Panduan Lengkap Pinjaman Online

28 Mar 2022 by Rindang Maulidia, Last edit: 28 Apr 2022

Pinjaman online atau pinjol hadir di tengah masyarakat Indonesia sebagai solusi pinjaman yang menyediakan proses pengajuan yang mudah dan transparan dalam bentuk aplikasi untuk smartphone. Aplikasi pinjaman online terdiri dari peruntukkan yang berbeda, seperti pinjaman keperluan pribadi, pinjaman untuk mahasiswa/pelajar, dan pinjaman untuk pengembangan bisnis. 

Dengan berbagai peruntukan tersebut, masyarakat punya kebebasan untuk memilih aplikasi pinjol yang sesuai untuk kebutuhan mereka. Untuk mengenal pinjaman online secara lebih mendalam, simak panduan lengkapnya berikut ini. 

Apa itu Pinjol atau Pinjaman Online?

Pinjol atau pinjaman online merupakan alternatif pinjaman bagi masyarakat yang menginginkan kemudahan dan transparansi pengajuan pinjaman. Umumnya, pinjaman online lebih disukai dibandingkan dengan pinjaman dari bank karena syaratnya yang cukup mudah, ada kejelasan mengapa pengajuan ditolak, dan pengajuan bisa dilakukan kapanpun tanpa terbatas jam operasional. 

Selain itu, aplikasi pinjol juga menyediakan banyak pilihan bank untuk pencairan pinjaman, sehingga tidak terbatas untuk nasabah bank tertentu. Meskipun begitu, nominal pinjaman yang tersedia di pinjol terbilang lebih rendah dibandingkan pinjaman dari bank sehingga kurang cocok digunakan jika Sobat Pintar membutuhkan pinjaman untuk membeli rumah maupun kendaraan.

Kredit Pintar: Aplikasi Pinjaman 5 Menit Cair

Pinjaman Online, Tempat Pinjam Uang Seluruh Indonesia, dan Cara Mendaftarnya

Aplikasi Pinjaman Online Terbaik

Definisi aplikasi pinjol terbaik mungkin saja berbeda-beda bagi masing-masing orang. Sebelum menentukan apakah aplikasi tersebut layak dapat predikat sebagai aplikasi terbaik, pastikan bahwa aplikasi tersebut telah terdaftar di OJK.

Dengan menyandang terdaftar di OJK, sebuah aplikasi pinjol dinyatakan sebagai aplikasi dan perusahaan yang resmi beroperasi di Indonesia.

Inilah rekomendasi aplikasi pinjol terbaik untukmu.

Daftar Aplikasi Fintech Terpercaya, Baca Review Pinjaman Online Berikut!

Waspada Aplikasi Bodong! Berikut 5 Aplikasi Pinjaman Tunai Terpercaya Di Indonesia

5 Aplikasi Pinjaman Uang Aman dan Terpercaya

5 Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online Resmi 2021

7+ Pinjaman Online Langsung Cair

7 Pinjaman Uang Online Tanpa Jaminan dan Syarat, Mana yang Terbaik?

7 Ulasan Mengenai Aplikasi Pinjaman Tunaiku

Pilihan Pinjaman Bank

Jika Sobat Pintar masih ragu menggunakan pinjaman online, tidak perlu khawatir, karena ada berbagai pinjaman bank yang tersedia. Pinjaman bank akan sangat cocok digunakan untuk pembelian kendaraan besar maupun transportasi harian, kepemilikan rumah, dan pembangunan usaha skala besar karena tersedia dengan limit yang besar.

Namun, pengajuan pinjaman bank biasanya memakan proses yang lama dan ada banyak dokumen yang perlu disiapkan.

Inilah berbagai pilihan pinjaman bank yang direkomendasikan.

Butuh Dana? Ini Syarat dan Ketentuan Pinjam Uang di Bank BCA

Cara Mendapatkan Dana Pinjaman BRI Tanpa Jaminan

Ini Info Berapa Lama Proses Pencairan KUR BRI

Ini Pilihan Pinjaman Uang Tanpa Jaminan di Bank dan Syaratnya

Mau Ajukan Pinjaman Online BRI? Ini yang Harus Disiapkan

Perbedaan Kredit Syariah dengan Kredit Konvensional

Produk Pinjaman Bank Mandiri Bagi Kamu Yang Sedang Butuh Uang

Syarat Pinjaman KUR BRI dan Cara Mengajukan

Tanpa Riba, Kenali Produk Pinjaman Bank BRI Syariah Berikut!

Tips Sukses Ajukan Pinjaman KTA Tanpa Kartu Kredit BCA

Tips Meminjam Uang Online

Pengguna pinjol menilai bahwa proses pengajuan pinjaman uang online sangat memudahkan mereka memenuhi kebutuhan yang tidak terencana dalam waktu yang singkat. Jika tidak berhati-hati, Sobat Pintar bisa terjebak dalam perilaku yang impulsif dengan mengajukan pinjaman ke berbagai aplikasi pinjol tanpa memikirkan cara melunasinya.

Tindakan tersebut bukanlah tindakan yang bertanggung jawab dan bisa berdampak pada SLIK yang menyatakan keadaan kredit Sobat Pintar. Selain itu, Sobat Pintar juga rawan terkena penipuan pinjol ilegal yang memanfaatkan keadaan korbannya dalam mencari pinjaman di waktu yang mendesak.

Agar tetap bisa aman mengajukan pinjaman uang online, ikuti berbagai tips berikut.

Gunakan 7 Tips Ini untuk Mengajukan Pinjaman Online

Penting! Ini Cara Pengajuan Pinjaman Online Agar Disetujui

Tips Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Pinjaman Online Agar Tidak Tersesat

4 Tips yang Harus Diketahui Sebelum Mengajukan Pinjaman Online

6 + Tips Menggunakan Pinjaman Uang Online dengan Aman

Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data 

Umumnya, pinjol yang melakukan penyebaran data adalah pinjol yang berdiri secara tidak resmi di Indonesia. Pada dasarnya, penyebaran data yang dilakukan tanpa adanya persetujuan adalah sebuah tindak kriminal yang telah diatur dalam UU di Indonesia.

Inilah berbagai cara agar pinjol tidak sebar data.

6 Cara Agar Pinjol Tidak Sebar Data

Pilihan Pinjaman Online Terdaftar OJK

Pinjaman online OJK merupakan daftar berbagai aplikasi pinjol resmi yang telah terdaftar di OJK. Di Indonesia, OJK melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap lembaga keuangan termasuk aplikasi pinjol.

Bahkan, setiap bulannya OJK mengeluarkan daftar aplikasi pinjol resmi agar masyarakat Indonesia tidak terjebak oleh tawaran aplikasi pinjol ilegal. Berikut ini adalah pilihan pinjaman online OJK.

Butuh Pinjaman Online Bunga Kecil? Pilih Kredit Pintar!

Daftar Pinjaman Uang Online yang Terdaftar di OJK Tahun 2021

5 Daftar Pinjaman Online OJK, Tanpa Jaminan

10 Pinjaman Online OJK Terbaik 2021

Itulah panduan lengkap tentang pinjol di Indonesia. Semoga panduan ini bisa membuat Sobat Pintar menjadi masyarakat yang bijak dalam memilih pinjaman untuk segala kebutuhan.


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

28 Apr 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download