Penting! Ini Cara Pengajuan Pinjaman Online Agar Disetujui

Penting! Ini Cara Pengajuan Pinjaman Online Agar Disetujui

08 May 2021 by kreditpintar
pengajuan pinjaman online agar disetujui

Saat ini, kebutuhan sehari-hari makin banyak jumlahnya. Bahkan, penghasilan setiap bulan tidak mampu menutupi mahalnya harga barang. Belum lagi jika ada kebutuhan mendesak, dan tidak punya tabungan tersisa. Pengajuan pinjaman online bisa jadi solusi. Namun, sampai sekarang masih ada saja yang mengaku belum tahu bagaimana cara pengajuan pinjaman online agar disetujui dengan mudah.

Pasalnya, sama dengan meminjam via bank, aplikasi pinjaman online yang bisa dipakai untuk alternatif masyarakat masih sering memberikan seleksi khusus. Jadi, tidak sembarang orang bisa dengan mudah disetujui permohonan pinjamannya. Dari segi peminjam, harus tahu teknik-teknik, supaya pengajuannya bisa lebih cepat diterima dari pemohon lain.

Banyak keuntungan yang didapatkan dengan meminjam uang secara online. Selain cepat dan mudah, meminjam uang secara online juga menetapkan biaya plafon kecil sehingga cukup ringan. Selain itu, pinjaman online juga tanpa kartu kredit sebagai syarat pengajuan, tidak seperti bank. Sobat Pintar ingin mencobanya? 

Berikut cara pengajuan pinjaman online agar disetujui yang bisa diaplikasikan

Pahami Ketentuan Berlaku

Setiap aplikasi pinjaman online, pasti punya persyaratan berbeda-beda. Persyaratan ini sudah sangat lengkap dijabarkan biasanya. Namun, masyarakat masih sering tidak memperhatikannya, mungkin karena sudah sangat terdesak dengan kebutuhan pinjaman. 

Pahami dulu dengan benar ketentuan yang disyaratkan adalah salah satu cara pengajuan pinjaman online agar disetujui dengan cepat. Setelah benar-benar dipahami, silahkan langsung dilakukan tanpa ada satu poin pun yang terlewatkan. Jika ada satu hal yang terlewat, bukan tidak mungkin pengajuan pinjaman Sobat Pintar akan langsung ditolak.

Isi Data Diri Sekaligus Lengkapi Dokumen Yang Dibutuhkan

Namanya juga pinjaman online, maka pastinya pengajuan keseluruhannya akan dilakukan secara online. Berikut dokumen-dokumen yang perlu dilampirkan semua nanti akan dikirim secara virtual. Maka sebelum melakukan pengajuan pinjaman, Sobat Pintar harus pastikan dulu untuk melengkapi segala dokumen yang diperlukan.

Oleh karena nanti dokumen ini dikirim soft copy, artinya Sobat Pintar harus pastikan kualitasnya tidak blur ketika dikirim. Ada baiknya jangan mengirim dokumen hasil scan atau fotocopy. Lebih baik gunakan hasil jepretan foto berkualitas. Ini akan menghindarkan dari resiko gambar dokumen tidak bisa terlihat dengan jelas. 

Selain mengirim dokumen yang dibutuhkan, Sobat Pintar juga harus mengisi data diri sebagai salah satu persyaratan. Usahakan untuk mengisi semua data diri dengan benar. Jangan sampai ada yang terlewatkan, yang bisa berpotensi menyebabkan pengajuan ditolak.

Perhatikan Riwayat Kredit Pada Bank

Cara pengajuan pinjaman online agar disetujui selanjutnya adalah perhatikan riwayat kredit Sobat Pintar di bank. Sobat Pintar mungkin pernah sesekali meminjam uang di bank sebelumnya. Ingat-ingat lagi, pastikan memiliki riwayat kredit yang bagus. Misalnya tidak pernah lewat untuk bayar cicilan, dan lainnya.

Jangan salah, pihak pinjaman online juga akan memeriksa riwayat kredit Sobat Pintar di bank maupun lembaga keuangan lain. Jika saat melakukan pinjaman di bank, Sobat Pintar tidak pernah melakukan kesalahan, besar kemungkinan pengajuan pinjaman online Sobat Pintar akan langsung disetujui.

Ajukan Pinjaman Sesuai Kebutuhan

Perbedaan meminjam uang di bank dengan pinjaman online adalah syaratnya. Pinjaman online lebih ringan soal persyaratan misalnya Sobat Pintar bisa meminjam uang tanpa kartu kredit. Meskipun syaratnya tergolong ringan, Sobat Pintar tidak boleh asal meminjam uang. Seperti meminjam uang dengan nilai fantastis dan tidak sesuai dengan kebutuhan Sobat Pintar.

Pihak pinjaman online, pasti akan melakukan penilaian terkait kemampuan Sobat Pintar dalam membayar cicilan. Sehingga untuk menghindarkan resiko gagal bayar. Sobat Pintar yang kebetulan punya penghasilan Rp 5 juta per bulan, lalu ingin langsung mengajukan pinjaman Rp 500 juta kemungkinan besar, pinjaman Sobat Pintar akan langsung ditolak.

Sebab, jika dipikir logika, jumlah sebesar itu tidak akan mudah bagi Sobat Pintar untuk membayar angsuran nantinya. Pada intinya, sebelum mengajukan pinjaman, pastikan dulu menentukan nominalnya sesuai kebutuhan. Sesuaikan juga dengan penghasilan Sobat Pintar, supaya tidak terjadi resiko gagal bayar.

Tentukan Tenor Pinjaman

Supaya pengajuan pinjaman online disetujui, Sobat Pintar pun harus dengan teliti menentukan tenor pinjaman. Bagi yang belum paham apa itu tenor, yaitu periode waktu peminjaman dana yang ditetapkan oleh kreditur dan debitur. Artinya sebagai peminjam, harus segera membayar sebelum tenor berakhir. Biasanya, semakin lama tenor yang dipilih, dampaknya adalah makin ringan cicilannya.

Namun, tenor pinjaman lama bisa membuat bunga yang dibebankan jadi makin besar. Sebaliknya jika Sobat Pintar memilih tenor pinjaman lebih pendek, meskipun cicilan per bulannya besar, bunga yang dibayarkan nanti justru kecil. Menentukan tenor yang dipilih ini sebenarnya tidak seberapa sulit.

Sobat Pintar hanya perlu memperhitungkan berapa besaran uang yang biasa Sobat Pintar sisihkan setiap bulannya. Sesuaikan dengan kemampuan Sobat Pintar, sehingga waktu jatuh tempo pembayaran cicilan tidak akan terlalu memberatkan.

Penuhi Semua Syarat Yang Ditentukan

Syarat pinjaman online memang dikenal lebih mudah dibandingkan jika meminjam di bank. Salah satu yang paling menjadi daya tarik adalah pinjaman online ini tanpa kartu kredit sebagai persyaratannya. Meskipun begitu dari segi peminjam pun harus memenuhi kriteria tertentu supaya pengajuan bisa cepat disetujui.

Persyaratan pengajuan pinjaman online biasanya standar. Sobat Pintar hanya harus pastikan adalah seorang WNI, usia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun, memiliki identitas berupa E-KTP, serta yang penting adalah memiliki penghasilan. 

Selain persyaratan di atas, untuk memastikan Sobat Pintar benar-benar berpenghasilan adalah kepemilikan NPWP. Dengan mengantongi bukti kepemilikan NPWP, Sobat Pintar akan dianggap orang yang berpenghasilan tiap bulan dan rajin membayar pajak.

Pastikan Masih Berada Di Area Pelayanan

Sebenarnya layanan pinjaman online dapat menjangkau setiap wilayah yang sudah dapat diakses oleh jaringan internet. Namun, biasanya ada wilayah tertentu yang masih belum dijangkau koneksi internet secara maksimal. Jika Sobat Pintar berada di wilayah seperti itu, hati-hati kemungkinan besar pengajuan Sobat Pintar bisa ditolak. 

Oleh sebab itu, demi pengajuan pinjaman disetujui, pastikan domisili Sobat Pintar masih berada di sekitaran  area kerja penyedia layanan. Ini bisa jadi memudahkan pengajuan Sobat Pintar disetujui dengan cepat. Hal ini sebenarnya bukan masalah besar. Mengingat sekarang penyedia jasa pinjaman online sudah sangat banyak sekali dan bisa dipilih sesuai selera.

Gunakan Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya

Cara paling mudah supaya pengajuan pinjaman bisa cepat disetujui adalah Sobat Pintar harus pandai memilih aplikasi pinjaman online terpercaya. Saat ini aplikasi pinjaman online memang sudah sangat banyak sekali jenisnya. Semua bisa dengan mudah Sobat Pintar akses dari Android maupun ios. Fasilitas yang ditawarkan pada nasabah juga berbeda-beda. 

Pada intinya setiap penyedia aplikasi pinjaman online berfokus untuk memberikan kemudahan pada nasabah, seperti lebih praktis dalam hal pencairan. Pengajuan pinjaman akan lebih mudah disetujui, jika Sobat Pintar memilih aplikasi peminjaman yang tidak mensyaratkan ketentuan yang terlalu rumit, serta mampu memberikan pelayanan yang cepat.

Aplikasi penyedia layanan pinjaman online seperti itu adalah Kredit Pintar. Sobat Pintar bisa coba menggunakan aplikasi tersebut jika ingin mengajukan pinjaman online. Kredit Pintar satu-satunya aplikasi pinjaman online dengan proses tercepat dan jaminan legal karena sudah terdaftar di OJK.

kredit pintar