Shib Coin, Berawal Dari Meme Menjadi Populer

05 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 10 Jan 2022

Shib Coin adalah salah satu mata uang kripto yang menggunakan salah satu meme coin sangat populer di Indonesia. Meskipun memiliki popularitas yang tinggi, sayangnya mata uang kripto ini masih ilegal buat diperdagangkan di Indonesia.

Shib Coin, Berawal Dari Meme Menjadi Populer

Buat Sobat Pintar yang penasaran dengan apa itu mata uang Shib coin, cara menggunakan, dan cara mendapat cuan darinya, simak penjelasan lengkapnya disini.

Baca juga: Ikut Air Drop Crypto dengan Aman, Begini Caranya

Sejarah Shib Coin

1. Diluncurkan Tahun Lalu

Shiba Inu( SHIB) merupakan cryptocurrency berbasis Ethereum yang ialah meme bersumber pada anjing Shiba Inu Jepang. Koin meme umumnya diluncurkan selaku candaan daripada selaku produk digital.

SHIB pertama kali hadir pada Agustus 2020 oleh pihak yang bernama Ryoshi. Tujuan pembuatannya merupakan menghindari struktur sosial yang kaku serta pola pikir tradisional.

Shiba Inu menjadi objek eksperimen yang dirancang dalam pembangunan komunitas otomatis yang terdesentralisasi dan mengembalikan kekuatan pada orang biasa.

2. Metode Kerja

Shiba Inu kompatibel dengan ekosistem Ethereum. Bagi pengembangnya blockchain Ethereum sangat sempurna buat kripto ini sebab nyaman, mapan serta membuat proyek senantiasa terdesentralisasi.

Ekosistem SHIB terdiri dari 3 token sebagai berikut

1. Shiba Inu (SHIB): Ini merupakan mata duit utama serta token yang menggerakan segala ekosistem. Shiba Inu memiliki total lot sebesar 1 kuadriliun, tetapi dikunci oleh pengembang sebesar 50% dari pasokan 50 persen di Uniswap untuk tujuan likuiditas. Pendiri Ethereum yang lain, Vitalik Buterin pula bertugas menahan sisa 50%. Buterin menjual sebagian token serta menyumbang buat menolong Covid- 19 di India. Ia pula membakar 40% dari total pasokan SHIB supaya kurangi mungkin jumlah buat pengguna.

2. Leash (LEASH): Ini mewakili sisi lain Shiba dengan pasokan 107, 646 token.

3. Bone (BONE): BONE merupakan token tata kelola pada ekosistem Shiba. Dengan begitu membolehkan ShibArmy memilah proposal serta mempunyai total pasokan 250 juta token.

4. Shiba Inu Incubator: ialah buat menciptakan metode menghormati kreativitas seniman di luar wujud seni tradisional. Tujuannya merupakan memperbanyak pencipta seni asli serta konten lain.

Baca juga: Kenali Apa Itu Kripto Wallet

Apa Itu Shib Coin (SHIB)?

Shib Coin, Berawal Dari Meme Menjadi Populer

Sumber: Unsplash / Alt Text: Shib Coin

Shib Coin (SHIB) adalah mata uang kripto dengan tema meme yang berbasis di Ethereum, di mana aset kripto ini menampilkan anjing Shiba Inu sebagai maskotnya. Banyak investor kripto dan penggemar meme coin yang menganggap bahwa koin Shiba Inu (SHIB) adalah alternatif aset selain cryptocurrency Dogecoin. Oleh karena itu, Shib Coin (SHIB) secara gamblang menjelaskan bahwa aset ini dibuat untuk menjadi “Dogecoin Killer”. 

Berdasarkan white paper yang terdesentralisasi, Koin Shiba Inu (SHIB) memiliki decentralized exchange (DEX) sendiri. Seperti melalui DEX yang dimilikinya, pengguna aset dapat melakukan transaksi dagang NFT, staking aset, dan memperoleh imbalan melalui berbagai cara yang ada. 

Siapa Pemilik Shib Coin Terbanyak?

Dilansir dari web Gfinityesports, pemilik dari Shib Coin (SHIB) paling banyak merupakan dead wallet, salah satu pendiri Ethereum, Vitalik Buterin.

Jadi, kala SHIB awal kali diluncurkan, pengembang membagikan separuh dari total perputaran SHIB ke Buterin selaku bagian dari pemasaran. Tetapi, pada Mei 2021, Buterin kurangi (burn) sebanyak 410,2 triliun SHIB dengan mengirimkannya ke dead address. Apa yang dicoba Buterin secara efisien sudah melenyapkan 41 persen dari total totalitas SHIB yang tersebar. Tidak menyudahi disana saja, Buterin setelah itu membagikan 10 persen sisa token SHIB ke tubuh amal di India.

Selain Buterin, pemilik terbanyak Shib Coin kedua adalah seseorang investor anonim yang dikenal mempunyai 70 triliun SHIB. Di mana nilai 70 triliun ini berjumlah 7 persen dari total perputaran SHIB yang terdapat.

Dikala ini, sebagian besar atas kepemilikan SHIB pula ditaruh di sebagian wallet kepunyaan crypto exchange terkemuka.

Kendati begitu, siapapun itu yang mempunyai koin Shiba Inu (SHIB) paling banyak pasti hendak bawa pengaruh yang lumayan besar pada pergerakan harga SHIB di pasar. Perihal ini teruji sebab belum lama ini seseorang investor Shiba Inu coin (SHIB) baru saja mengguncang pasar kripto sehabis membeli SHIB dalam jumlah yang banyak.

Penyebab Peningkatan Nilai Shib Coin

Shiba Inu coin atau SHIB memang pernah hadapi lonjakan pada dini pekan bulan Oktober 2021, dengan total peningkatan menggapai 300 persen cuma dalam waktu 24 jam. Dikala itu, peningkatan yang dirasakan SHIB mengantarkannya ke dalam jajaran 20 cryptocurrency terkemuka di dunia.

Peningkatan SHIB pada dini Oktober diyakini sebab sebagian alibi. Awal, Elon Musk memberikan foto anak anjing Shiba Inu miliknya di akun Twitter resminya. Kedua, terdapatnya isu peluncuran decentraland exchange (DEX), serta terakhir terus menjadi banyaknya bursa kripto terkemuka yang telah sediakan SHIB selaku salah satu dari sekian banyak kripto yang bisa diperjual belikan.

Tidak lama dari itu, pada 25 Oktober 2021, seseorang whale Shiba Inu coin (SHIB) membeli 276, 6 miliar token SHIB. Di mana, pembelian SHIB dalam jumlah yang besar ini sukses membagikan dampak lonjakan pada harga SHIB sebesar 20 persen. Kapitalisasi pasar Shiba Inu juga naik nyaris 570 persen dalam waktu sebulan.

Baca juga: Mau Mulai Belajar Kripto? Klik di sini aja!

Jadi itulah sejarah dan penjelasan lengkap mengenai Shib Coin yang bermula dari meme menjadi mata uang digital yang populer hingga saat ini. Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
10 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download