Apa Itu Crypto Wallet? Kenali 5 Jenis Beserta Contohnya

07 Oct 2021 by Laruan

Di zaman modern seperti saat ini sudah pasti banyak sekali hal baru yang bisa ditemukan. Biasanya, berbagai hal baru tersebut mampu memberikan kemudahan kepada masyarakat umum. Teknologi-teknologi yang ada dibuat untuk bisa memberikan banyak manfaat. Salah satu perkembangan teknologi bisa dilihat dari transaksi. Di mana saat ini sudah dikenal yang namanya crypto wallet. 

Apa Itu Crypto Wallet? Kenali 5 Jenis Beserta Contohnya

Dompet crypto satu ini merupakan sebuah program perangkat lunak. Di mana, bisa dikatakan sebagai kunci untuk mengirim atau menerima berbagai token cryptocurrency dalam jaringan blockchain. Nantinya, dompet ini memperbolehkan para pengguna untuk melihat jumlah uang crypto yang dimiliki. 

Siap Rasakan Berbagai Promo 9.9 2021 dari Shopee? Simak Tipsnya di Sini!

Cara Kerja Crypto Wallet 

Crypto wallet sendiri sebenarnya tidak menyimpan mata uang crypto, sebab memang kepemilikan semua jenis mata uang tersebut berada di jaringan blockchain, yang hanya bisa diakses melalui kunci privat. 

Untuk cara kerjanya sendiri tidak sama seperti e-wallet yang biasa kita gunakan. Di sini, terdapat 2 kunci yang harus dimiliki oleh setiap penggunanya. Kunci yang dimaksud adalah kunci privat atau pribadi dan kunci publik. Untuk kunci publik sendiri biasanya diperoleh ketika pengguna baru melakukan pendaftaran crypto. Kunci publik ini juga bersifat umum, sehingga tidak masalah jika diketahui oleh orang-orang. 

Sementara itu, kunci privat sendiri hanya boleh diketahui oleh penggunannya. Untuk cara kerja crypto wallet sendiri bisa diilustrasikan seperti email. Di mana, dompet crypto ini menggunakan kunci publik dan privat secara bersama-sama. Nantinya, kunci privat ini bersifat rahasia dan seluruh aset crypto yang dimiliki bisa hilang jika kunci privat ini diretas oleh orang lain. 

Berbagai Type Crypto Wallet 

Setelah mengetahui bagaimana cara kerja dari dompet crypto tersebut, maka Sobat Pintar juga harus tau berbagai tipe atau jenisnya. Ada beberapa jenis dompet crypto yang perlu Sobat Pintar ketahui terlebih dahulu. 

1. Crypto Wallet Berjenis Dompet Panas

Pertama, ada type dompet panas atau biasa disebut dengan nama dompet online. Jenis dompet yang satu ini bisa mempermudah pengguna untuk melakukan transaksi yang cepat. Selain disebut dengan dompet online, type ini juga sering disebut dengan nama dompet web. Penggunaan namanya ini dikarenakan bisa dengan mudah diakses melalui website. 

Type crypto wallet yang satu ini kurang aman, sebab memang selalu terhubung ke internet. Hal ini membuatnya memiliki peluang untuk diretas melalui jaringan internet. Sehingga, memang perlu dipikirkan lebih jauh jika ingin menggunakan dompet crypto yang satu ini. 

Dompet panas juga dibagi menjadi 2 jenis, yaitu Dihosting dan Non-Host. Dari kedua jenisnya ini, kebanyakan lebih menyukai dompet non hosting karena bisa dengan mudah menambah aset crypto yang dimiliki. 

2. Tipe Crypto Wallet Dompet Kertas 

Type crypto wallet yang selanjutnya adalah dompet kertas. Sesuai dengan namanya, tentu saja jenis dompet ini berbentuk kertas. Di mana, di dalam secarik kertas tersebut tercetak kunci privat dan publik Sobat Pintar. Tidak semua orang bisa memiliki dompet kertas, karena memang perlu kehati-hatian yang cukup tinggi untuk bisa menyimpannya. Meskipun begitu, jenis dompet ini terbilang aman, sebab cenderung berada dalam kondisi offline. 

3. Jenis Crypto Wallet Dompet Perangkat Keras

Dompet perangkat keras atau biasa disebut dengan nama hardware wallet. Umumnya, jenis dompet yang satu ini berbentuk sebuah USB dengan layar OLED dan tombolnya berada di sisi sebagai navigasi. Sama seperti jenis dompet crypto lainnya, jenis dompet ini juga digunakan untuk menyimpan kunci publik dan privat. 

Jenis crypto wallet yang satu ini ternyata sangat mahal. Selain itu, kunci privat yang dimiliki tidak tersimpan pada ekosistem online. Sehingga memang tidak mudah diretas oleh hacker. Tidak heran memang jika jenis dompet crypto ini banyak dipilih oleh orang-orang. 

4. Crypto Wallet Dompet Seluler 

Selanjutnya, ada juga jenis dompet seluler. Sesuai dengan namanya, maka jenis dompet ini berupa aplikasi pada smartphone yang bisa memudahkan para penggunanya untuk menerima dan mengirim crypto. Karena berbentuk aplikasi, Sobat Pintar harus mengunduh dan menginstalnya terlebih dahulu. Sebenarnya, jenis dompet crypto ini cukup aman, sebab risiko terjadinya kehilangan crypto hanya ditimbulkan jika perangkat seluler mengalami kerusakan atau mengalami pelanggaran keamanan. 

5. Crypto Wallet Dompet Desktop 

Terakhir, Sobat Pintar bisa menemukan jenis crypto wallet desktop. Jika dompet seluler untuk ponsel, maka dompet desktop diperuntukkan bagi komputer atau laptop. Tentu saja, pengguna harus mengunduh dan menginstal dulu aplikasi dari dompet desktop ini. Baru setelahnya, bisa langsung digunakan. 

Sebenarnya, jenis dompet yang satu ini juga cukup aman. Ancaman crypto hilang bisa terjadi ketika komputer diretas, terkena virus atau mengalami kerusakan eksternal. Oleh sebab itu memang harus dijaga baik-baik, agar dompet desktop tidak kebobolan. 

Inilah Beberapa Contoh Crypto Wallet di Indonesia

Di Indonesia sendiri, ada banyak contoh crypto wallet yang sudah banyak digunakan oleh orang-orang. Berbagai contohnya tersebut sudah pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pengguna tentu harus menganalisis terlebih dahulu masing-masing dari dompet crypto tersebut agar bisa dengan mudah menentukan dompet crypto pilihan. Nah, adapun beberapa dompet crypto tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Electrum 

Pertama, Sobat Pintar bisa menemukan electrum. Dompet crypto yang satu ini bisa dibilang sederhana. Di mana, memang fokus utamanya adalah kesederhanaan dan kecepatan. Electrum sendiri menggunakan server yang bisa digunakan untuk menangani berbagai aktivitas bitcoin. Menariknya, dompet crypto yang satu ini bisa dijalankan melalui android, Linux, Mac sampai dengan Windows. 

2. Indodax

Contoh selanjutnya adalah indodax. Dompet crypto yang satu ini ternyata merupakan pionir dari dompet bitcoin di Indonesia. Di mana memang sering menjadi pilihan banyak orang yang baru terjun di dunia crypto. Nah, dompet crypto ini memiliki banyak fungsi selain untuk jual beli crypto, salah satunya untuk menyimpan crypto yang aman. 

Nah, untuk bisa menggunakannya, pengguna bisa langsung melakukan pendaftaran pada website resminya. Biasanya, untuk menjamin keamanan para pengguna, maka akan diminta nomor telepon dan pin security. 

3. Pintu 

Dompet crypto lain yang juga sangat populer selain indodax adalah pintu. Tingkat keamanan dari pintu ini sangatlah baik. Sebab, keamanannya sudah berbasis cloud wallet. Tentunnya, dengan sistem keamanan ini, maka sistem keamanannya tanpa cela, bisa dikelola melalui aplikasi dan tentunya tersedia instalasi. 

4. Exodus 

Terakhir ada dompet crypto bernama exodus. Exodus sendiri bisa dikatakan mirip dengan electrum. Perbedaannya terletak pada tampilan yang lebih cantik dan intuitif. Keamanan dari exodus sendiri terintegrasi dengan Trezor, sehingga bisa mengubah mata uang digital menjadi portofolio grafik. Di dompet crypto ini Sobat Pintar bisa menyimpan dan menukar bitcoin melalui aplikasi. 

Itulah beberapa hal mengenai crypto wallet, cara kerja dan berbagai contohnya. Tentunya, di zaman serba canggih seperti saat ini, kehadiran dompet crypto sangat dinantikan. Beberapa contohnya bisa diakses melalui aplikasi dan beberapa lagi bisa diakses melalui website. 

Untuk memenuhi berbagai kebutuhan mendesak, jangan lupa untuk percayakan solusinya bersama Kredit Pintar. Pinjaman online cepat cair yang aman karena telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. 

Kenali Berbagai Fintech Resmi Terbaru di Sini!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload