Bursa Binance: Terbesar di Dunia tapi Ilegal di Indonesia?

03 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 11 Mar 2022

Jika Sobat Pintar suka melakukan crypto trading, pasti sudah familiar banget dengan Binance. Binance merupakan platform pertukaran mata uang kripto terbesar di dunia saat ini. Tidak hanya itu, Binance juga memiliki mata uang kripto mereka sendiri yaitu Binance coin (BNB).

Bursa Binance: Terbesar di Dunia tapi Ilegal di Indonesia?

Baca juga: 7 Aset Kripto yang Prospektif Dibeli pada 2022

Sejarah Binance

Binance didirikan pada 2017 oleh Changpeng Zhao, dan pada waktu itu basisnya di Cina. Akan tetapi, setelah regulasi cryptocurrency di Cina, Binance memindahkan kantor pusatnya ke Cayman Islands, yang merupakan wilayah teritorial luar negeri Inggris.

Bukan hanya basecamp-nya yang berubah. Saat baru berdiri, Binance menggunakan platform blockchain Ethereum token ERC-20. Pada tahun 2020 Binance meluncurkan Binance Smart Chain.

Binance tidak bisa diakses

Sayangnya, sejak Oktober 2020 website utama Binance, binance.com, tidak bisa diakses di Indonesia. Binance belum terdaftar sebagai bursa penukaran di bawah Badan Pengawas Berjangka Komoditi (Bappebti)

Beberapa platform berita memberitakan bahwa dulu Binance sempat beroperasi di Indonesia, padahal belum memiliki izin. Akhirnya Satgas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memutuskan untuk menghentikan kegiatan Binance di Indonesia sampai ada izin dari otoritas berwenang.

Ketua SWI OJK mengatakan bahwa menggunakan Binance padahal belum memiliki izin di Indonesia berbahaya. Karena Bitnance belum diawasi oleh Bappebti, data-data seperti kegiatan usaha, aliran dana, dan perlindungan pengguna akan sulit ditegakkan apabila ada masalah.

Akan tetapi, agak tidak jelas apakah Binance benar-benar “ilegal” di Indonesia. Karena walaupun website binance.com tidak bisa dibuka tanpa menggunakan VPN, aplikasi Binance dapat diunduh dan digunakan di Android serta iOS di Indonesia. Ini berarti aplikasi Binance mendapatkan izin untuk beroperasi di Indonesia.

Platform Binance masih banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, termasuk para ahli crypto trading. Memang kenyataannya banyak cara supaya Indonesia tetap bisa mengakses website Binance.

Sementara itu, saat ini ada 13 platform crypto exchange yang sudah memiliki izin Bappebti. antara lain:

  • PT Cripto Indonesia Berkat,
  • Upbit Exchange Indonesia,
  • PT Tiga Inti Utama,
  • PT Indodax Nasional Indonesia,
  • PT Pintu Kemana Saja,
  • PT Zipmex Exchange Indonesia,
  • PT Bursa Cripto Prima,
  • PT Luno Indonesia Ltd,
  • PT Rekeningku Dotcom Indonesia,
  • PT Indonesia Digital Exchange,
  • PT Cipta Coin Digital,
  • PT Triniti Investama Berkat,
  • PT Plutonext Digital Aset.

Dapat dilihat bahwa platform kripto yang memiliki izin Bappebti adalah platform-platform milik Indonesia. Jadi sepertinya tidak adanya Binance dalam daftar ini tidak bisa disimpulkan bahwa Binance ilegal, melainkan merupakan bursa asing.

Baca juga: Perkembangan Harga Bitcoin dari Tahun ke Tahun (2009 – 2021)

Cara Buka Website Bursa Binance

  1. Menggunakan aplikasi Binance

Kalau Sobat Pintar mencoba membuka website binance.com dan tidak berhasil, salah satu alternatif adalah menggunakan aplikasi Binance. Aplikasi ini tersedia di Play Store maupun Apple Store di Indonesia, jadi baik pengguna Android maupun iOS bisa menggunakannya.

Menjadi pertanyaan juga mengapa Kemenkominfo memblokir situs binance.com tetapi memberikan izin kepada aplikasi Binance,

  1. Melalui situs alternatif

Walaupun situs utama Binance yang menggunakan .com tidak bisa dibuka tanpa VPN, ternyata masyarakat Indonesia masih bisa membuka beberapa website bawahan Binance. Situs-situs alternatif tersebut antara lain:

  • binance.me
  • binance.us
  • binance.org (Situs yang ini juga seringkali tidak bisa diakses menggunakan browser di Indonesia).
  1. Menggunakan VPN

VPN atau Virtual Private Network adalah koneksi terenkripsi dari perangkat ke jaringan melalui Internet. Singkat kata, jika terhubung dengan VPN, koneksi internet Sobat Pintar akan menggunakan IP address dari negara lain sehingga tidak dikenali berasal dari Indonesia. Cara membuka website Binance dengan koneksi VPN adalah sebagai berikut.

  1. Unduh salah satu aplikasi VPN, tinggal cari di Google saja dan pilih salah satu aplikasi kemudian install.
  2. Setelah berhasil meng-install aplikasi VPN, buka aplikasi tersebut dan klik tombol Connect/Sambungkan/Run/Go/On untuk menghubungkan komputer dengan VPN.
  3. Pastikan VPN sudah tersambung. Biasanya akan ada tulisan bahwa komputer sudah terhubung dengan VPN negara tertentu (misalnya Amerika Serikat) dan ada tulisan kecepatan internet.
  4. Buka browser.
  5. Pergi ke www.binance.com
  6. Sobat Pintar sudah dapat mengakses website Binance.
  7. Menggunakan DNS Aman

Dengan cara ini, Sobat Pintar mengubah DNS komputer ke DNS cloudflare.

  1. Buka Google Chrome.
  2. Klik 3 titik di pojok kanan atas, di bawah tombol exit.
  3. Pilih Setelan (Settings).
  4. Klik menu Privasi dan keamanan pada bagian kiri.
  5. Pilih Keamanan (Security).
  6. Aktifkan opsi Gunakan DNS aman.
  7. Pilih opsi Dengan Cloudfare (1.1.1.1)

Binance Coin (BNB)

Di tahun yang sama dengan perilisan platform Binance, mereka juga merilis mata uang kripto sendiri bernama Binance Coin (BNB). Tentunya koin ini memang dibuat untuk menjadi token utilitas Binance exchange. 

Pada akhir Juni 2017, Binance menjual 100 juta token saat ICO dari total persediaan 200 juta token. Dengan BNB, pengguna bisa membayar biaya diskon untuk berdagang di bursa Binance. Namun, BNB tidak memberikan bagian keuntungan Binance kepada pengguna, mewakili investasi di Binance, atau memberikan kompensasi apa pun.

Semua transaksi di Binance Smart Chain dan Binance Chain dapat dibayar dalam BEP-20 atau BEP-2 BNB. Koin memiliki persediaan terbatas 200 juta, dan Binance melakukan pembakaran BNB triwulanan sebagai tindakan deflasi. Peristiwa pembakaran akan terjadi hingga total pasokan berkurang menjadi 100 juta.

BNB dapat digunakan untuk biaya perjalanan dan dapat dibelanjakan untuk produk dan layanan menggunakan kartu Binance Visa. Pemegang juga dapat menyumbangkan BNB untuk amal melalui proyek Binance Charity Foundation (BCF).

Nilai Binance Coin

Jika Sobat Pintar sedang mempertimbangkan untuk membeli Binance coin, pasti bertanya-tanya nilai Binance coin ke depannya. Secara keseluruhan, BNB sangat prospektif dan memiliki performa yang baik. Berikut adalah beberapa alasan yang mengukuhkan Binance coin sebagai mata uang kripto yang layak diinvestasikan.

  1. Kapitalisasi market ketiga terbesar di dunia

Pada tahun 2021, Binance mengalahkan Tether dan menembus top 3 market cap kripto, hanya di belakang Bitcoin dan Ethereum. Per Desember 2021, kapitalisasi pasar BNB mencapai 89 miliar dolar AS.

  1. Memiliki utilitas (kegunaan) yang jelas

Seperti yang disebutkan tadi, Binance merupakan platform transaksi kripto terbesar. Maksud dari terbesar di sini adalah Binance memiliki pengguna aktif dan volume transaksi yang paling besar di dunia.

Karena BNB merupakan token utilitas utama dalam platform Binance, permintaan pasar akan BNB besar. Dari sini dapat disimpulkan bahwa Binance coin memiliki utilitas yang jelas, relevan, dan diperkirakan akan terus digunakan. Berdasarkan fakta ini, nilai Binance coin kemungkinan akan kian meningkat.

  1. Menggunakan blockchain sendiri: Binance chain

Selain itu, Binance juga sudah platform blockchain-nya sendiri yaitu Binance chain. Ini juga menjadi daya plus karena ini akan meningkatkan penggunaan token BNB.

Disclaimer! Kami tidak menjamin bahwa nilai BinancecCoin akan naik maupun turun.

Saat ini pada 23 Desember 2021, harga Binance coin sebesar 7,7 juta rupiah.

  1. Suplai terbatas dan burning tiap triwulan

Koin BNB memiliki persediaan terbatas 200 juta, dan Binance melakukan pembakaran BNB triwulanan sebagai tindakan deflasi. Peristiwa pembakaran akan terjadi hingga total pasokan berkurang menjadi 100 juta.

Baca juga: Mengenal Litecoin, Salah Satu Pesaing Bitcoin

Sekarang Sobat Pintar sudah paham ya apa itu Bursa Binance. Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
11 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download