Cryptocurrency Polkadot: Lain dari yang Lain

03 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 10 Jan 2022

Saat ini ada banyak sekali cryptocurrency yang beredar, salah satunya Polkadot coin (DOT). Tetapi ternyata Polkadot bukan mata uang kripto biasa, melainkan juga merupakan platform blockchain. Untuk memahami kripto yang sangat berhubungan dengan Ethereum ini, simak artikel berikut.

Apa itu Polkadot?

Bukan hanya cryptocurrency, Polkadot merupakan platform blockchain open source yang memungkinkan transfer antar-blockchain semua jenis data dan aset digital.

Sementara itu, Polkadot coin atau DOT merupakan token utilitas dan tata kelola Polkadot. 

Sejarah Polkadot

Polkadot diluncurkan pada tahun 2016 oleh Web3 Foundation dan Parity Technologies. Kedua perusahaan itu didirikan oleh Gavin Wood, co-founder Ethereum. Wood mengembangkan bahasa pemrograman smart contract yang kemudian digunakan di Ethereum dan Polkadot bernama Solidity.

Baca juga: Mata Uang Kripto Terbesar Kedua, Apa Itu Ethereum?

Pada Oktober 2017 mereka melakukan ICO (penawaran koin) pertama. Pada saat itu, mereka menawarkan 2,24 juta token dengan harga 0,29 USD/token, menjadikannya salah satu ICO terbesar saat itu.

Barulah pada tahun 2020 mereka merilis Relay Chain dan menjadi platform multi blockchain seperti yang dikenal sekarang. Setelah merilis sistem multi blockchain inilah nilai Polkadot coin meledak dan menjadi salah satu cryptocurrency paling populer.

Platform Blockchain Polkadot

Apa itu Blockchain?

Mungkin sulit memahami Cryptocurrency Polkadot apabila belum mengerti apa itu blockchain. Blockchain merupakan database yang menyimpan informasi dalam format digital dan bisa dibagikan di kepada jaringan-jaringan komputer lain. Blockchain mencatat informasi dengan sedemikian rupa supaya sulit untuk mengubah, meretas, atau menipu sistem.

Pada dasarnya, blockchain adalah buku besar transaksi digital yang diduplikasi dan didistribusikan ke seluruh jaringan sistem komputer yang berada di blockchain yang sama. Tiap block dalam rantai berisi sejumlah transaksi, dan tiap kali ada transaksi baru dalam blockchain, catatan transaksi ditambahkan ke buku besar tiap peserta.

Blockchain dikenal publik terutama karena perannya dalam menjaga catatan transaksi jual-beli cryptocurrency dengan aman dan terdesentralisasi. Blockchain menjamin keamanan data transaksi digital tanpa perlu pihak ketiga. 

Jaringan Multi Blockchain Polkadot

Platform blockchain Polkadot merupakan protokol di mana jaringan-jaringan blockchain dapat beroperasi bersama. Protokol seperti ini disebut jaringan multi-rantai, yaitu protokol yang dapat menguhubungkan antar jaringan, tidak seperti Bitcoin yang jaringannya beroperasi sendiri.

Dalam multi-rantai Polkadot, tidak hanya bisa mengirim token DOT antar blockchain, melainkan juga bisa saling berkomunikasi dan mengirim data.

Cara Kerja Polkadot

Polkadot menggunakan konsensus bukti kepemilikan untuk mengamankan jaringan, verifikasi transaksi, dan membuat serta mendistribusikan DOT baru. Cara ini berlawanan dengan Bitcoin yang menggunakan sistem bukti kerja. Dengan melakukan staking dan berpartisipasi dalam jaringan, pengguna memiliki kemungkinan mendapatkan hadiah DOT.

Jaringan Polkadot dapat memproses lebih dari 1.000 transaksi per detik. Ini sangat besar dibandingkan dengan Bitcoin yang hanya dapat memproses 7 dan Ethereum yang hanya dapat memproses 30 dalam waktu yang sama. Polkadot dapat memproses banyak informasi karena mereka menggunakan banyak parachain untuk melakukan pekerjaan berat di rantai utama.

Bahkan, Polkadot merencanakan untuk menambahkan lebih banyak lagi parachain supaya transaksi Polkadot lebih cepat. Diprediksi mereka dapat mencapai kecepatan satu juta transaksi per detik.

Infrastruktur Polkadot

  1. Relay Chain

Relay chain merupakan inti dari Polkadot yang bertanggung jawab atas keamanan bersama, konsensus, dan interoperabilitas lintas rantai jaringan. Protokol ini menyatukan seluruh infrastruktur, menghubungkan peserta jaringan lain, dan memberikan finalitas transaksi. Relay chain sengaja dibuat dengan fungsionalitas minimal dan lebih fokus untuk koordinasi keseluruhan sistem.

  1. Parachains

Blockchain yang dapat memiliki tokennya sendiri dan mengoptimalkan fungsinya untuk kasus penggunaan tertentu. Walau begitu, parachains bergantung pada keamanan relay chain untuk finalitas transaksi.

  1. Parathreads

Parathreads mirip dengan parachains tetapi dengan model bayar sesuai yang dipakai. Parathreads berpartisipasi sementara tanpa perlu menyewa slot parachain. Oleh karena itu, parachains lebih ekonomis untuk blockchain yang tidak memerlukan konektivitas berkelanjutan ke jaringan.

  1. Bridges

Bridges memungkinkan parachains dan parathreads untuk berkomunikasi dengan jaringan eksternal seperti Ethereum dan Bitcoin.

Polkadot Coin (DOT)

Nah, mungkin bagian Polkadot yang ini yang lebih dikenal publik, terutama orang-orang yang suka trading kripto. Polkadot merilis mata uang kripto Polkadot Coin atau DOT sebagai token utilitas Polkadot.

Tentunya transaksi DOT juga dilakukan dalam sistem multi blockchain Polkadot. Karena inilah orang-orang menjadi tertarik pada Polkadot Coin dan nilainya sempat meningkat tajam pada Mei 2020.

Nilai Polkadot

Penasaran apakah koin Polkadot menjanjikan nilainya? Bagaimana performanya selama ini? Dan bagaimana prediksi performanya di tahun 2022?

Polkadot menunjukkan performa paling tinggi di tahun 2020. Hanya dalam hitungan minggu setelah terdaftar di bursa kripto, mereka mencapai kapitalisasi pasar 5 miliar dolar AS. Selama 2020 pun grafiknya terus meningkat.

Akan tetapi, performanya pada tahun 2021 agak menurun, di mana nilainya sempat mengalami kenaikan yang besar sebelum mencapai titik terendah pada bulan Juli. Setelah itu nilainya sempat meningkat tajam sampai nilai tertinggi dengan harga 53,88 dolar AS. Akan tetapi, selama bulan Desember 2021 nilainya lagi-lagi terus-menerus turun.

Jadi apa yang bisa disimpulkan mengenai performanya di masa depan? Secara umum, Polkadot merupakan protokol yang sangat inovatif dan jelas-jelas memiliki unique selling point dan utilitas yang berarti. Ini dapat menjadi pertimbangan untuk mempertahankan koin Polkadot dengan harapan Polkadot akan terus berinovasi dan relevan.

Dengan pemikiran seperti itu, justru penurunan nilainya saat ini bisa menjadi opening untuk Sobat Pintar yang masih tertarik dengan kripto yang satu ini. Para ahli mengatakan bahwa kemungkinan kripto ini bagus untuk investasi jangka panjang.

Disclaimer! Kami tidak menjamin bahwa nilai Cryptocurrency Polkadot akan naik maupun turun.

Baca juga: Cara Main Crypto Aman, Legal, dan Cuan Banyak di 2022

Polkadot legal di Indonesia dan termasuk dalam 229 aset kripto yang terdaftar di Bappebti.

Cara Beli Polkadot Coin

  1. Aktifkan VPN dan buka Capital.com
  2. Lakukan pendaftaran akun.
  3. Buka aplikasi Capital di Android dan log in ke akun yang sudah dibuat tadi.
  4. Lakukan deposit uang sesuai nominal yang Anda inginkan.
  5. Cara Beli Polkadot Coin di Binance

Ada beberapa cara mebeli DOT menggunakan aplikasi Binance, antara lain:

  1. Bank Transfer: Beli stablecoin kemudian gunakan stablecoin untuk membeli DOT.
  2. Trading: Tukarkan salah satu mata uang kripto yang tersedia di Binance dengan koin Polkadot.
  3. Kartu Kredit: Di Binance, Sobat Pintar dapat langsung membeli Polkadot coin menggunakan kartu kredit atau debit Visa atau MasterCard.

Tidak hanya di Capital dan Binance, Sobat Pintar juga bisa membeli DOT di kebanyakan platform jual-beli kripto lainnya. Karena sudah terdaftar di Bappebti, hampir semua platform trading kripto di Indonesia menyediakan Polkadot Coin.

Baca juga: 3 Aplikasi Crypto Terbaik di Indonesia

Sekarang Sobat Pintar sudah paham ya apa itu Cryptocurrency Polkadot dan cara beli DOT coin? Apabila Sobat Pintar ingin mendapatkan lebih banyak informasi finance, tips bermanfaat, dan promo menarik lainnya, Sobat Pintar bisa mengikuti blog Kredit Pintar.Bicara soal finance, jika Sobat Pintar membutuhkan pinjaman dana untuk membantu cash flow atau modal usaha, Kredit Pintar adalah solusinya. Dana cepat cair, syarat mudah, dan tentunya terdaftar di OJK, no tipu-tipu! Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia.

10 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download