Yang Perlu Anda Ketahui tentang Ethereum dan ETH

03 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 10 Jan 2022

Ethereum ETH merupakan mata uang kripto terbesar kedua setelah Bitcoin. Saat ini, per 23 Desember 2021, market cap ETH sudah mencapai 488 miliar dolar AS.

Yang Perlu Anda Ketahui tentang Ethereum dan ETH

Apa itu Ethereum?

Ethereum merupakan platform blockchain yang sekaligus juga memiliki mata uang kriptonya (cryptocurrency) sendiri, yaitu Ether atau yang biasa disebut dengan ETH.

Baca juga: Investasi Cryptocurrency? Baca Dulu Biar Tidak Rugi!

Sejarah Ethereum

Pada tahun 2011, desainer Ethereum, Vitalik Buterin, tergabung dalam komunitas Bitcoin sebagai salah satu pendiri Bitcoin Magazine. Ia ingin menggunakan blockchain Bitcoin untuk membangun aplikasi terdesentralisasi. Karena inilah Buterin menciptakan Ethereum bersama Gavin Wood, Charles Hoskinson, Anthony Di loria, dan Joseph Lubin.

Ethereum bukan sekadar mata uang kripto, maupun platform jual-beli kripto. Ethereum merupakan jaringan komputer terdesentralisasi dengan basis blockchain.

Platform Blockchain Ethereum

Ethereum dikembangkan untuk memberi platform bagi para developer untuk membangun dan menerbitkan smart contract dan aplikasi terdistribusi (dApps) tanpa downtime, penipuan, maupun intervensi pihak ketiga. Ini berbeda dengan Bitcoin yang hanya berupa alat tukar dan penyimpan nilai.

Baca juga: Perkembangan Harga Bitcoin dari Tahun ke Tahun (2009 – 2021)

Seperti yang disebut tadi, Ethereum merupakan platform terdesentralisasi. Maksud dari terdesentralisasi di sini adalah jaringan Ethereum tidak dikontrol oleh satu organisasi, melainkan oleh semua pemilik buku besar (ledger).

Ciri khas dari Ethereum adalah para pengguna bisa membuat aplikasi yang bekerja di blockchain sama seperti software bekerja di komputer. Dengan program ini, data pribadi serta transaksi keuangan dapat disimpan dan ditransfer.

Fitur Ethereum

  1. Smart contract

Dengan Ethereum, pengguna dapat melakukan pengembangan dan penyebaran kontrak pintar. Smart contract adalah program komputer sederhana yang memfasilitasi pertukaran aset berharga antara dua pihak. Bisa berupa uang, saham, properti, atau aset digital lainnya yang ingin ditukarkan orang.

  1. Ethereum Virtual Machine

Ethereum menyediakan teknologi yang mendasari, arsitektur, dan perangkat lunak yang memahami kontrak pintar dan memungkinkan orang untuk berinteraksi dengannya.

  1. Decentralized applications (DApps)

Ethereum memungkinkan orang untuk membuat aplikasi terkonsolidasi, yang disebut aplikasi terdesentralisasi. Aplikasi terdesentralisasi disebut DApp.

  1. Decentralized autonomous organizations (DAOs)

Ethereum memungkinkan pengguna untuk membuat ini untuk pengambilan keputusan yang demokratis. DAO beroperasi sepenuhnya secara transparan dan independen dari intervensi apa pun, tanpa pemimpin tunggal.

  1. Ether (ETH)

Mata uang blockchain Ethereum.

ETH2

Saat ini Ethereum sedang mengembangkan serangkaian update untuk membuat Ethereum lebih terukur, lebih aman, dan lebih berkelanjutan (sustainable). Eth2 ini diharapkan akan membawa Ethereum ke arus utama dan melayani semua umat manusia.

  1. Lebih terukur

Ethereum perlu mendukung sekitar 1000 transaksi per detik supaya membuat aplikasi lebih cepat dan lebih murah untuk digunakan.

  1. Lebih aman

Ethereum beraspirasi untuk menjadi lebih aman. Seiring dengan berkembangnya adopsi Ethereum, protokol harus menjadi lebih aman terhadap segala bentuk serangan.

  1. Lebih sustainable (berkelanjutan)

Ethereum harus lebih ramah lingkungan. Teknologi saat ini membutuhkan terlalu banyak daya komputasi dan energi.

Perbedaan Ethereum dan Bitcoin

  • Bitcoin diperdagangkan dalam cryptocurrency, sementara Ethereum menawarkan beberapa metode pertukaran, termasuk cryptocurrency Ether), kontrak pintar, dan Mesin Virtual Ethereum.
  • Protokol keamanan Ethereum menggunakan proof of stake; Bitcoin proof of work.
  • Di Bitcoin hanya bisa transaksi publik (tanpa izin), di Ethereum bisa transaksi dengan atau tanpa izin.

Mata Uang Kripto ETH (Ether)

Yang Perlu Anda Ketahui tentang Ethereum dan ETH

Ether dibuat untuk menjadi token utilitas dan mata uang utama dalam platform Ethereum. Walau begitu, sekarang Ether juga menjadi mata uang yang bisa digunakan sebagai metode pembayaran di beberapa tempat, sama seperti Bitcoin.

Ethereum tidak memberi batasan pada jumlah suplai token Ether.

Nilai ETH (Ether)

Sobat Pintar penasaran mengenai nilai ETH dan bagaimana performanya? Ingin tahu apakah investasi ETH prospektif? Berikut adalah beberapa alasan Ether cocok dijadikan investasi.

  1. Market cap terbesar kedua

Ini jelas menunjukkan performanya yang baik dan bahwa banyak orang yang menaruh minat pada ETH. Para ahli investasi merekomendasikan Ethereum sebagai salah satu dari dua cryptocurrency yang direkomendasikan untuk dipegang oleh para pemula (yang lainnya adalah Bitcoin), karena lebih mapan daripada crypto yang kurang dikenal lainnya.

  1. Identitas developer jelas

Seperti yang disebutkan di atas, Ethereum ETH dibangun oleh Vitalik Buterin dan timnya. Ini berbeda dengan Bitcoin yang hanya menggunakan nama samara anonimus.

  1. Utilitas (kegunaan) yang jelas dan sustainable

Saat ini, teknologi blockchain Ethereum digunakan sebagai basis banyak sekali teknologi yang berhubungan dengan kripto. Ini menjamin bahwa ETH akan terus digunakan karena merupakan token utilitas utama Ethereum.

NFT yang saat ini kian meningkat popularitasnya pun hampir semuanya menggunakan blockchain Ethereum. Banyak kegunaan Ethereum yang unik sehingga Ethereum akan terus digunakan oleh banyak orang.

  1. Merupakan aset investasi likuid

Karena bursa dan platform trading-nya ada di seluruh dunia, Ether termasuk aset likuid. Sobat Pintar dapat menukarkan ETH menjadi uang tunai atau bahkan emas. 

  1. Teknologi DeFi

Ke depannya, Ethereum 2.0 akan menggunakan DeFi, atau decentralized finance sehingga sistem keuangannya lebih terbuka dan transparan bagi pengguna.

  1. Bisa membeli dalam volume besar

Jika Sobat Pintar ingin menyimpan banyak ETH, Sobat Pintar bisa pilih dompet yang memungkinkan Anda membeli lebih dari $2000 ETH sekaligus.

Mata uang Ether (ETH) legal di Indonesia dan termasuk dalam 229 aset kripto yang terdaftar di Bappebti.

Cara Beli ETH

Setelah mengetahui apa itu Ethereum dan ETH, mungkin sudah saatnya Sobat Pintar mulai melakukan investasi ETH.

  1. Cara beli ETH di aplikasi Indodax

Aplikasi Indodax dapat diunduh melalui Play Store maupun Apple Store.

  1. Buka aplikasi Indodax dan lakukan log in. Jika belum punya akun, lakukan registrasi terlebih dahulu.
  2. Buka menu exchange untuk melihat perkembangan harga dan performa ETH. Sobat Pintar juga bisa melihat analisis prediksi perkembangan harga ke depannya.
  3. Buka menu Funds, kemudian klik Dompet IDR. Isi dana deposit yang ingin disetorkan.
  4. Lakukan pembayaran.
  5. Buka menu Market, beli koin ETH dengan klik tombol Buy. Isi jumlah uang deposit serta harga.
  6. Buka kembali menu Funds untuk memastikan apakah ETH sudah berhasil terbeli
  7. Cara beli ETH di Binance

Ada beberapa cara mebeli ETH menggunakan aplikasi Binance, antara lain.

  1. Bank Transfer: Beli stablecoin kemudian gunakan stablecoin untuk membeli ETH.
  2. Trading: Tukarkan salah satu mata uang kripto yang tersedia di Binance dengan koin Ether.
  3. Kartu Kredit: Di Binance, Sobat Pintar dapat langsung membeli koin Ether menggunakan kartu kredit atau debit Visa atau MasterCard.

Tidak hanya Indodax dan Binance, Sobat Pintar juga bisa membeli ETH di beberapa platform lain dengan cara yang kurang lebih sama. Karena Ether merupakan koin kripto paling populer kedua setelah Bitcoin, Sobat Pintar bisa membeli Ether di hampir semua platform bursa atau exchange.

Baca juga: 6 Jenis Investasi yang Cocok untuk Anak Muda!

Sekarang Sobat Pintar sudah paham ya apa itu Ethereum dan cara beli-nya. Apabila Sobat Pintar ingin mendapatkan lebih banyak informasi finance, tips bermanfaat, dan promo menarik lainnya, Sobat Pintar bisa mengikuti blog Kredit Pintar.

Bicara soal finance, jika Sobat Pintar membutuhkan pinjaman dana untuk membantu cash flow atau modal usaha, Kredit Pintar adalah solusinya. Dana cepat cair, syarat mudah, dan tentunya terdaftar di OJK, no tipu-tipu! Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
10 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download