Mata Uang Kripto Terbesar Kedua, Apa Itu Ethereum?

Mata Uang Kripto Terbesar Kedua, Apa Itu Ethereum?

13 Apr 2021 by dan.shen
ethereum

Ethereum merupakan sistem operasi seperti blockchain. Blockchain merupakan teknologi yang digunakan oleh mata uang kripto bitcoin. Fungsi blockchain adalah untuk memecah server ke beberapa tempat. Serupa dengan blockchain, ethereum berfungsi untuk memecahkan server ke banyak tempat, tidak hanya satu tempat saja. Kenapa hal ini penting? Agar ketika server di serang hack, maka tidak semua data atau informasi bocor kemana-mana.

Asal Usul Ethereum

Ethereum merupakan sebuah karya yang diciptakan oleh remaja berusia 19 tahun, bernama Vitalik Buterin seorang keturunan Kanada-Rusia. Ia berpendapat bahwa sistem ini dapat menciptakan lingkungan demokratis dimana tak ada satu pihak yang benar-benar mengendalikan semuanya. Vitalik lalu mendapatkan dana sebanyak USD100.000 dari Thiel Fellowship untuk membangun Ethereum. Pada akhirnya, tahun 2015 sistem Ethereum lahir dan berkembang sampai saat ini. Keren bukan?

Ethereum mengembangkan inovasi dengan membuat dApps atau decentralized application, seperti sudah dijelaskan sebelumnya. Aplikasi ini memiliki sistem server yang terpecah atau tersebar ke banyak tempat sehingga sulit untuk di hack. Nah, jika pengembang ingin membangun server di dApps tentunya membutuhkan biaya, kan? Disinilah, Ether atau ETH berperan. ETH yaitu mata uang yang berlaku di Ethereum, tak bisa dipandang sebelah mata.

ETH merupakan uang kripto tersebesar kedua setelah bitcoin. Hal ini tertulis di Business insider per akhir Januari 2021. Bingung apa itu uang kripto? Uang kripto merupakan token digital yang tranksaksinya hanya bisa dilakukan secara digital. Tentu saja uang kripto memiliki nilai, sama seperti uang kertas.

Mata uang kripto dapat diinvestasikan, lho! Bagaimana caranya?

  1. Pilih bursa mata uang kripto, dimana pembeli dan penjual kripto akan dipertemukan. Dapat berbasis website atau aplikasi, salah satu layanan yang sudah dikenal di Indonesia adalah Coinone Indonesia.
  2. Buat akun, tentunya ketika kamu akan masuk dalam platform digital diperlukan untuk membuat akun yang akan dilanjutkan ke verifikasi nomor telepon, akun bank, dan email.
  3. Deposit rupiah, disini kamu perlu mentransfer melalui bank untuk mendepositkan sejumlah uang.
  4. Pilih aset kripto, terlebih dahulu kamu harus meriset terkait aset kripto. Saat ini sudah ada 2300 token dan koin yang tersedia di pasar aset kripto.

Tentu saja ada kelebihan dan kekurangan dengan berinvestasi di ethereum, untuk kelebihan ethereum memiliki banyak developer yang mengembangkannya sehingga dapat lebih dipercaya, selain itu juga foundernya juga jelas. Sebagai mata uang kripto terbesar kedua juga valuasi menjadi pertimbangan baik untuk kamu berinvestasi. Sedangkan kekurangan ethereum dimana harga dapat turun tiba-tiba, namun juga dapat naik sangat tinggi. Kondisi seperti ini disebut votalitas, lalu bagaimana mengatasinya? Kamu mau tidak mau harus belajar analisis, agar tahu kapan membeli dan menjual ether atau ETH.

Setelah mengetahui apa itu ethereum, jika kamu tertarik untuk melakukan investasi uang kripto ethereum, kamu harus benar-benar berpikir secara matang, ya! Kamu juga harus melakukan riset, agar mengetahui seluk-beluk uang kripto itu sendiri. Bila sudah paham, namun kamu tidak punya dana untuk mendepositkan uang kripto. Sekarang kamu bisa lakukan pinjaman cepat cair. Kredit pintar menawarkan pinjaman online cepat cair dengan bunga rendah. Tidak perlu cemas, karena Kredit Pintar terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

kredit pintar