Pernah Dengar Coinbase? Platform Untuk Jual Beli Mata Uang Kripto

Pernah Dengar Coinbase? Platform Untuk Jual Beli Mata Uang Kripto

06 May 2021 by kreditpintar
coinbase

Coinbase merupakan platform jual beli mata uang kripto seperti ethereum dan bitcoin. Cryptocurrency ialah aset digital yang dirancang bekerja sebagai media pertukaran yang menggunakan kriptografi untuk mengamankan transaksi keuangan, memverifikasi transfer aset, dan mengontrol penciptaan unit tambahan. Dengan menggunakan kriptografi, kemungkinan uang digital dipalsukan adalah tidak mungkin. Coinbase membuat sejarah dengan mencatatkan saham pertama pada bursa saham Amerika Serikat, dengan harga saham ditutup di level US$32,28 per saham. 

Asal Mula

Setiap perusahaan, produk, atau segala sesuatu lainnya pasti memiliki sejarah. Begitu pula coinbase dengan sejarah didirikan pada 2012 oleh Brian Armstrong dan Fred Ehrsam, sebagai sebuah platform yang menyederhanakan pembelian bitcoin. Coinbase berubah menjadi platform jual, beli, bahkan menyimpan mata uang kripto paling populer di Amerika Serikat, valuasinya pun melonjak bersama dengan ethereum dan bitcoin. Apa itu valuasi? Nilai ekonomi dari sebuah bisnis berdasarkan beberapa faktor pertimbangan. Valuasi penting untuk menentukan harga jual startup atau perusahaan, jika terjadi merger atau perusahaan lain tertarik untuk mengakuisisinya. 

Sekarang ini, coinbase memiliki 56 juta pengguna, dari sebelumnya 43 juta pengguna pada akhir 2020. Sedangkan tahun sebelumnya platform tersebut memiliki 32 juta pengguna. Pada putaran pendanaan terakhir di 2018, platform tersebut memiliki valuasi mencapai US$8 miliar. Namun saat penutupan perdagangan saham perdana pada bursa saham Amerika Serikat, valuasinya melonjak tinggi menjadi US$85,5 miliar. 

Perkembangan

September 2020, platform tersebut terpilih menjadi mitra utama bitcoin sejumlah US$425 atau sekitar 6 triliun rupiah oleh MicroStrategy. Platform tersebut juga bersedia hadir untuk membantu lebih banyak institusi yang ingin membeli mata uang kripto. Analis Loop Capital Marketers Kenneth Hill menyatakan bahwa platform tersebut adalah platform transaksi mata uang kripto, yang memiliki jalan mulus sebelum kembali lepas lSobat Pintars. Meskipun beberapa pihak mengingatkan adanya risiko volatilitas, dampak dari pergerakan bitcoin yang naik turun dimana sudah turun 5,3% ke posisi US$60.063. Namun para investor tampak masih tertarik dengan saham ini 

Jumlah pengguna transaksi bulanan sebesar 6,1 juta, naik dari sebelumnya 2,8 juta. Transaksi di platform tersebut sebagian besar melibatkan ethereum dan bitcoin yang sudah setahun terakhir harganya naik. Ethereum naik menjadi 1.300%, sedangkan bitcoin naik menjadi 800%. Cryptocurrency yang sedang naik daun, juga ambil bagian terhadap kinerja keuangan yang mentereng. Maka wajar saja apabila pendapatannya melonjak 9 kali lipat dari tahun lalu menjadi US$1,8 miliar. Hal ini diungkapkan pada kinerja keuangan kuartal pertama 2021. Sedangkan laba bersih naik menjadi US$32 juta menjadi US$730 juta sampai US$800 juta. Fantastis, bukan?

Tentunya, jika Sobat Pintar ingin menggunakan platform tersebut, Sobat Pintar harus memiliki mata uang kripto seperti bitcoin atau ethereum. Nah, untuk punya cryptocurrency Sobat Pintar harus terlebih dahulu melakukan pembelian. Sekarang Sobat Pintar bisa mendapatkan pinjaman dana dari Kredit Pintar yang merupakan perusahaan fintech yang menawarkan pinjaman dana dengan bunga yang rendah. Pinjaman uang ini berbasis online, semua dilakukan melalui smartphone Sobat Pintar. Kapan saja dan dimana saja, tak perlu cemas tertipu karena Kredit Pintar telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Saat ini banyak orang yang telah tertipu pinjaman uang, jadi sudah seharusnya Sobat Pintar lebih waspada. Ajukan pinjaman dana hanya melalui aplikasi Kredit Pintar untuk dapatkan pencairan kilat!

kredit pintar