Intip, Ini 5 Koin Kripto Buatan Indonesia!

08 Dec 2021 by Pintar Discover, Last edit: 26 Jan 2022

Belakangan ini, makin banyak orang yang melakukan investasi mata uang kripto. Kebanyakan dari kita tertarik untuk melakukan pembelian koin kripto buatan luar negeri seperti Bitcoin, Dogecoin, ataupun Shibainu. 

Sobat Pintar, ternyata pengusaha lokal pun juga tidak mau kalah. Banyak sekali koin kripto buatan lokal yang sudah dijual dan bisa menjadi alternatif investasi bagi kamu yang ingin berinvestasi koin kripto. Yuk intip beberapa koin buatan Indonesia yang sudah dipasarkan!

1.Nanovest ( NBT)

Aset kripto yang dibuat oleh aplikasi investasi Nanovest ini didukung oleh Sinar Mas Financial Group sebagai back up company.  Pembuatan NBT dimaksudkan sebagai jembatan antara aset kripto dengan sistem mata uang tradisional. Nantinya, NBT akan menjadi bagian dari dompet kripto yang terhubung dengan mata uang tradisional seperti uang elektronik, kartu kredit, asuransi, dan produk investasi lainnya.  Hingga saat ini, NBT belum dirilis sehingga harga pasarannya belum diketahui.

2. Toko Token (TKO)

Toko Token adalah koin kripto yang diterbitkan oleh Tokocrypto, tempat di mana kamu bisa membeli koin kripto secara legal karena sudah diakui resmi oleh Bappebti. TKO diluncurkan pada bulan Maret 2021 dan merupakan proyek kripto lokal yang bisa digunakan untuk tabungan, pinjaman, dan juga farming pools. Menarik bukan? Kamu bisa mendapatkan koin TKO dengan harga kisaran Rp25.000. 

3. Tadpole (TAD)

Salah satu platform jual beli aset kripto, Indodax, menerbitkan koin kripto bernama Tadpole Finance (TAD). Sebelum dipasarkan di Indonesia, TAD telah diperdagangkan di market Uniswap, Hotbit, Coinsbit, dan marketplace asal Korea Selatan, Bithumb Global. Tadpole yang berarti “kecebong” merupakan salah satu proyek eksperimen yang ingin mengubah dunia finansial dengan melahirkan inovasi baru untuk mempermudah transaksi keuangan digital. Harga TAD berada di kisaran Rp178.100. 

4. Zipmex (ZMT)

ZMT, koin kripto yang diterbitkan oleh Zipmex, menarik banyak investor karena memiliki banyak keuntungan. Koin ini pertama kali diterbitkan pada 17 Desember 2020. Zipmex beroperasi di Singapura, Australia, Thailand, dan Indonesia dan ingin menjadi lembaga keuangan terdepan untuk aset digital di Asia-Pasifik. Saat ini, harga Zipmex berada di kisaran harga Rp33.000 per koinnya. 

5. botXcoin (BOTX)

Koin kripto terbitan PT BOTX Technology Indonesia diterbitkan oleh Indodax. BOTX sudah terbentuk sejak tahun 2018 dan sudah listing di beberapa tempat diluar negeri dan diakui dan terdaftar di OJK serta Bappeti. Harga BOTX per koin saat ini berada di kisaran Rp4.000. 

Sobat Pintar, kripto sangat diminati karena banyak sekali orang yang sudah mendapatkan keuntungan dengan menabung kripto ataupun menjual kripto saat harganya sudah di atas harga pembelian. Cerita sukses investasi kripto ini juga membuat banyak orang lain yang berlomba-lomba untuk ikut serta berinvestasi, bahkan ada yang tidak mempertimbangkan kemampuan keuangannya. Ini beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat mempertimbangkan keputusanmu:

1. Investasi menggunakan uang dingin

“Maksudnya gimana, min?”

Maksudnya, jangan sampai kamu malah mengorbankan pengeluaran sehari-harimu, bahkan bela-belain diri untuk tidak menabung demi investasi. Kalau mau aman, pastikan kamu sudah memiliki dana darurat terlebih dulu sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Jangan sampai kamu malah tidak memiliki dana saat kondisi mendesak. Gunakan uang di luar dana tabungan untuk investasi.

2. Pantang untuk menggunakan dana pinjaman untuk investasi

Menggunakan dana pinjaman untuk investasi sangatlah tidak bijaksana. Investasi sangatlah sulit untuk diprediksi keuntungannya, sedangkan kamu tetap harus membayar cicilan bulanan plus bunga dengan jumlah yang tetap. Kamu berpeluang untuk kehilangan semua uangmu bila berinvestasi kripto.

Itulah beberapa koin kripto buatan Indonesia. Senang sekali rasanya saat ini anak bangsa semakin aktif berkreasi dan mengikuti perkembangan zaman. Bila kamu memutuskan untuk berinvestasi, pastikan kamu sudah mempertimbangkan dua tips di atas, ya!

26 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download