bitcoin, Sobat Pintar akan cenderung untuk melakukan jual dalam waktu cepat atau pada waktu tidak tepat sehingga membuat Sobat Pintar rugi.

  1. Memilih Platform

Kemudahan membeli mata uang digital adalah Sobat Pintar dapat membelinya secara online melalui ponsel pintar atau desktop.

Sekarang ini sudah banyak pialang-pialang saham yang menawarkan aplikasi investasi cryptocurrency. Di Indonesia saat ini, ada tiga aplikasi legal dan aman yang bisa Sobat Pintar gunakan, yaitu IndoDax, TokoCrypto, dan Pintu.

Untuk informasi lebih jelasnya, berikut kami jelaskan fitur unggulan dan cara main crypto melalui aplikasi IndoDax, TokoCrypto, dan Pintu.

Baca juga: Model Bisnis: Pengertian, Manfaat dan Contohnya

  1. TokoCrypto

TokoCrypto memiliki aplikasi yang dapat Sobat Pintar unduh melalui Google Play Store dan juga App Store.

Bahkan, pialang yang sudah ada sejak Juni 2017 ini sudah resmi terdaftar di BAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi) dengan Nomor Pendaftaran 001/BAPPEBTI/CP-AK/11/2019. Jadi, transaksi Sobat Pintar bakalan aman.

Cara investasi di TokoCrypto:

  1. Unduh aplikasi TokoCrypto di Google Play Store atau App Store.
  2. Lakukan Pendaftaran di aplikasi TokoCrypto.
  3. Lakukan deposit awal untuk dapat membeli aset.
  4. Pergi ke “Menu Pasar” dan pilih mata uang digital.
  1. IndoDax

Selanjutnya ada IndoDax merupakan perusahaan berbasis teknologi yang mempertemukan kedua belah pihak, penjual dan pembeli aset kripto. IndoDax sudah ada sejak tahun 2014 dan memiliki pengguna aktif sebanyak 2,1 juta di Indonesia.

Saat ini, IndoDax juga telah memiliki perizinan oleh BAPPEBTI dan memiliki sertifikasi ISO 9001:2015 dan 27001:2013.

Cara Bermain Crypto di IndoDax:

  1. Melakukan registrasi melalui laman resmi IndoDax.
  2. Selesaikan registrasi pendaftaran dan informasi data diri.
  3. Deposit modal awal melalui website IndoDax.
  4. Setelah melakukan deposit, Sobat Pintar sudah dapat memilih mata uang digital yang tersedia di IndoDax.
  5. Setelah melakukan pembelian, sistem secara otomatis menambahkan portofolio kripto pada akun Sobat Pintar.
  6. Kemudian, dalam beberapa waktu, Sobat Pintar dapat menjual kripto ketika mata uang tersebut naik.
  7. Setelah mendapatkan keuntungan, Sobat Pintar dapat melakukan withdraw untuk mencairkan dana ke rekening Sobat Pintar.
  1. Pintu

Terakhir ada Pintu yang merupakan aplikasi jual beli kripto terpercaya di Indonesia. PT Pintu Kemana Saja ini sudah terdaftar di BAPPEBTI, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan memiliki sertifikat ISO 27001:2013.

Sama seperti TokoCrypto, Sobat Pintar dapat melakukan transaksi jual beli kripto melalui aplikasi resminya di Google Play Store. Cara bermainnya pun terbilang sama, yakni:

Cara Main Crypto di Pintu:

  1. Unduh aplikasi Pintu.
  2. Melakukan registrasi akun.
  3. Lakukan verifikasi akun di aplikasi Pintu.
  4. Melakukan deposit dana awal.
  5. Pilih aset mata uang digital atau kripto.

Setelah melakukan pembelian, Sobat Pintar juga dapat melakukan penjualan aset kripto yang dimiliki. Setelah mendapatkan dana, Sobat Pintar dapat mencairkan dana tersebut ke rekening pribadi Sobat Pintar.

Jadi itulah cara main crypto dan rekomendasi aplikasi jual beli cryptocurrency legal dan aman di Indonesia. Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download