3 Aplikasi Crypto Terbaik Di Indonesia

05 Nov 2021 by Laruan

Beberapa tahun belakangan ini, mata uang crypto menjadi sangat populer. Terlebih lagi, saat pandemi COVID 19, semakin banyak orang yang berinvestasi pada crypto. Apabila Sobat Pintar merupakan salah satu investor crypto, maka sebaiknya Sobat Pintar memilih Aplikasi Crypto yang benar-benar aman dan menguntungkan.

Tidak dapat dipungkiri, Bitcoin merupakan salah satu mata uang crypto yang membawa tren baru dalam dunia investasi. Pada tahun 2020 saja, Bitcoin mengalami lonjakan harga hingga ratusan persen. Hal ini tentu saja menjadi magnet bagi pengembang mata uang crypto dan investor untuk menanamkan modal.

Hal yang perlu Sobat Pintar waspadai adalah crypto memiliki nilai volatilitas tinggi, sehingga meningkatkan risiko bagi investor. Walaupun begitu, mata uang crypto menjanjikan banyak keuntungan di masa depan. Untuk mendukung hal tersebut, tentu saja  pemilihan platform crypto memiliki peranan besar menjaga aset investasi.

Memilih Aplikasi Crypto (Platform Exchange Cryptocurrency)

Cryptocurrency berfungsi layaknya mata uang pada umumnya yaitu sebagai alat jual beli. Hanya saja di Indonesia dan banyak negara lain, mata uang crypto belum bisa menjadi alat tukar yang diakui negara. 

Walaupun begitu, cryptocurrency sudah bisa Sobat Pintar jadikan aset investasi di Indonesia. Saat ini Sobat Pintar bisa melakukan perdagangan aset crypto melalui Aplikasi Crypto. Di Indonesia, ada beberapa aplikasi crypto yang sudah diawasi oleh Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi).

Platform crypto ini sebagian besar memiliki beberapa fungsi yang hampir sama dengan aplikasi jual-beli saham ataupun mata uang. Seperti tampilan dan fungsi indikator yang memudahkan Sobat Pintar untuk memaksimalkan strategi trading.

Selain itu, aplikasi crypto dapat menyimpan dan mentransfer aset secara langsung kepada pengguna lain. Oleh karena itu, Sobat Pintar harus memilih aplikasi yang memiliki tingkat keamanan tinggi.

Aplikasi Crypto Terbaik

Apabila Sobat Pintar ingin berinvestasi crypto dengan lebih aman, maka pilihlah aplikasi yang sudah terdaftar dalam Bappebti. Selain itu, Sobat Pintar bisa memilih aplikasi yang memiliki reputasi baik dengan review positif dari penggunanya.

Ketiga aplikasi berikut ini merupakan platform terbaik yang bisa Sobat Pintar gunakan untuk jual-beli crypto.

Indodax

Indonesia Digital Asset Exchange atau Indodax merupakan merk dagang dari PT. Indodax Nasional Indonesia. Platform crypto ini lahir pada tahun 2014 dengan nama awal Bitcoin Indonesia. Kemudian, pada tahun 2018, aplikasi ini mengganti nama menjadi Indodax. 

Indodax merupakan platform populer bagi investor crypto di Indonesia. Hingga saat ini sudah ada 1,6 juta lebih pengguna yang terdaftar di Indodax  Salah satu keuntungan menggunakan Indodax atau platform trading lokal lainnya adalah proses cepat saat deposit dan withdraw.

Indodax merupakan platform dengan pengguna dan jumlah transaksi harian terbanyak di Indonesia. Hingga saat ini, semakin banyak sekali investor yang mempercayakan transaksi dan penyimpanan investasinya dalam Indodax. Alasannya sederhana, Indodax memiliki tim customer service hSobat Pintarl, yang melakukan pelayanan bahkan saat hari libur.

Setiap platform crypto memiliki tradingview berbeda-beda yang memberikan kemudahan trader untuk melakukan analisis pasar dan mengambil posisi dengan mudah. Indodax memiliki user interface yang memudahkan Sobat Pintar untuk menjalankan berbagai transaksi. Tampilan tradingview dari Indodax ini bisa Sobat Pintar nikmati dalam versi desktop maupun pada versi mobile.

Apabila Sobat Pintar bingung memilih market untuk jual beli crypto, maka Sobat Pintar tidak perlu khawatir. Indodax menawarkan 139 pasangan pair market yang mungkin akan terus bertambah. 

Zipmex

Salah satu penyedia platform crypto yang memiliki banyak pengguna di Indonesia adalah Zipmex. Walau baru saja lahir pada tahun 2019 di Singapura, Zipmex mampu menjadi salah satu platform crypto dengan banyak pengguna di Asia Tenggara dan Australia. Di Indonesia sendiri, Zipmex berada dalam naungan PT. Zipmex Exchange Indonesia yang sudah terdaftar dalam Bappebti.

Salah satu kemudahan yang Zipmex adalah transaksi menggunakan mata uang Rupiah. Tetapi juga mengSobat Pintarlkan berbagai fitur yang memudahkan pelanggan.

Beberapa fitur unggulan Zipmex antara lain:

  • Algoritma otomatis untuk mengetahui nilai terbaik sebagai penentu harga jual maupun beli crypto.
  • Banyaknya pilihan metode pembayaran untuk mempermudah berbagai transaksi. Sobat Pintar bisa melakukan pembayaran melalui OVO, Dana, ShopeePay, dan transfer Bank.
  • Zipmex memberikan fee rendah untuk melakukan perdagangan crypto, hanya 0,2% saja dari nilai transaksi.
  • Menjalin kerjasama dengan BitGo sebagai dompet crypto untuk menjamin keamanan investor dengan menawarkan polis asuransi mencapai 100 juta Dolar US.
  • Zipmex memiliki web browser built in yang memudahkan Sobat Pintar mengecek berbagai informasi crypto dengan lebih aman.

Selain berbagai fitur tersebut, Zipmex memberikan nilai spread rendah saat melakukan deposit/ withdraw dengan Rupiah dan kemudian mengubahnya menjadi cryptocurrency. Tentu saja, hal ini akan sangat menguntungkan investor, karena Sobat Pintar tidak perlu mengkhawatirkan pemotongan biaya saat melakukan deposit dan withdraw.

Pintu

Apabila Sobat Pintar seorang pemula dalam investasi crypto, maka aplikasi Pintu merupakan platform terbaik bagi Sobat Pintar. Aplikasi dari PT. Pintu Kemana Saja ini baru saja melakukan launching pada tahun 2020. Pengguna Aplikasi Pintu dapat dengan mudah melakukan akses dari desktop maupun smartphone.

Pintu menawarkan tampilan chart yang interaktif dan operasional yang mudah, sangat membantu bagi investor pemula dalam cryptocurrency.

Walau masih baru, aplikasi ini sudah memiliki banyak member terdaftar. Bukan tanpa alasan, salah satu fitur terbaik yang dimiliki oleh Pintu adalah transaksi tanpa spread. Jadi, Sobat Pintar bisa melakukan pertukaran crypto tanpa adanya potongan. 

Lebih daripada itu, Sobat Pintar bisa melakukan deposit maupun withdraw dengan nominal rendah. Hal ini memungkinkan investor yang memiliki modal kecil untuk bisa ikut bergabung dan berinvestasi crypto

Hanya dengan Rp 55,000 saja, Sobat Pintar sudah bisa melakukan deposit di Pintu, dan Rp. 50,000 saja untuk withdraw. Kemudian, untuk melakukan transaksi crypto, Sobat Pintar bisa mulai dari harga Rp. 22,000 saja.

Meskipun dengan modal dan biaya kecil saat transaksi, Pintu tidak serta merta mengabaikan persoalan keamanan. Aplikasi ini memiliki berbagai lapisan keamanan, seperti 2FA verification, Fingerprint, Pin, dan MPC.

Selain itu, Pintu menyediakan fitur yang akan memudahkan Sobat Pintar untuk melakukan berbagai transfer antar dompet crypto. Fitur tersebut adalah Address book unik yang bisa Sobat Pintar personalisasi sendiri, karena formatnya adalah @username.

Kesimpulan

Selain ketiga aplikasi terbaik untuk investasi crypto tersebut, ada 10 platform lain yang juga terdaftar dalam Bappebti:

  1. Tokocrypto – PT Crypto Indonesia Berkat 
  2. Rekeningku – PT Rekeningku Dotcom Indonesia
  3. Luno – PT Luno Indonesia Ltd 
  4. Idex – PT Indonesia Digital Exchange 
  5. Koinku – PT Cipta Koin Digital 
  6. Triv – PT Tiga Inti Utama
  7. Upbit – PT Upbit Exchange Indonesia
  8. Bechipin – PT Bursa Cripto Prima
  9. Bitocto – PT Triniti Investama Berkat
  10. PT. Plutonext Digital Aset

Hingga saat ini trading crypto terbilang sangat menjanjikan dan memiliki nilai investasi tinggi. Namun, Sobat Pintar juga harus memahami bahwa jenis investasi ini memiliki risiko tinggi. Untuk meminimalisir hal tersebut, pilihlah Aplikasi Crypto terbaik.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
05 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload